Gunung di Sumatera Barat yang Cocok Untuk Pemula

Tahukah kamu jika di Pulau Sumatera ada banyak gunung baik gunung berapi maupun yang tidak berapi. Bagi kamu yang ingin eksplor Gunung di Sumatera Barat sepertinya pilihan yang tepat. Karena gunung yang ada di Sumatera Barat cukup banyak dan bisa untuk kegiatan pendakian. Jika kamu penasaran gunung apa sajakah yang bisa untuk kegiatan pendakian, kamu bisa menyimak penjelasan Cikasur berikut ini untuk menambah wawasanmu mengenai gunung. Ini dia penjelasannya.



Daftar Gunung di Sumatera Barat yang Cocok Untuk Pendakian

Mungkin jarang pendaki yang mengeksplorasi gunung Sumatra, tapi sebenarnya gunung yang ada di pulau Sumatra tak kalah cantik dan indah dengan gunung-gunung yang ada di pulau Jawa. Apalagi Gunung di Sumatera Barat yang cukup menantang untuk kamu daki. Berikut daftar gunung yang ada di Sumatera Barat.

  1. Gunung Marapi
Gunung Marapi

Gunung Marapi

Yap, yang pertama adalah Gunung Marapi. Mungkin hampir sama namanya dengan Gunung Merapi. Gunung ini adalah gunung teraktif yang ada di Sumatera Barat, tepatnya terletak di daerah Bukittinggi. Ketinggiannya pun tidak begitu tinggi yaitu hanya 2891 mdpl. Terakhir meletus dengan dahsyat yaitu pada tahun 1979 yang menewaskan 60 orang. Bisa kamu bayangkan betapa dahsyatnya letusan Gunung Marapi kala itu.

  1. Gunung Sago
Gunung Sago

Gunung Sago

Yang kedua ada Gunung Sago. Gunung Sago terletak di antara Batusangkar dengan Kota Payakumbuh. Gunung ini menjadi salah satu gunung yang cocok untuk pendakian, karena ketinggiannya yang hanya 2.261 mdpl. Tidak terlalu tinggi untuk kamu pendaki pemula. Jika kamu asing dengan nama Gunung Sago, mungkin kamu lebih mengenal gunung ini dengan sebutan gunung Malintang.

  1. Gunung Singgalang
Gunung Singgalang

Gunung Singgalang

Yang ketiga ada Gunung Singgalang, gunung ini sudah tidak aktif lagi. Gunung dengan ketinggian 2.877 mdpl ini, mirip sekali dengan bentuk Gunung Merbabu. Dengan telaga di puncaknya yang merupakan bekas kawah, atau sering disebut dengan Telaga Dewi. Dan gunung ini merupakan hutan basah, yang di kawasan gunung ini banyak mengandung air. Jadi kalau kamu mendaki Gunung Singgalang ini, kamu bisa mendapatkan air dengan cukup mudah.

  1. Gunung Talang

Untuk yang keempat, kamu bisa mendaki Gunung Talang. Gunung Talang ini berada di Kota Solok dengan ketinggian 2.597 mdpl. Terakhir meletus pada tahun 2007, hingga sekarang gunung ini tergolong gunung yang masih aktif. Kalau kamu mendaki Gunung Talang ini, kamu akan menemukan sebuah danau yang dulunya adalah kawah. Nama danau itu adalah Danau Talang.

  1. Gunung Talamau

Selanjutnya ada Gunung Talamau. Gunung Talamau ini merupakan gunung tertinggi yang ada di Sumatera Barat yang ketinggiannya yaitu 2.920 mdpl. Terdapat banyak telaga di gunung ini yang bisa kamu nikmati keindahannya saat melakukan pendakian Gunung Talamau. 13 telaga yang ada di gunung ini mempunyai nama sesuai dengan legenda penduduk sekitar.

  1. Gunung Tandikek

Gunung Tandikek, merupakan salah satu gunung yang cocok untuk melakukan pendakian. Gunung ini terletak pada dataran tinggi Minangkabau, tidak jauh juga dari kota Padang. Mempunyai bentuk yang melebar ke arah selatan, dan juga berbatasan langsung dengan Gunung Singgalang.

Itu tadi daftar gunung di Sumatera Barat yang bisa kamu jadikan destinasi pendakian. Ternyata banyak juga kan gunung yang ada di Sumatera Barat yang tak kalah indah dengan gunung-gunung lainnya. Tinggal pilih saja gunung mana yang akan kamu daki, dan jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum melakukan kegiatan pendakian.

Leave a Reply