Jalur Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng

Untuk bisa mendaki Gunung Prau, ada beberapa jalur yang bisa kalian lalui. Salah satunya adalah pendakian gunung Prau via Patak Banteng. Jalur Patak Banteng ini paling sering di lalui oleh pendaki, mungkin ada beberapa faktor yang membuat pendaki memilih jalur ini daripada jalur yang pendakian yang lain. Nah, untuk mengetahui info pendakian gunung Prau via Patak Banteng yang lebih lengkap dan lebih jelas bisa kalian dapatkan pada penjelasan berikut ini. Simak ulasan Cikasur dengan seksama.



Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng

Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng

Informasi Jalur Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng

Jika kalian akan melakukan pendakian gunung Prau via Patak Banteng, kalian akan memulai jalur pendakian prau dari basecamp yang sudah di sediakan oleh pengelola yang ada disana. Begini penjelasan selengkapnya.

  1. Basecamp Patak Banteng

Yang biasanya dilakukan pendaki pada basecamp gunung prau via patak banteng yaitu melakukan registrasi. Registrasi yang dilakukan hanya sekedar mendaftar untuk mendapat izin pendakian dan membayar karcis yang hanya sekitar 10.000 Rupiah saja. Setelah itu kalian bisa langsung melakukan pendakian. Peraturan pendakian juga bisa kalian baca pada poster yang ada di basecamp.

  1. Basecamp – Pos 1

Selanjutnya, dari basecamp patak banteng kalian bisa langsung melakukan perjalanan menuju pos 1. Kalian akan melewati perkampungan warga kemudian persawahan dan perkebunan di kanan kiri jalur. Untu treknya sendiri belum terlalu susah karena masih dengan trek semen dan landai. Estimasi waktu pendakian dari basecamp menuju pos 1 adalah sekitar 30 menit tergantung kecepatan pendaki masing-masing.

  1. Pos 1 – Pos 2

Jalur pendakian prau via patak banteng selanjutnya yaitu dari pos 1 menuju pos 2. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan dari pos 1 ke pos 2 tidak terlalu lama yaitu hanya sekitar 30 menit saja. Dalam perjalanan pos 1 ke pos 2, kalian sudah memasuki kawasan hutan gunung prau dengan pohon pinus dan cemara yang rindang. Treknya pun berupa tangga tanah serta tidak terlalu curam.

  1. Pos 2 – Pos 3

Nah, pada jalur menuju pos 3 ini yang biasa di keluhkan oleh para pendaki. Selain jalurnya yang cukup curam, trek dari jalur ini cukup licin karena berupa tanah merah disertai batu-batuan. Sangat dianjurkan bagi kalian yang melewati jalur ini untuk lebih berhati-hati dalam setiap pijakan kaki. Untuk menuju pos 3 diperlukan waktu sekitar 30 sampai 40 menit tergantung pada kecepatan dan tenaga masing-masing pendaki.

  1. Pos 3 – Bukit Teletubies

Jangan berlega dulu setelah sampai pos 3, karena kalian masih harus melanjutkan perjalanan ke bukit teletubies dengan jalur yang semakin curam, terjal, dan tidak ada pegangan di kanan kiri kalian. Sekitar 30 menit untuk menuju bukit teletubies dari pos 3. Namun semua rasa lelah akan segera terbayarkan denga pemandangann indah dari bukit teletubies. Dihiasi dengan bunga daisy membuat suasana di bukit teletubies menjadi semakin asri. Gunung sindoro dan sumbing akan terhampar indah di hadapan kalian. Menakjubkan.

Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng 2

Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng 2

  1. Bukit Teletubies – Puncak

Tapi tunggu dulu, bukit teletubies ini bukan puncak dari gunung prau. Karena untuk menuju puncak harus berjalan ke arah kiri dari bukit sekita 5 menit saja. Disanalah puncak gunung prau dengan ketinggian 2565 mdpl berada.

Demikianlah informasi mengenai jalur pendakian gunung Prau via Patak Banteng yang sudah dijelaskan cukup lengkap. Bagi kalian yang berencana akan melakukan pendakian ke gunung prau, jangan lupa untuk memperhatikan cuaca serta persiapan yang matang baik persiapan fisik maupun logistik. Karena dimanapun kalian berada, tetap harus berhati-hati dan perhatikan lingkungan sekitar juga.

Leave a Reply