Beberapa Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Indonesia adalah negara kepulauan yang punya segudang kekayaan alam. Kekayaan alam di Indonesia bisa berupa laut, pantai, hutan, gunung dan masih banyak lagi. Gunung di bumi pertiwi ini punya banyak banget gunung berapi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia salah satunya pulau Jawa. Pulau Jawa tidak hanya jadi pusat perekonomian negara gengs, tapi juga punya gunung gunung yang indah dan menjulang tinggi.



Beberapa Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa Yang Harus Kamu Ketahui

Jika kalian masih belum jelas tentang gunung yang indah dan gunung tertinggi di pulau jawa disaranin kalian menyimak penjelasan Cikasur berikut ini.

  1. Gunung Semeru
Gunung Semeru 2

Gunung Semeru 2

Gunung tertinggi di Jawa Timur yang pertama adalah Gunung Semeru. Gunung Semeru memiliki ketinggian mencapai 3.676 meter diatas permukaan air laut. Gunung ini termasuk dalam jenis gunung api berbentuk kerucut yang punya kawah dengan nama ‘Jonggring Saloko’.

Bagi temen temen yang pengen mendaki ke salah satu gunung tertinggi di dunia ini bisa melewati tiga kabupetan di Jawa Timur yaitu Malang dan Lumajang. Nggak hanya tinggi, gunung ini juga memiliki banyak keindahan salah satunya adalah Danau Ranu Kumbolo. Selain indah gunung Semeru juga punya banyak cerita mistis loh gengs salah satunya adalah jembatan cinta.

  1. Gunung Slamet
Gunung Slamet 2

Gunung Slamet 2

Gunung tertinggi di pulau jawa yang selanjutnya adalah Gunung Slamet. Gunung Slamet memiliki ketinggian mencapai 3.428 MDPL. Apakah kalian tau mengapa bisa dinamakan gunung slamet? Jawabannya adalah karena Gunung Slamet tidak pernah meletus padahal gunung tersebut adalah gunung teraktif di Indonesia.

Bagi kalian yang bertempat tinggal di daerah Banyumas, Tegal, Brebes dan Purbalingga pastinya sering denger suara gemuruh dari gunung ini. Kamu juga bisa mendaki Gunung Slamet loh. Tapi yang perlu diinget kamu harus memiliki kondisi badan yang sehat dan perlengkapan yang memadai. Di ata puncak Gunung Slamet kamu bisa liat keindahan yaitu bunga edelwaise.

  1. Gunung Sumbing
Gunung Sumbing

Gunung Sumbing

Gunung tertinggi di pulau Jawa yang selanjutnya adalah Gunung Sumbing. Gunung Sumbing letaknya ada di tiga kabupaten yaitu Wonosobo, Magelang dan Temanggung dan punya ketinggian 3.371 MDPL. Ternyata Gunung Sumbing juga punya kembaran loh temen temen.

Kembarannya adalah Gunung Sindoro. Tapi Gunung Sindoro punya ketingian yang sedikit lebih pendek daripada Gunung Sumbing. Kamu bisa berkunjung dan mendaki ke gunung ini kapan saja kok. Namun kamu nggak disaranin untuk mendaki pada waktu musim ujan ya, takutnya ada badai terus ada longsor deh.

  1. Gunung Lawu
Gunung Lawu 2

Gunung Lawu 2

Satu lagi gunung tertinggi di pulau Jawa yaitu Gunung Lawu. Gunung lawu letaknya di dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur dan punya ketinggian 2.265 MDPL. For your information ya gengs, Gunung Lawu adalah salah satu gunung aktif di Indonesia yang udah pernah meletus. Gunung Lawu terkahir meletus pada tahun 1885, udah lama banget yah?

Gunung ini termasuk ke dalam gunung yang punya hutan yang lebat loh temen temen. Jadi nggak heran banyak para pendaki yang betah berlama lama mendaki gunung ini. Tapi dibalik semua keindahan gunung lawu banyak terdapat mitos yang serem banget, salah satunya adalah pasar setan.

Nah penjelasan diatas mengenai gunung tertinggi di pulau Jawa yang bisa kami sampaikan. Dari penjelasan tadi semoga bisa menjadi pengetahuan untuk temen-temen yang ada dirumah. Bagi kamu pencinta alam yang suka mendaki gunung disaranin banget untuk mendaki beberapa gunung diatas.

Leave a Reply