Bentuk dan Jenis Jenis Gunung Berapi Yang Wajib Diketahui




Tidak hanya di Indonesia, di negara lain juga terdapat banyak gunung berapi yang menjulang tinggi loh gengs. Tidak hanya manusia yang berbeda beda, ternyata bentuk dan jenis gunung berapi yang tersebar di seluruh dunia ternyata juga memiliki karakter yang berbeda beda. Kita tentunya sebagai makhluk memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi tentang pengetahuan harus mengetahui apa saja bentuk dan jenis jenis gunung berapi. Bentuk dan jenis gunung berapi yang harus kalian ketahui ada bermacam macam seperti penjelasan dibawah ini.


Bentuk Dan Jenis Jenis Gunung Berapi Yang Wajib Diketahui

Untuk mengatasi rasa kepo kalian terhadap apa saja bentuk dan jenis gunung berapi yang ada didunia, langsung saja menyimak penjelasan Cikasur berikut ini. Lets check it!

Jenis Jenis Gunung Berapi Perisai

Jenis Jenis Gunung Berapi Perisai

 

  1. Gunung Api Perisai

Bentuk dan jenis jenis gunung berapi yang pertama adalah gunung api perisai. Gunung api perisai berbentuk lancip seperti kerucut. Gunung jenis ini memiliki posisi aliran lava panas di bagian tengah gunungnya. Jika kalian tinggal di daerah gunung api yang berbentuk kerucut, kalian nggak perlu khawatir.


Karena letusan pada gunung jenis kerucut ini bisa dibilang tidak terlalu dahsyat. Meskipun letusannya tidak terlalu dahsyat, kalian harus tetap mengungsi gengs. Contoh gunung yang memiliki bentuk perisai adalah gunung di Jawa Timur, seperti Gunung Kelud.

Gunung Berapi Strato

Gunung Berapi Strato

 

  1. Gunung Api Strato

Selanjutnya adalah gunung api strato. Gunung api strato terbentuk akibat erupsi secara yang berganti ganti yaitu eksplosif dan efusif. Akibat letusan yang berkali kali dengan kekuatan erupsi yang eksplosif dan efusif maka dinding api pada gunung api strato terlihat seperti berlapis lapis.

Tidak hanya itu gengs, akibat sering terjadi letusan maka dapur magma pada gunung jenis strato sangatlah dalam. Gunung api jenis ini juga memiliki tingkat kekentalan yang tinggi. Contoh gunung api jenis ini adalah Gunung Merapi dan Tangkuban Perahu.

Gunung Api Maar

Gunung Api Maar

 

  1. Gunung Api Maar

Bentuk dan jenis jenis gunung berapi yang selanjutnya adalah gunung api jenis maar. Gunung api jenis maar ini kebentuk dari letusan yang besar. Letusan yang sangat besar ini berakibat bagian tengah gunung bolong atau yang sering disebut kawah.

For your information gengs, gunung api jenis ini jika telah meletus tidak akan meletus lagi. Jadi bagi kalian yang tinggal di daerah Gunung Lamongan, atau gunung yang memiliki bentuk maar nggak usah khawatir. Karena gunung api ini jarang sekali bahkan hampir nggak pernah meletus. Jadi keep calm gengs.

Gunung Api Kubah

Gunung Api Kubah

 

  1. Gunung Api Kubah

Sebenarnya gunung api jenis kubah hampir sama dengan gunung api jenis kerucut. Gunung api jenis ini memiliki bentuk yang kerucut namun cembung dibagian bawahnya. Gunung api kubah juga memiliki lereng gunung yang curam banget. Bagi kalian yang suka mendaki gunung, disarankan untuk enggak mendaki gunung jenis ini. Kalian tau alasannya kenapa?

Alasannya adalah jalur yang dilewati buat nyampe ke gunung ini sangatlah susah dan curam. Jadi kalian sangat nggak disaranin deh buat ndaki gunung ini. Kamu bisa mencar reverensi mendaki ke gunung ini yang lebih aman dan mudah treknya. Contoh gunung yang memiliki jenis kubah yaitu gunung semeru di Jawa Timur.

Penjelasan diatas mengenai bentuk dan jenis jenis gunung berapi yang bisa disampaikan. Semoga penjelasan diatas bisa menjadi pengetahuan buat bro and sist diluar sana yang belum tau tentang bentuk dan jenis gunung berapi.



No Responses

Leave a Reply