Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Indrayanti menjadi pantai yang dianggap paling bagus di Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama pantai Indrayanti Gunung Kidul sebenarnya berasal dari nama pemilik restoran pantai ini yaitu Indra dan Yanti. Keindahan pasir putih yang sangat bersih dengan pesona batu karangnya  membuat banyak wisatawan mengunjungi pantai Indrayanti yang berada di Gunung Kidul.



Pastinya kalian yang belum mengunjungi pantai Indrayanti merasa penasaran dengan keindahannya sehingga ingin mengunjungi pantai ini. Kalian tidak akan menyesal jika sudah mengunjunginya karena disana kalian bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa mempesonanya.

Fakta Menarik Pantai Indrayanti Gunung Kidul dengan Keindahannya

Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Bagi kalian yang belum pernah mengunjungi pantai Indrayanti, kami akan memberikan gambaran mengenai keindahan pantai Indrayanti. Semua pantai sebenarnya memang memiliki keindahan dengan pesonanya masing-masing sehingga dapat membuat para pecinta pantai ingin menjamahnya. Berikut ulasan oleh Cikasur mengenai keindahan salah satu pantai di Gunung Kidul ini:

  1. Sejarah pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai di Jogja yang memiliki keindahan dari pesona pasir putih dan batu karangnya. Nama pantai ini sedikit berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul, misanya pantai Baron, Klukup, Saron dan lainnya. Nama pantai ini memang lebih mirip dengan nama orang karena nama pantai ini memang gabungan dari nama pemilik restoran di pantai ini yaitu “Indra” dan “Yanti”. Padahal menurut asal-usulnya pantai ini sebenarnya memiliki nama Pantai Pulang Syawal, akan tetapi jika saat ini menyebut nama pantai tersebut pasti banyak orang yang tidak mengetahuinya.

  1. Lokasi
Pantai Indrayanti Gunung Kidul 2

Pantai Indrayanti Gunung Kidul 2

Pantai Indrayanti terletak di Desa Sidoharjo, Tepus Gunung Kidul DIY. Lokasi pantai Indrayanti sebenarnya terletak di pegunungan, jadi jangan kaget jika akses jalan menuju pantai Indrayanti memiliki jalan yang banyak tikungan, tanjakan, dan turunan. Dapat kalian bayangkan jalannya naik turun dan berkelok-kelok, nah jadi sebenarnya lebih menyenangkan jika kalian menggunakan kendaraan beroda dua karena akan menambah suasana yang ekstrim. Rasa lelah saat di perjalanan akan terbayar lunas ketika kalian sudah sampai di lokasi pantai yang yang indah dengan pasir putihnya, pemandangan tersebut akan memberikan kepuasan tersendiri bagi diri kalian.

  1. Harga Tiket Masuk

Salah satu pantai di Gunung Kidul ini terbuka selama dua puluh empat jam loh, kalian bisa berkunjung ke pantai ini jam berapapun juga. Hal ini disebabkan karena keindahan pantainya pada malam hari yang sangat romantis dengan suasana kerlap kerlip lampunya sehingga pada malam haripun masih banyak pengunjungnya. Harga tiket pantai Indrayanti sampai saat ini adalah dua ribu rupiah untuk satu orang yang sudah termasuk tiket masuk ke pantai Krakal, pantai Baron, pantai Sundak, dan pantai Drini. Selain itu ada biaya parkir kendaraan bermotor sekitar empat ribu rupiah dan kurang lebih lima belas ribu untuk kendaraan bermobil.

  1. Mitos di Pantai Indrayanti

Menurut mitos pantai Indrayanti ini masih bagian dari pantai wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul. Namun, tidak ada upacara yang dilabuhkan di pantai ini sebagi perwujudan persembahan untuk Nyi Roro Kidul.

  1. Spot Wisata di Pantai Indrayanti:

Pantai Indrayanti Gunung Kidul 3

Pantai Indrayanti Gunung Kidul 3

  • Pesona pasir putih

Pasir putih yang kalian jumpai disini adalah pasir putih yang sangat bersih jauh dari kotoran sehingga kalian bisa memainkannya dengan membuat berbagai bentuk dari pasir putihnya.

  • Ikan di sela-sela karang

Di pantai ini kalian akan melihat batuan karang panjang yang memisahkan antara pasir putih dengan ombaknya. Karang ini menjadi tempat persembunyian ikan-ikan kecil dan biota laut lainnya.

  • Tebing pantai Indrayanti

Salah satu spot indah di pantai Indrayanti adalah di spot tebingnya, berbeda dengan tebing yang ada di pantai Gunung Kidul lainnya, tebing di pantai ini memiliki anak tangga sehingga memudahkan kamu untuk sampai pada tebing dan melihat pesona pantai dari ketinggian.

  • Jet Sky

Kalian dapat menikmati pantai ini dengan Jet Sky dengan waktu sekitar lima belas menit dengan tarif yang sudah ditentukkan. Dengan menggunakan baju pelampung, jet sky tidak akan membahayakan diri kalian saat drivernya melakukan manuver yang sangat mendebarkan.

  • Duduk di bawah payung yang tersedia pinggir Pantai

Jika kalian ingin duduk bersantai di pantai ini, bisa duduk-duduk bersantai di tempat dudut yang telah disediakan dengan tarif tertentu. Di tempat ini kalian bisa menikmati keindahan pantai Indrayanti.

  1. Fasilitas di pantai Indrayanti Gunung Kidul

Pantai Indrayanti Gunung Kidul 4

Pantai Indrayanti Gunung Kidul 4

  • Tempat Parkir

Dibandingkan dengan tempat parkir di pantai Gunung Kidul lainnya, pantai Indrayanti memiliki pantai dengan lahan parkir yang sangat luas sekalipun kalian menggunakan bus tetap bisa parkir di tempat parkir ini.

  • Penginapan

Di salah satu pantai di gunung kidul ini memiliki penginapan di atas bukit yang membuat anda ketika malam hari dapat melihat pesona pantai dari ketinggian bukit yang sangat indah.

  • Warung makan

Sama dengan deretan pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul, pantai Indrayanti Jogja juga memiliki warung makan dengan beraneka jenis makanan yang sangat bervariasi salah satu ciri khasnya yaitu makan seafood.

  • Tempat Ibadah

Di pantai Indrayanti ini juga terdapat tempat Ibadah untuk umat muslim yaitu musola. Jadi tak usah khawatir, walaupun di tempat wisata alam terbuka kalian tetap bisa beribadah. Jangan lupa membawa alat solat sendiri ya.

  • Toko Cinderamata

Jika kalian ingin membelikan cinderamata untuk oleh-oleh, di pantai ini menyediakan tempat khusus cinderamata salah satunya adalah pakaian yang bertuliskan pantai Indrayanti dengan harga yang sesuai kantong.

  1. Larangan ketika berwisata di pantai Indrayanti

Nah ketika mengunjungi pantai Indrayati ada sebuah larangan untuk tidak  membuang sampah sembarangan karena anda akan di denda sepuluh ribu rupiah. Sebenarnya larangan tersebut berlaku untuk semua pantai karena memang sebagai pengunjung kalian harus tetap menjaga keindahan pantai. Namun, tak semua pantai memberikan denda seperti yang ada pada pantai Indrayanti. Dengan adanya larangan membuang sampah sembarang di pantai Indrayanti membuat kebersihan pantai ini terjaga, tidak ada sampah berserakan sehingga pasir putihnya pun sangat bersih.

  1. Tips berwisata ke Pantai Indrayanti

Terik matahari yang membuat suasana sangat panas di pantai ini mengharuskan kalian menggunakan topi dan kaca mata agar terlindungi dari teriknya matahari. Jika ingin bermain air di pantai Indrayanti kalian harus membawa peralatan mandi sendiri sehingga tidak perlu membelinya di kawasan pantai karena harganya yang mahal. Dan jangan lupa untuk membawa sandal jepit karena tidak cocok menggunakan sepatu jika bermain ke pantai dan jika tidak memakai alas kaki akan membuat kaki anda merasakan panas dari teriknya matahari.

Bukan hanya untuk dinikmati saja, sebagai wisata alam pantai Indrayanti Gunung Kidul juga harus dijaga keasriaanya sehingga ada sebuah larangan untuk tidak membuang sampah sembarangan, jika melakukannya maka akan dikenakan denda. Tetapi bukan berarti kalian bisa membuang sampah di pantai yang lain ya, di pantai manapun kalian harus menjaga keindahannya.

Leave a Reply