Beberapa Hal Tentang Gunung Marapi Sumatera Barat

Baiklah, kalian pasti pernah mendengar atau sering mendengar ada gunung yang bernama Gunung Marapi atau bahkan kalian belum pernah mendengar sama sekali tentang hal tersebut? Gunung ini terletak di Pulau Sumatera tepatnya Sumatera Barat. Gunung Marapi Sumatera Barat ini mempunyai beberapa hal yang sangat menarik untuk diketahui lebih lanjut dan lebih jelas. Untuk itu, selanjutnya Cikasur akan membahas dengan cukup lengkap mengenai gunung Marapi di Sumatera Barat. Berikut penjelasan Gunung di Sumatera tersebut.



Beberapa Hal Tentang Gunung Marapi Sumatera Barat

Gunung Marapi Sumatera Barat

Gunung Marapi Sumatera Barat

Agar wawasan kalian mengenai gunung Marapi Sumatera Barat semakin bertambah, berikut akan ada penjelasan tentang letak gunung marapi sumatera barat secara geografis dan administrasi, obyek wisata yang ada disana, dan legenda penduduk yang ada disana. Simak baik-baik ya teman-teman.

  1. Letak Geografis Gunung Marapi
Gunung Marapi Sumatera Barat 2

Gunung Marapi Sumatera Barat 2

Good people, gunung Marapi ini terletak di antara Kabupaten Agam, Kotamadya Padang Panjang, dan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Dan di sebelah dari gunung ini, ada gunung Singgalang dan terdapat danau atau telaga yang sangat indah. Lalu secara administrasi, gunung ini masuk dalam kawasan dari Kabupaten Agam. Nah ketinggian gunung Marapi Sumatera Barat sendiri yaitu 2891,3 mdpl. Cukup tinggi ya ternyata. Gunung ini juga tidak terlalu jauh dari Kota Padang Panjang dan Bukittinggi, dan hanya memakan waktu 1,5 jam dari kota Padang Panjang dan Bukittinggi.

  1. Obyek Wisata Pendakian Gunung Marapi
Gunung Marapi Sumatera Barat 3

Gunung Marapi Sumatera Barat 3

Tidak kalah dengan gunung lain, gunung Marapi ini juga digemari para pendaki untuk melakukan pendakian dan jalur pendakiannya juga sudah tetap. Ada beberapa jalur pendakian gunung Marapi Sumatera Barat yang bisa kalian lalui, seperti jalur pendakian dari Koto Baru. Namun untuk menuju basecamp pendakian, kalian bisa menggunakan kendaraan angkutan pedesaan sekitar atau dengan berjalan kaki. Jika kalian memilih dengan berjalan kaki, akan menghabiskan waktu 30 menit. Dari basecamp menuju Parak Batuang, kemudian dari Parak Batuang menuju puncak ditempuh dengan waktu sekitar 5 jam.

Pemandangan di gunung ini juga tak kalah cantik dengan gunung lainnya. Keindahan sunrise bisa kalian nikmati, maka dari itu sebaiknya kalian melakukan summit menjelang pagi hari. Dan jika melakukan pendakian, tetap utamakan keselamatan dan harus berhati-hati, apalagi jika sedang musim hujan.

  1. Legenda Penduduk Sekitar Gunung Marapi
Gunung Marapi Sumatera Barat 4

Gunung Marapi Sumatera Barat 4

Hampir setiap gunung di Indonesia memiliki cerita menarik masing-masing. Namun gunung Marapi ini mempunyai cerita dari masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat. Menurut legendanya, nenek moyang masyarakat minangkabau asalnya dari lereng gunung ini. Apa buktinya? Buktinya adalah terdapatnya Nagari Priangan yang terletak di Kabupaten Tanah Datar yang juga merupakan cikal bakal system pemerintahan berupa nagari. Dan masyarakat minangkabau percaya atau memiliki sebuah animo, belum lengkap sebagai orang Minangkabau jika belum mendaki gunung Marapi ini. Gunung Marapi ini juga menjadi symbol kebudayaan orang Minang, dan rumah Gadang yang didirikan oleh masyarakat minang harus menghadap pada gunung tersebut.

Nah, begitulah penjelasan beberapa hal mengenai Gunung Marapi Sumatera Barat yang dibahas cukup lengkap. Mungkin informasi diatas bisa menjadi tambahan ilmu atau wawasan mengenai gunung yang ada di Indonesia. Indonesia yang ternyata kaya akan keindahan alam dan kebudayaannya.  Maka dari itu, jagalah dan lestarikan kekayaan alam dan budaya Indonesia terutama bagi kalian kaum muda para generasi penerus bangsa.

Leave a Reply