Wisata Alam Hutan Pinus Gunung Pancar

Salah satu wisata alam di Bogor yang saat ini menjadi incaran wisatawan adalah hutan Pinus Gunung Pancar karena pesona hutan tropisnya yang memberikan nuansa alami. Suasana di hutan pinus ini dapat memberikan ketenangan dan kesejukan yang berasal dari pohon-pohonnya yang masih sangat asri sehingga udaranya sangat sejuk dapat menghilangkan rasa penat para pengunjungnya.



Keindahan hutan pinus di Gunung Pancar ini pastinya sangat membuat kalian penasaran, disini Cikasur akan memaparkan informasi mengenai pesonanya yang tak boleh kalian lewatkan. Udara yang berasal dari pohon-pohon hutan tropis ini dapat membersihkan paru-paru yang penuh dengan polusi. Sangat menyenangkan apabila kalian bisa berlibur ke tempat ini bersama keluarga, teman maupun pasangan kalian.

Wisata Hutan Pinus Gunung Pancar dengan Segala Pesonanya

Hutan Pinus Gunung Pancar

Hutan Pinus Gunung Pancar

Bagi kalian yang belum tahu pesona Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor, Jawa Barat tak perlu  merasa bingung karena kami akan memberikan gambaran keindahan hutan Pinus ini secara detail. Hutan pinus memang masih sangat asri sehingga ketika berlibur kesini, kalian harus menjaga kebersihannya. Berikut ini gambaran pesona keindahan hutan pinus di gunung pancar:

  1. Udaranya yang sangat sejuk

Hutan Pinus Gunung Pancar ini memiliki suhu udara yang berkisar sekitar 33 derajat celcius walaupun suhunya cukup panas,  akan tetapi di hutan pinus gunung pancar udaranya tetap segar dan tidak terasa panas karena pohon-pohonnya yang sangat rindang. Lain ketika malam hari suhu udara pada hutan ini sekitar 24 derajat celcius, dengan suhu segitu dapat membuat kalian merasa kedinginan ketika berada di alam terbuka.

  1. Kegiatan di hutan pinus Gunung Pancar

Kegiatan yang bisa kalian lakukan di hutan pinus yang ada di Gunung Pancar adalah bersepeda, outbound dengan berbagai games yang lucu,  dan bagi kalian yang merasa sangat betah libur di hutan pinus ini kalian bisa melakukan camping di tengah hutan. Jangan kwatir semua fasilitas sudah disediakan oleh pengelola hutan ini, dari fasilitas sepeda, outboun, hingga peralatan untuk ngecamp. Jadi kalian tidak perlu repot-repot menyiapkan berbagai peralatan yang ribet.

  1. Asyiknya hiking di hutan pinus nan mempesona

Selain kegiatan tersebut kalian juga bisa melakukan hiking ringan di arena hutan pinus ini.  Ketika hiking, kalian bisa melihat pemandangan dari alam sekitar hutan lindung. Jalur untuk hiking terbilang cukup sangat mudah, tidak terjal sehingga arena wisata ini sangat cocok untuk para pemula hiking. Jika kalian tidak suka berhiking, di tempat ini juga tersedia kuda yang bisa kalian gunakan untuk mengelilingi area wisata ini untuk melihat keindahannya secara keseluruhan. Bagi kalian yang gemar berolahraga ada banyak lapangan tennis di wisata alam ini.

  1. Suasana Romantis di tengah Hutan Pinus

Bukan hanya di kota saja yang punya tempat paling kece buat ngopi ataupun ngeteh, di tengah  hutan Pinus Gunung Pancar juga menyediakan tempat sederhana dengan nuansa alami untuk ngopi dan ngeteh bersama keluarga atau teman-teman. Nah buat kamu yang pergi sama pacar dengan udara yang sangat sejuk, nuansa alami, dan suara-suara kumbang ataupun hewan lainnya membuat suasana bersama pasangan menjadi sangat romantis.

  1. Berfoto ria di Hutan Pinus Gunung Pancar

Perlu kalian tahu Hutan Pinus Gunung Pancar juga bisa menjadi spot foto pra wedding yang tak kalah menarik dengan pohon-pohon pinus di hutan ini yang sangat eksotis, tak kalah menarik bukan dengan wisata alam hutan pinus, Lembang Bandung. Walaupun tempat ini belum seterkenal hutan pinus yang ada di Lembang, tetapi jika kalian berkunjung ke tempat ini dan membagikan foto keindahannya di media sosial, kalian bisa menjadi orang yang menginspirasi orang lain untuk datang kesini menikmati keindahan alam di hutan ini. Jangan lupa share fotonya ya biar tempat ini makin hitz.

Hutan Pinus Gunung Pancar 2

Hutan Pinus Gunung Pancar 2

  1. Pemandian air panas Gunung Pancar Sentul

Di hutan pinus Gunung Pancar ini kalian juga bisa menemukan pemandian air paanas. Nah, kan banyak spot wisata disini, banyak kegiatan seu yang dapat kalian lakukan. Setelah bersepeda, outbound, ataupun hiking ringan, kalian bisa menyegarkan diri di pemandian air hangat yang bernama pemandian air Giritirta. Pemandian air hangat ini bentuknya seperti kkolam dengan pinggiran-pinggirannya dipenuhi dengan batuan.

  1. Nikmatnya berendam di sumber mata air alami

Airnya yang sangat alami memang alirannya berasal dari gunung Pancar memberikan rasa hangat yang dapat menyegarkan tubuh. Kalian bisa memilih pemandian umum ataupun pemandian khusus untuk pribadi. Kandungan dalam air memiliki campuran belerang dan mineral yang dapat dijadikan sebagai terapi otot. Pemandian air hangat ini terbagi menjadi dua bagian di tempat yang berbeda. Ternyata banyak para wisatawan yang meyakini bahwa mandi di pemandian air hangat ini memang dapat menghilangkan rasa pegal-pegal pada tubuh kalian.

  1. Makam kramat penuh dengan misteri

Ketika berkunjung ke wisata alam ini, kalian-kalian anak muda yang biasanya lupa tata krama saat berada di tempat wisata. Di hutan pinus Gunung Pancar, kalian harus mengutamakan tata krama karena di area gunung Pancar ini terdapat makam yang terlihat begitu kramat yang penuh dengan misteri gunung Pancar. Tata krama yang dimaksudkan disini adalah jangan bercanda yang berlebihan hingga mengeluarkan kata-kata kasar, jangan berperilaku yang melanggar aturan norma-norma kehidupan masyarakat pada umumnya dan jangan membuang sampah sembarangan agar nuansa alami pada hutan ini tetap terjaga.

Hutan Pinus Gunung Pancar 3

Hutan Pinus Gunung Pancar 3

  1. Ziarah di makam kramat sebagai wisata budaya

Makam keramat ini terletak di puncak Gunung Pancar, banyak orang yang menjadikannya sebagai wisata budaya yaitu untuk berziarah. Sebenarnya ada banyak makam bersejarah di tempat ini, nama tokoh yang dimakamkan di tempat wisata Gunung Pancar adalah makam Raden Lawulung, mbah Dalem Putih, Ki Mas Bungsu dan Raden Surya Kencana hingga Sunan Kalijaga. Selain nama-nama tadi banyak tokoh sejarah lokal yang dimakamkan disini. Sejak dulu banyak pertunjukkan upacara dan seni keagamaan yang digelar di area pemakaman ini.

  1. Tips Berlibur ke Hutan Pinus yang ada di Gunung Pancar

Sebelum kalian berlibur ke tempat ini, kalian harus menyiapkan peralatan yang  membuat diri anda nyaman sehingga perjalanan liburan menjadi menyenangkan. Salah satunya adalah sepatu, ada jalan tanah dan bebatuan yang dapat kalian lewati. Terlebih jika kalian ingin beraktivitas hiking ataupun ngecamp di tempat ini kalian harus menyiapkan perlengkapan safety yang sangat lengkap. Walaupun di tempat wisata ini sudah menyediakan fasilitas-fasilitas yang memberikan kenyamanan untuk kalian, tetapi tidak ada salahnya jika kalian juga menyediakannya sendiri.

Memang sangat menyenangkan berlibur ke wisata alam yang nuansa alaminya masih sangat terjaga seperti Hutan Pinus Gunung Pancar yang memiliki pesona alam yang masih sangat asri, jika kalian mengunjungi tempat wisata ini kalian harus tetap menjaga keasriannya agar generasi  penerus dapat merasakan keindahan hutan pinus ini.

Leave a Reply