Pesona Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja Dan Keunikannya

Indonesia merupakan Negara maritim karena sebagian besar luas negaranya berupa lautan yang membentang dari timur ke barat dengan kekayaan karang dan biota lautnya menjadikan Indonesia menjadi Negara yang kaya. Bahkan karena banyaknya perairan sehingga Indonesia memiliki banyak sekali pantai seperti Pantai Nglambor Gunung Kidul. Tetapi kali ini Cikasur akan membahas tentang Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja dengan segala keunikannya.



Panorama Luar Biasa Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja

Pantai Kukup Jogja

Pantai Kukup Jogja

Memiliki garis pantai terpanjang keempat di Dunia tentu membuat Indonesia berbangga diri karena dengan begitu banyak pantai yang dimiliki untuk mencari ikan sebagai nelayan. Selain itu, adanya pantai membuat warganya tidak perlu berlibur keluar negeri contohnya beach Jogja bernama Kukup, tidak hanya wisatawan Indonesia saja yang menikmatinya namun banyak juga wisatawan mancanegara yang sengaja ke Negara kita untuk membuktikan keindahan Indonesia.

  1. Alamat Pantai Kukup

Pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta adalah sebuah destinasi wisata yang  terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jika anda mengunjunginya, bisa juga menikmati berbagai pantai yang sejalur dengan pantai Kukup yaitu Pantai Sepangjang, Drini, Baron, Sundak dan masih banyak lagi sehingga dalam sehari selain Kukup, kalian bisa menikmati pantai lainnya juga.

Gardu Pantai Kukup

Gardu Pantai Kukup

  1. Rute Pantai Kukup Gunung Kidul

Untuk menuju ke pantai yang ada di Jogja ini maka kalian yang datang dari Kota Yogyakarta perlu menempuh jarak kurang lebih 50 km atau kurang lebih 2 jam perjalanan. Kalian dari Jogja menuju jalan ke Gunung kidul melewati Bukit Bintang lalu Sambipitu kemudian Tahura dan Lanud TNI AU Gading. Setelah itu, Siyono belok kekanan sampai perempatan Galri belok kanan hingga Jalan Baron lurus terus ke arah Pantai Baron kemudian belok kiri setelah melewati TPR.

  1. Keunikan

Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja bisa dibilang memiliki keunikan tersendiri daripada pantai lainnya di Gunung Kidul dimana pantai ini memiliki gardu pandang yang dapat dilalui wisatawan dengan menaiki gunung disebelah kiri dan menyeberang jembatannya. Selain itu, hamparan pasir putih dan ombak yang tidak besar menambah keindahan wisata ini. Kalian juga dapat menemukan penangkaran ikan hias yang mana ikan tersebut bisa dibeli.

Jembatan Pantai Kukup

Jembatan Pantai Kukup

  1. Fasilitas

Keindahan pantai kukup yang tiada duanya membuat wisatawan betah berapa disini. Selain itu, wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti area parker yang luas, toilet, mushola, berjejeran warung makan dengan berbagai menu bahkan resort di pantai kukup juga bisa kalian nikmati. Jika cuaca sedang cerah, kalian juga bisa camping dipantai ini dan menikmati sunrise yang membuat kalian terkesima.

Penginapan Pantai Kukup

Jika kalian berlibur ke Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja tentunya tidak lengkap jika belum menginap dan menikmati indahnya malam dengan pemandangan yang luar biasa serta angina yang berhembus begitu manja. Terdapat beberapa resort yang terletak di bukit Pantai Kukup yang memberikan fasilitas yang bagus juga seperti kolam berenang, kamar nyaman dan menu makanan seafood yang beranekaragam untuk kalian nikmati.

Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja

Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja

Destinasi Wisata Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja sudah terkenal hingga mancanegara sehingga jika kalian belum juga mengunjunginya sampai sekarang, itu adalah hal yang memalukan. Wisatawan mancanegara bisa berkunjung dengan mudahnya melewati samudera mengapa kalian hanya melewati beberapa kota saja tidak bisa. Segera kunjungi wisata di daerah Gunung Kidul dan nikmati indahnya alam yang membuat turis datang ke Indonesia.

Leave a Reply