Pesona Pantai Siung Gunung Kidul yang Tak boleh Terlewatkan




Gunung Kidul DIY menjadi tujuan wisata banyak orang karena objek wisata alamnya memiliki pesona yang sangat mengagumkan, salah satunya adalah Pantai Siung Gunung Kidul dengan keindahan pasir putih dan dua batu besar raksasa yang menjorok ke pantai membuat para wisatawan tertarik datang kesini.


Menikmati keindahan pantai adalah kesukaan banyak orang karena wisata pantai biasanyanya bisa mendatangkan ketenangan dalam diri. Tentunya banyak wisatawan yang ingin datang untuk melihat keindahan pantai siung bukan?

Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung Gunung Kidul

Pesona Pantai Siung Gunung Kidung yang Tidak Boleh Terlewatkan

Untuk kalian para pecinta wisata alam pantai Siung, Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan pesona alam yang dapat membuat mata kalian terpukau. Kalian pasti sangat penasaran kan dengan keindahan pantai yang satu ini, nah kami akan memberikan gambaran keindahan pantai Siung, mari simak penjelasan Cikasur tentang pantai siung berikut ini:

  1. Lokasi Pantai Siung

Salah satu pantai paling bagus di Jogja yaitu pantai Siung, Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Gunung Kidul. Letaknya sekitar 77 kilo meter dari pusat kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi kamu penikmat pantai wajib hadir untuk menikmati indahnya salah satu pantai yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.


  1. Akses Jalan menuju Pantai

Kalian bisa menggunaan kendaraan pribadi ataupun penyewaan mobil karena akses jalan menuju pantai Siung tidak ada kendaraan umum. Akses jalan yang sudah cukup bagus karena beraspal tetapi jalanannya naik turun yang dikelilingi oleh pegunungan kapur dan ladang palawija membuat kalian bisa menikmati pemandangan sepanjang jalan menuju pantai Siung.

Pantai Siung Gunung Kidul 2

Pantai Siung Gunung Kidul 2

  1. Retribusi di Pantai Siung Gunung Kidul

Nah harga tiket masuk pantai Siung cukup murah dibanding pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Dengan uang tiga ribu rupiah kalian sudah bisa masuk ke lokasi pantai ini. Tetapi ada juga biaya parkir kendaraan kalian disini yaitu dengan harga sekitar dua ribu rupiah. Namun, harga-harga ini bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola pantai.

  1. Fasilitas Umum Pantai Siung

Fasilitas umum yang terdapat di pantai ini sama seperti pantai di Gunung Kidul lainnya, kalian bisa menemukan warung makan, toilet, tempat beribadah dan tempat parkir. Di lokasi pantai belum ditemukan adanya tempat penginapan seperti home stay. Tetapi ada ground di balik tebing yang bisa kalian gunakan untuk ngecamp loh, nah akan lebih asyik jika bisa menikmati keindahan pantai Siung pada malam hari. Tetapi kalian harus membawa peralatan camping sendiri.

  1. Asal Usul Pantai Siung

Keunikan pantai ini dibanding pantai lainnya adalah batuan karang raksasa yang ada di sebelah barat dan sebelah timur pantai ini.  Sebenarnya batuan ini merupakan asal muasal dari penamaan pantai Siung Gunung Kidul karena kedua bebatuan besar ini jika dilihat dari kejauhan bentuknya seperti gigi Siung Wanara yang biasa orang menyebutnya seperti gigi Kera. Penamaan ini diutarakan oleh seseorang yang bernama Wastayo sebagai orang yang mendiami pantai ini.

Pantai Siung Gunung Kidul 3

Pantai Siung Gunung Kidul 3

  1. Sejarah Pantai Siung Gunung Kidul

Pada tahun 1989, bebatuan raksasa ini sangat bermanfaat bagi para pendaki karena pada tahun tersebut terdapat komunitas pecinta alam dari Jepang yang menggunakan bebatuan yang sangat besar ini menjadi sebagai sebuah fasilitas panjat tebing. Pemerintah Jogjakarta terus mengembangkan wisata pantai Siung ini sehingga pantai ini pada tahun 2005 diresmikannya sebagai lokasi untuk panjat tebing, dari tahun ke tahun jumlah pendaki tebing ini terus bertambah dan semakin banyak peminatnya.

  1. Adanya bukit Pengilon di Pantai Siung

Keindahan pantai ini ternyata bukan hanya pada keindahan pasir putih dan tebing-tebingnya, tetapi juga pada bukitnya yang memiliki nama bukit Pengilon. Keunikan bukit ini adalah ketika kalian sudah berada di puncak bisa melihat keindahan laut lepas pantai Siung, dan di puncak bukit ini dikelilingi oleh hamparan rerumputan hijau yang memberikan nuansa sangat asri.

  1. Puncak Bukit Pengilon

Di puncak bukit Pengilon ini juga terdapat tempat camping ground. Akan tetapi jika kalian ingin ngecampn disini harus membawa peralatan camping sendiri, selain itu juga harus membawa bekal makanan ataupun minuman sendiri karena belum tersedia warung makan di puncak bukit. Bonus yang bisa kalian dapatkan saat berkemah disini adalah pemandangan sunrise dan sunset yang sangat cantik.

  1. Kegiatan yang bisa kalian lakukan di Pantai Siung

Apa saja sih yang bisa dilakukan di pantai ini? Nah kegiatan yang paling terkenal di pantai Siung adalah mendaki di tebing karangnya. Pendakian di tebing pantai ini memberikan sensasi yang sangat ekstrem selain itu juga menambah pengalaman kalian para pendaki, tidak semua pantai memiliki tebing yang bisa digunakan untuk rock climbing. Sangat mengasyikan jika kalian sudah sampai di atas tebing karena kalian bisa melihat pesona panting dari ketinggian.

Pantai Siung Gunung Kidul 4

Pantai Siung Gunung Kidul 4

  1. Menginap di Pantai Siung

Jika kalian ingin menginap di pantai ini, di balik tebing tersedia ground camping sehingga kalian bisa mendirikan tenda pada malam hari disini dengan syarat untuk tetap menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarang. Karena penginapan pantai Siung tidak tersedia di lokasi pantai maka banyak pengunjung yang memilih untuk ngecamp di pantai ini. Pastinya sangat mengasyikan kan apabila bisa mendirikan tenda kemudian dihangatkan dengan api unggun. Dari ketinggian pantai kalian bisa melihat keindahan pantai secara utuh.

  1. Fasilitas Camping Ground

Selain fasilitas ground camping, di dekat lokasi ground camping juga terdapat rumah panggung yang cukup luas untuk menampung orang sekitar sepuluh sampai dengan lima belas orang. Rumah kayu ini biasanya digunakan sebagai bas camp. Dari rumah panggung ini kalian bisa menikmata pesona pantai lebih eksotis dengan hamparan laut yang terlihat lebih luas.

  1. Spot Foto Pantai Siung

Kalian bisa mengambil foto dari berbagai spot di Pantai Siung karena tempatnya yang begitu eksotis membuat hasil foto menjadi sangat menakjubkan. Biasanya foto yang ambil dari atas tebing akan membuat hasil yang lebih bagus karena memuat keindahan pantai Siung secara keseluruhan, akan tetapi mengambil potret foto dari dekat pantainya saja juga sudah memberikan pesona pantai yang sangat bagus di foto kalian.

  1. Pra Wedding di Pantai Siung

Keindahan di Pantai Siung ini ternyata membuat banyak wisatawan mempunyai sebuah ide untuk melakukan foto pra wedding di pantai ini. Perpaduan nuansa alam dengan tebing-tebing di pantai ini dapat membuat foto pra wedding terlihat sangat eksotis dan juga sangat mengagumkan. Bagi kamu pecinta pantai sangatlah dianjurkan untuk melakukan pra wedding di pantai ini.

Sangat menyenangkan apabila bisa berlibur ke pantai Siung Gunung Kidul karena keindahan pasir putih, tebing-tebing yang bisa untuk rock climbing, dan bukit pengilon dengan hamparan rerumputan hijau menambah pesona pantai ini. Nuansa alami pada pantai ini harus tetap terjaga, sehingga ketika kalian berlibur kesana tetap harus menjaga kebersihannya ya.



Leave a Reply