Gambaran Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng

Kamu suka mendaki gunung? Kamu bisa mencoba untuk mendaki Gunung Prau. Gunung Prau memang memiliki ketinggian yang tidak begitu tinggi yaitu hanya 2565 mdpl namun gunung ini cukup membuat pendaki kelelahan karena jalur yang cukup curam. Untuk menuju kesana, kamu bisa melalui jalur pendakian gunung Prau Via Dieng. Namun sebenarnya tidak hanya via dieng kamu bisa mendaki ke gunung Prau Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, tapi ada beberapa jalur yang bisa kamu lewati. Nah untuk mengetahui beberapa gambaran jalur pendakian dari gunung Prau via Dieng tersebut, simaklah pembahasan berikut ini.



Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng 1

Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng 1

Beberapa Informasi Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng

Mungkin kalau kamu belum tahu banyak tentang info gunung prau, kamu bisa mencari tahu lebih dulu sebelum melakukan pendakian ke gunung tersebut. Agar kamu memiliki persiapan yang cukup matang dan memiliki sedikit gambaran. Dan jika kamu memutuskan untuk melakukan pendakian melalui jalur pendakian gunung Prau Via Dieng, kamu bisa menyimak beberapa informasi dari Cikasur dibawah ini.

  1. Jalur Pendakian

Sudah tidak diragukan jika Gunung Prau memiliki pemandangan yang sangat  indah. Apalagi jika kamu mendaki pada pagi hari sembari melihat keindahan sunrise yang disuguhkan Gunung Prau. Beginilah jalur pendakian gunung Prau lewat Dieng ini.

  • Basecamp – Pos 1 Pos Gemekan
Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng 5

Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng 5

Awal perjalanan di mulai dari basecamp menuju pos 1, yang dapat ditempuh selama kurang lebih 30 menit. Pada perjalanan dari basecamp ke pos 1, kamu akan melihat pemandangan perkebunan warga sekitar di kanan kiri. Jika kamu sudah sampai di pos 1, untuk menuju pos 2 kamu hanya perlu memilih jalan sebelah kanan di persimpangan.

  • Pos 1 – Pos 2 Pos Semendung

Perjalanan selanjutnya dari pos 1 ke pos 2 dapat di tempuh dalam waktu 60 menit. Medan tanah liat dan landai akan kamu lewati. Dan deretan hutan pinus akan menemani perjalanan pendakianmu.

  • Pos 2 – Pos 3 Pos Nganjir

Untuk menuju ke pos 3 yaitu pos Nganjir, kamu bisa menempuhnya dalam waktu 60 menit. Namun 60 menit tersebut akan terasa singkat karena ditemani pemandangan hutan pinus dan udara yang sangat sejuk.

  • Pos 3 – Puncak Gunung Prau

Nah, jalan menuju puncak dari pos 3 ini adalah jalan yang terberat. Kemiringan jalan hampir 50 derajat dan tanjakan yang bisa buat kamu terampun-ampun. Waktu yang di tempuh dari pos 3 ke puncak gunung prau sekitar 60 menit. Namun semua itu akan terbayar dengan pemandangan puncak yang megah dan membuatmu akan selalu bersyukur. Jadi, lama pendakian gunung prau jika di total kurang lebih 3 jam 30 menit.

Tips Pendakian Gunung Prau

Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng 4

Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng 4

Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan jika akan mendaki gunung Prau. Berikut beberapa tipsnya.

  • Jangan lupa untuk memakai masker jika kamu mendaki pada musim kemarau. Dan jangan lupa juga membawa jas hujan dan peralatan pendakian lainnya yang dbutuhkan saat musim hujan.
  • Jangan pernah meninggalkan sampah.
  • Jangan lupa membawa jaket atau penghangat tubuh lainnya, karena suhu pada gunung Prau sangatlah dingin.
  • Mendakilah pada bulan April-Juni, untuk mendapatkan pemandangan yang sangat mengagumkan.

Nah, itu tadi penjelasan seputar jalur pendakian gunung Prau Via Dieng yang bisa kamu jadikan gambaran sebelum melakukan pendakian pada gunung Prau. Dan ada pula beberapa tips yang bisa kamu perhatikan jika akan melakukan pendakian. Tetaplah perhatikan keselamatan dan jagalah sikap dimanapun kamu berada. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply