Mengetahui Perbedaan Gunung dan Pegunungan

Negara Indonesia emang punya banyak kekayaann alam. Salah satu kekayaan alamnya adalah gunung dan pegunungan. Banyak gunung dan pegunungan yang menjulang tinggi di setiap wilayah Indonesia. Bahkan gengs, kamu kayaknya nggak bisa ngitung ada berapa jumlah gunung dan pegunungan yang ada di Indonesia. Tapi apakah kamu udah tau apa perbedaan gunung dan pegunungan? Banyak orang yang menganggap bahwa gunung dan pegunungan itu sama. Padahal secara fisik kamu dapat membedakannya langsung loh!



Beberapa Perbedaan Gunung Dan Pegunungan Yang Harus Kalian Ketahui

Kalo kalian masih penasaran apa aja perbedaannya, langsung aja deh menyimak penjelasan Cikasur tentang penjelasan perbedaan antara gunung dengan pegunungan secara lengkap. Lets check it

Perbedaan Gunung dan Pegunungan

Perbedaan Gunung dan Pegunungan

  1. Dari Segi Fisik

Seperti kalian tau bahwa pengertian gunung adalah suatu permukaan bumi yang menjulang tinggi diatas 500 meter. Gunung yang terdapat di Indonesia biasanya memiliki ketinggian diatas 1000 mdpl loh gengs. Lalu yang selanjutnya yaitu pengertian pegunungan. Pegunungan adalah barisan dari beberapa gunung yang saling bersambungan.

Jadi bisa disimpulin ya temen temen. Kalau Gunung itu berdiri cuma satu nggak banyak kaya pegunungan. Nah kalau misalnya pegunungan itu gabungan dari beberapa gunung yang berjejeran gengs. Kalau kalian masih bingung, kalian bisa liat ngebedain foto pegunungan bukit barisan sama gunung tertinggi di Jawa timur deh alias gunung Semeru.

  1. Dari Segi Ketinggian

Perbedaan gunung dan pegunungan yang selanjutnya adalah dari segi ketinggiannya. Kalian udah tau kan pengertian gunung yang udah dijelasin diatas. Gunung rata rata memiliki ketinggian lebih dari 500 meter diatas permukaan air laut. Gunung di Indonesia rata rata punya ketinggian lebih 1000 mdpl loh

Bahkan gunung tertinggi di Indonesia yaitu puncak Jayawijaya memiliki ketinggian lebih dari 4000 meter diatas permukaan air laut. Wah hebat banget ya! Sedangkan pegunungan ketinggiannya nggak lebih dari 600 meter diatas permukaan air. Udah jelas banget kan gengs perbedaannya?

  1. Dari Segi Ke-Aktifan

Gunung memang punya jenis jenis yang berbeda. Salah satu jenisnya adalah gunung berapi atau aktif dan gunung tidak berapi atau tidak aktif. Rata rata gunung yang tersebar di wilayah Indonesia adalah gunung yang masih berstatus aktif. Bahkan ada beberapa gunung berapi di Indonesia yang punya jangka waktu untuk meletus tau gengs.

Salah satunya adalah gunung merapi dan gunung sinabung. Bisa dikatakan gunung memiliki dapur magma didalamnya. Tapi beda lagi dengan pegunungan. Pegunungan itu nggak ada yang berstatus aktif gengs. Dengan kata lain pegunungan itu nggak punya dapur magma di dalamnya.

Perbedaan Gunung dan Pegunungan 2

Perbedaan Gunung dan Pegunungan 2

  1. Dari Segi Kesuburan Tanah

Perbedaan gunung dan pegunungan yang selanjutnya adalah perbedaan tingkat kesuburan tanahnya.Gunung yang masih berstatus aktif dan pernah meletus pasti memiliki tingkat kesuburan yang tinggi. Seperti contoh Gunung Merapi. Banyak penduduk kaki Gunung Merapi yang bercocok tanam.

Berbeda lagi dengan pegunungan gengs. Pegunungan nggak begitu punya tanah yang subur. Malahan biasanya pegunungan hanya ditumbuhi pohon pohon yang besar seperti albiso, pinus masih  banyak yang lainnya. Namun nggak jarang pegunungan yang memiliki tanah yang subur seperti pegunungan bukit barisan.

Nah penjelasan diatas pastinya udah ngobatin rasa penasaran kalian tentang beberapa perbedaan gunung dan pegunungan. Jika kalian ngrasa belum jelas, kalian bisa survei langsung ke salah satu gunung atau pegunungan yang ada di Indonesia aja.

Leave a Reply