Pendakian Menuju Gunung Slamet Via Bambangan

Gunung Slamet adalah sebuah gunung berapi tertinggi kedua di Pulau Jawa, Indonesia yang memiliki ketinggian 3.428 m dpl. Gunung ini menjadi salah satu gunung yang diminati oleh para pendaki karena mampu menghipnotis mereka atas keindahannya yang luar biasa. Untuk mencapai puncak gunung slamet, kalian bisa menggunakan jalur mendaki Gunung Slamet via Bambangan yang sudah sangat terkenal memiliki banyak cerita yang menarik.



gunung slamet

gunung slamet

Informasi Menarik Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan

Ada banyak sekali Jalur Pendakian Gunung Slamet yang bisa kalian lalui diantaranya adalah jalur pendakian gunung slamet via guci, pemalang, kaliwadas, dipajaya, jurangmangu, bambangan, kaligua, dan baturaden. Banyaknya jalur tersebut bukan tanpa sebab, menurut Cikasur para pendaki yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia tentu memilih jalur yang terdekat dari tempatnya. Meskipun demikian, jalur yang paling popular untuk dilalui yaitu via Bambangan.

bambangan

bambangan

  1. Asal Nama Gunung Slamet

Gunung berapi ini berada di perbatasan Jawa Tengah dan menjadi pemersatu provinsi  yaitu kabupaten Pemalang, Tegal, Purbalingga, Banyumas dan Brebes. Keberadaan gunung ini menjadi penyelamat bagi warga disekitarnya karena membawa keberkahan sehingga penduduk memberi nama Slamet yang diambil dari bahasa arab yang artinya membawa selamat dan bahasa sunda yang artinya gunung agung.

  1. Mitos Menarik Gunung Slamet
indahnya pemandangan dari puncak

indahnya pemandangan dari puncak

Berdasarkan cerita masyarakat sekitar, Gunung Slamet menyimpan cerita unik dan mistis bahkan juga dipercaya oleh para pendaki. Salah satu cerita tersebut berasal dari jalur pendakian menuju Gunung Slamet via Bambangan yaitu adanya Pos Samarantu. Nama pos ini berasal dari kata “Samar” dan “Hantu” yang dideskripsikan sebagai hantu yang samar-samar akan mengganggu para pendaki yang bermalam di pos ini.

  1. Jalur Mendaki Via Bambangan
pendaki gunung slamet

pendaki gunung slamet

Untuk menuju puncak wisata alam ini maka kalian harus menuju basecamp bambangan-pendakian Gunung Slamet Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah terlebih dahulu. Setelah dari basecamp, kalian akan melalui pos 1-8 dalam waktu kurang lebih selama 8 jam perjalanan yang ditempuh dengan berjalan kaki. Perjalanan tidak sampai disitu, kalian harus memutari puncak bibir kawah selama 30 menit untuk mencapai puncaknya.

  1. Estimasi Biaya Mendaki Gunung Slamet

trek yang dilalui

trek yang dilalui

Para pendaki dari luar kota khususnya yang datang dari ibukota Jakarta, kalian cukup menggunakan kereta api ekonomi dari stasiun Pasar Senen menuju stasiun Purwokerto dengan biaya Rp. 74.000,00. Setelah itu, kalian dapat menyewa bus untuk rombongan menuju Bambangan dengan kisaran harga Rp. 35.000,00 per orangnya. Setelah sampai di basecampnya, ada biaya pendakian gunung slamet yaitu Rp. 5.000,00 saja.

  1. Spot Menarik

Indahnya alam yang terhampar luas dapat kalian saksikan ketika sudah berada di puncak Gunung Slamet atau biasa disebut sebagai Puncak Surono atau Segoro Wedi dengan hamparan pasir yang begitu luasnya. Namun sebelum mencapai puncaknya, ada spot menarik yang dilalui via bambangan diantaranya shelter yang luas, hutan yang rimbun, dan sumber mata air musiman.

  1. Tips Mendaki Aman
puncak gunung slamet

puncak gunung slamet

Ada beberapa tips mendaki Gunung Slamet supaya pendakian kalian di gunung ini tidak ada kendala yang berarti. Tips untuk mendaki aman diantaranya jangan mendaki Gunung Slamet via Bambangan pada musim hujan, siapkan segala perlengkapan mendaki yang lengkap, melatih fisik satu minggu sebelum melakukan pendakian, taati segala peraturan dan larangannya serta jangan membuang sampah sembarangan.

Semoga beberapa informasi mengenai jalur pendakian menuju Gunung Slamet via Bambangan bisa berguna bagi kalian semua. Bagi pecinta tantangan untuk memacu adrenalin dan mendapatkan spot menarik, kalian dapat mencoba wisata alam ini dengan biaya yang sangatlah terjangkau sekalipun bagi pelajar yang ingin menikmati tantangan untuk mendapatkan keindahan wisata alam.

Leave a Reply