Daftar Gunung Api Tertinggi di Dunia Yang Perlu Kita Ketahui

Good people apakah kalian tahu bahwa gunung api ternyata tidak hanya ada di Indonesia. Ada banyak gunung api yang ada di seluruh dunia, namun ada juga beberapa diantaranya yang termasuk kategori gunungĀ  api tertinggi di dunia. Mungkin beberapa di antara kalian sudah tahu gunung apa saja yang merupakan gunung berapi tertinggi di dunia. Oke, untuk mengenal lebih jauh mengenai hal tersebut, akan dibahas Cikasur pada penjelasan berikut ini.



Daftar Gunung Api Tertinggi di Dunia

Baiklah, mungkin kebanyakan diantara kalian sudah tahu daftar gunung tertinggi di Indonesia, dan hampir semuanya merupakan gunung berapi. Tapi kali ini tidak membahas gunung berapi yang ada di Indonesia, kali ini akan dibahas gunung api tertinggi di dunia. Berikut penjelasannya, gengs.

  1. Gunung Kilimanjaro
Gunung Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro

Nah, gunung api tertinggi di dunia terletak di benua Afrika, tepatnya di Tanzania. Kalau kalian tahu, ketinggian gunung ini membuat kalian cukup kaget pastinya. Ketinggian Gunung Kilimanjaro ini yaitu 6.010 mdpl. Wow! Menakjubkan ya. Sebenarnya gunung ini sudah tidak aktif sekarang, tapi masih mengeluarkan gas pada puncak utama yang sering disebut Puncak Kibo. Jadi, bisa kalian bayangkan butuh waktu berapa lama untuk mendaki dan sampai pada Puncak Kibo?

  1. Gunung Guallatiri
Gunung Guallatiri

Gunung Guallatiri

Gunung berapi tertinggi berikutnya adalah Gunung Guallatiri. Gunung ini terletak di Chille Utara, dan merupakan gunung yang paling aktif disana. Guallatiri memiliki ketinggian 5965 mdpl. Hmm cukup tinggi juga ya netz. Dan gunung ini memiliki lubang aktif pada sisi selatan. Sanggupkah kalian menaklukan gunung tersebut?

  1. Gunung Lascar

Daftar gunung tertinggi di dunia dan termasuk gunung berapi selanjutnya adalah Gunung Lascar. Dimana letaknya? Letaknya masih di Chille dan merupakan gunung yang cukup aktif. Ketinggian gunung ini mencapai 5896 mdpl. Kabarnya, pernah terjadi letusan cukup dahsyat pada pertengahan abad 19 dan abunya jatuh hingga ratusan kilometer jauhnya. Bisa dibayangkan jika terjadi letusan dahsyat lagi pada gunung tersebut? Lumayan mengerikan ya.

  1. Gunung Cotopaxi

Yang keempat adalah Gunung Cotopaxi, yang terletak di Pegunungan Andes tepatnya di Ekuador Amerika Selatan. Gunung Cotopaxi memiliki ketinggian 5897 mdpl dan merupakan gunung tertinggi nomor 2 di Negara Ekuador. Gunung Cotopaxi juga terletak pada piring Pasifik yang sering disebut Cincin Api Pasifik. Cukup menakjubkan kan?

  1. Gunung El Misti

Selanjutnya di urutan kelima adalah Gunung El Misti. Gunung ini berada di Peru Selatan dengan ketinggian 5822 mdpl. Letusan terakhir gunung ini pada tahun 1985. Untuk melakukan pendakian pada gunung ini bisa melalui dua rute. Rute yang pertama adalah rute Pastores dan yang kedua adalah rute Aguada Blanca. Kedua rute tersebut dianggap sama beratnya karena memiliki trek berpasir dan sangat curam.

  1. Gunung Tolima

Yap, yang keenam ada Gunung Tolima. Gunung Tolima terletak di Pegunungan Andes tepatnya di Kolombia. Gunung ini saat ini dalam keadaan yang aktif stabil dengan ketinggiannya yang mencapai 5401 mdpl. Untuk mendaki gunung ini, kalian akan melewati pedesaan dan padang rumput. Gunung Tolima ini juga memiliki puncak yang cukup luas juga.

Nah, itu tadi seputar beberapa gunung api tertinggi di dunia guys. Bisa menambah pengetahuan kalian tentang gunung di dunia, tidak hanya gunung yang ada di Indonesia saja. Mungkin juga ada di antara kalian yang mempunyai rencana untuk melakukan pendakian ke salah satu gunung yang sudah di jelaskan tadi. Tetapi tetap utamakan keselamatan ya.

Leave a Reply