Wisata Makam Prabu Siliwangi di Gunung Salak

Saat musim liburan tiba pasti kamu merencanakan liburan ke suatu tempat, untuk sekedar merefresh hati dan pikiran. Namun jika kamu akan berlibur, tidak melulu ke tempat rekreasi yang memiliki banyak wahana atau pergi ke kebun binatang. Apabila kamu berdomisili di kota Jakarta, mungkin Bogor adalah salah satu tempat tujuan andalan bagi kamu yang ingin sekedar mencari udara segar. Akan tetapi jika berlibur ke Bogor, tidak hanya Puncak yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa berkunjung ke makam Prabu Siliwangi di Gunung Salak. Selain pergi berlibur, kamu juga bisa sekaligus belajar sejarah tentang Prabu Siliwangi dan keturunananya. Untuk lebih jelasnya mengenai wisata makam dari Prabu Siliwangi, kamu bisa menyimak ulasan ini.



Informasi Mengenai Wisata Makam Prabu Siliwangi di Gunung Salak

Makam Prabu Siliwangi di Gunung Salak

Makam Prabu Siliwangi di Gunung Salak

Untuk menambah ketertarikan ini untuk mengunjungi makam Prabu Siliwangi di Gunung Salak, akan Cikasur jelaskan beberapa informasi yang cukup lengkap mengenai wisata petilasan Prabu Siliwangi di Bogor. Agar kesan mistis yang selama ini banyak di ungkapkan orang, menjadi kesan menarik untuk di kunjungi sebagai wisata sejarah dan bisa menambah wawasan sejarah nusantara anda. Berikut beberapa ulasannya.

  1. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi yaitu bernama Pura Parahyangan Agung Jagatkarta. Konon ceritanya, pura ini menjadi tempat bersemayamnya Prabu Siliwangi, dan merupakan tempat dimana dulunya Prabu Siliwangi moksa. Jika kamu tidak tahu apa itu moksa, moksa adalah menghilang yang bahkan raganya pun tidak bisa diketahui keberadaannya sampai sekarang. Pura ini juga merupakan pura terbesar kedua di Indonesia setelah pura Besakih yang ada di Bali. Itulah mengapa sejarah mengenai Prabu Siliwangi dianggap keramat dan mistis.

  1. Lokasi Pura Parahyangan Agung Jagatkarta
Makam Prabu Siliwangi di Gunung Salak 3

Makam Prabu Siliwangi di Gunung Salak 3

Untuk lokasi dari Pura Parahyangan Agung Jagatkarta sendiri berada di kaki Gunung Salak yaitu daerah Ciapus, ada di Kecamatan Tamansari di Kabupaten Bogor. Yang menurut sejarah, lokasi tersebut dulunya adalah merupakan Pakuan Pajajaran Sunda. Pakuan Pajajaran Sunda dulunya ibukota dari Kerajaan Sunda Galuh. Sebelum adanya pura tersebut, sudah lebih dulu di buat candi berbentuk macan putih dan macan hitam. Menurut legenda, Prabu Siliwangi dan harimau memang erat kaitannya, guys.

  1. Biaya Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke Pura Parahyangan ini, kamu tidak di pungut biaya secara resmi. Tapi kamu bisa memberi biaya masuk seikhlasnya dengan memasukkan uang ke dalam kotak yang ada di depan Pura. Biaya seikhlasnya tersebut nantinya untuk biaya perawatan pura dan untuk penjaga Pura.

  1. Tata Tertib Pengunjung

Sedangkan tata tertib yang harus diperhatikan adalah apabila seorang wanita yang sedang haid berkunjung ke Pura ini, tidak di perkenankan untuk memasuki Pura ini. Lalu kamu akan di minta untuk mengenakan kain berwarna merah, kuning, hitam dan putih dan di kembalikan lagi saat selesai berkunjung. Kamu harus memperhatikan beberapa tata tertib tersebut karena tempat ini adalah tempat ibadah yang disucikan. Jadi sebisa mungkin jangan bersikap dan berperilaku sembarangan.

Makam Prabu Siliwangi di Gunung Salak 2

Makam Prabu Siliwangi di Gunung Salak 2

Sebagian besar orang mungkin menganggap jika berkunjung makam Prabu Siliwangi di Gunung Salak adalah suatu hal yang mistis dan keramat. Tapi bisa jadi hal yang menyenangkan dan menjadi pengetahuan sejarah baru untuk kamu, jika kamu memperhatikan tata tertib yang ada. Wisata liburan yang murah, menyenangkan, penuh pengetahuan akan sejarah yang dimiliki Indonesia dan tentunya anda akan merasakan seperti liburan di Bali karena berkunjung ke Pura Parahyangan tersebut. Jadi, tunggu apalagi, gengs.

Leave a Reply