Fakta Unik Situs Gunung Padang Cianjur Yang Perlu Kalian Ketahui

Para traveller sejati pastinya tau tentang situs gunung padang cianjur. Penemuan situs ini bisa dibilang penemuan terbesar sepanjang sejarah arkeolog loh gengs. Situs gunung padang cianjur letaknya ada di perbatasan di Dusun Gunung padang dan Panggulan, Desa Karyamukti di Kecamatan Cempaka Kabupaten Cianjur. Jika kamu berada di kota Cianjur, kamu akan membutuhkan waktu 30 menit untuk menempuh jarak 20 kilometer menuju salah satu situs terkenal ini. Buat kalian yang masih penasaran tentang beberapa fakta situs gunung padang cianjur, langsung saja menyimak penjelasan dibawah ini.



Beberapa Fakta Situs Gunung Padang Cianjur Yang Harus Kamu Ketahui

Situs Gunung Padang Jawa Barat

Situs Gunung Padang Jawa Barat

Situs Gunung ini merupakan peninggalan sejarah kuno yang sayang sekali apabila tidak dikunjungi, langsung aja kalian menyimak uraian Cikasur dibawah ini dan kenapa wisata ini wajib untuk jadi destinasi liburan kalian.

  1. Situs Gunung Padang Cianjur merupakan situs Megalitikum terbesar di Asia Tenggara

Fakta dari situs gunung padang cianjur yang pertama adalah, situs gunung padang merupakan situs megalithikum terbesar yang pernah ditemuin di Asia Tenggara. Situs ini punya luas yang cukup besar yaitu sekitar 900 meter. Situs gunung padang ini punya bentuk bertingkat tingkat.

Atau bahasa sejarahnya sering disebut punden berundak undak. Situs gunung padang ini terdiri dari berbagai batuan loh temen-temen. Salah satu contoh batuannya adalah jenis batu gunung yang punya ketahanan sampai berjuta juta tahun loh!

Situs Gunung Padang Cianjur

Situs Gunung Padang Cianjur

Nggak hanya itu aja, peninggalan sejarah lainnya setiap tahun juga sering ditemukan loh dideket situs gunung padang. Menrut beberapa ahli arkeologi, peninggalan megalitikum kira kira masih banyak yang terpendam di deket area situs gunung padang. Menakjubkan banget ya.

  1. Situs Gunung Padang merupakan situs megalitikum yang masih terpendam

SepertiĀ  yang kalian tau nih, pada awalnya candi borobudhur itu tertimbun di dalam tanah yang terlihat seperti bukit. Tapi pada tahun 1814, Thomas Stamford Rafles berusaha menggali gunungan bukit tersebutĀ  yang akhirnya terkuaklah keberadaan candi borobudhur.

Sama halnya kayak situs gunung padang temen temen. Pada jaman dahulu penduduk sekitar Cianjur hanya mengira bahwa itu adalah salah satu gunung di Jawa Barat. Namun lama kelaman penduduk desa sering menemukan bebatuan didalam bukit tersebut.

Setelah sekian lama digali, ternyata ada sebuah peninggalan sejarah didalamnya. Pada tahun 2018 ini para peneliti masih menduga bahwa masih banyak situs gunung padang cianjur yang masih terpendam.

  1. Situs Gunung Padang mencuri perhatian dunia

Setelah ditemukannya salah satu situs bersejarah ini, banyak peneliti dan arkeolog dari Indonesia maupun dunia yang bebondong bondong datang ke Cianjur. Mereka penasaran banget lho apa itu situs gunung padang. Mereka nggak henti hentinya mengggali gunung padang dan menelitis batuan yang ada.

Para arkeolog dan peneliti Indonesia dan dunia menduga kalau situs gunung padang adalah peninggalan pada masa megalithkum. Beberapa arkeolog juga dibuat kebingungan karena bisa jadi perdaban awal manusia bukan di mesir atau mesopotamia, tapi ada di Indonesia.

Situs Gunung Padang Cianjur Jabar

Situs Gunung Padang Cianjur Jabar

Nggak hanya itu, ada pengusaha yang tertarik banget sama situs ini. Dia juga pernah ingin membeli situs gunung padang dengan harag 12 trilliun lho! Yaampun hebat banget ya Indonesia!

Nah bro and sist yang ada dirumah udah pada tau kan beberapa fakta yang dimiliki situs gunung padang Cianjur? Kalian sebagai generasi muda bangsa Indonesia harusnya bangga, karena memiliki situs bersejarah yang berhasil menggemparkan dunia.

Leave a Reply