Daftar Gunung Meletus di Indonesia Beserta Sejarahnya




Tidak diherankan lagi, negara kita yaitu Indonesia memiliki banyak sekali gunung yang tersebar dari kota Sabang sampai Merauke. Mungkin juga daerah yang kalian tinggali terdapat beberapa gunung. Gunung gunung yang tersebar di Indonesia tentunya ada yang aktif dan ada pula yang mati. Tapi apakah kalian udah tau gengs, apa saja gunung yang pernah meletus? Jika kalian belum tau, aku saranin sih kalian menyimak penjelasan dibawah ini tentang beberapa gunung meletus di Indonesia. Lets check it!


Beberapa gunung meletus di Indonesia yang harus kalian ketahui

Tidak usah berlama lama lagi, untuk mengobati rasa penasaran kalian tentang gunung yang pernah meletus di Indonesia, langsung saja perhatikan penjelasan Cikasur berikut ini.

Gunung Krakatau Meletus

Gunung Krakatau Meletus

  1. Gunung Krakatau

Salah satu gunung meletus di Indonesia adalah gunung krakatau. Gunung krakatau adalah gunung purba yang terletak di Selat Sunda. Gunung ini meletus pada tahun 1883 yang merupakan masa dimana bangsa Indonesia masih dijajah. For your information gengs, karena gunung krakatau ini letaknya ada di laut, jadi pada saat gunung ini meletus masyarakat sekitar juga kena dampaknya yaitu tsunami yang dahsyat.

Gumpalan asap tebal yang dihasilkan dari letusan gunung krakatau malahan sampai membuat sebagian dunia menjadi gelap gengs. Wah dahsyat banget bukan? Ngga hanya itu akibat letusan ini sebanyak 36 ribu penduduk Indonesia maupun penjajah tewas guys!.


Gunung Merapi Meletus

Gunung Merapi Meletus

  1. Gunung Merapi

Gunung yang terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini adalah gunung teraktif di Indonesia. Bagi kalian yang tinggal di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah rasanya udah nggak aneh lagi ada hujan abu akibat letusan gunung ini. Gunung merapi biasanya meletus sekitar 2 sampai 3 tahun sekali.

Namun jika gunung ini tidak meletus selama 10 tahun, kalian yang tinggal di kaki gunung dan DIY perlu berhati hati. Pasalnya jika gunung ini tidak meletus dalam waktu yang lama, maka akan terjadi erupsi yang sangat dahsyat.

Gunung Kelud Meletus

Gunung Kelud Meletus

  1. Gunung Kelud

Gunung meletus di Indonesia yang selanjutnya adalah Gunung Kelud. Salah satu gunung berapi aktif di Jawa Timur ini pernah meletus pada baru baru ini. Gunung kelud juga dinobatan sebagai gunung teraktif di Indonesia setelah Gunung Merapi loh gengs. Bagi kalian yang tinggal di daerah kaki Gunung Kelud ini pastinya sering mendengar suara gemuruh dari perut bumi bukan? Tidak hanya itu gengs, Gunung Kelud juga memiliki waktu letusan berkala yaitu sekitar 5 tahun sekali.

Gunung Tambora meletus

Gunung Tambora meletus

  1. Gunung Tambora

Satu lagi gunung purba yang ada di Indonesia yaitu Gunung Tambora. Gunung Tambora terletak di pulau Sumbawa. Untuk sekedar informasi guys, meskipun termasuk gunung purba, Gunung ini salah satu gunung teraktif di Indonesia. Bagi kalian yang tinggal di sekitar kaki gunung Tambora pastinya sering mendengar suara gemuruh dari dalam perut gunung ini. Tak jarang Gunung Tambora juga mengeluarkan awan panas loh gengs.

Gunung Sinabung Meletus

Gunung Sinabung Meletus

  1. Gunung Sinabung

Gunung api yang pernah meletus di Indonesia yang selanjutnya adalah Gunung Sinabung. Gunung Sinabung ini terletak di Kabupaten Karo provinsi Sumatera Barat. Gunung Sinabung pada awalnya adalah gunung api yang tidak pernah meletus sejak tahun 1600. Namun pada tahun 2010 gunung ini kembali meletus dengan erupsi yang cukup besar. Tidak hanya itu gengs, gunung ini juga meletus secara berurutan pada tahun 2013, 2014, dan 2016.

Sebenarnya masih banyak lagi gunung meletus di Indonesia namun disini dijelaskan sebagiannya saja. Bagi kalian yang tinggal di daerah gunung yang masih aktif disarankan lebih berhati hati dan waspada, karena sewaktu waktu bisa saja gunung tersebut bisa meletus.



Leave a Reply