Pantai Nglambor Gunung Kidul dan Segala Fasilitasnya




Pantai di Gunung Kidul semuanya memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing yang dapat membuat banyak wisatawan terkagum-kagum saat mengunjunginya. Salah satunya adalah pantai Nglambor Gunung Kidul yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.


Pantai Nglambor memang memiliki keunikan tersendiri dari pantai yang lainnya yaitu kalian dapat melihat akuarium raksasa alami di pantai ini loh. Keunikan inilah yang sebenarnya membuat para wisatawan tertarik mengunjungi pantai ini selain itu keindahan penoramanya juga tak kalah menarik dengan keindahan pantai Gunung Kidul yang lainnya.

Pantai Nglambor Gunung Kidul dengan Keindahannya.

Pantai Nglambor Gunung Kidul

Pantai Nglambor Gunung Kidul

Pastinya kalian penasaran dengan keunikan pantai Nglambor yang membuat banyak wisatawan tertarik mengunjungi tempat ini. Nah, dengan senang hati Cikasur akan memberikan gambaran mengenai keindahan salah satu pantai Gunung Kidul ini, mari simak informasi mengenai keindahan pantai Nglambor.

  1. Lokasi Pantai Nglambor

Pantai yang sangat terkenal ini terletak di Desa Purwodadi, Tepus Gunung Kidul DIY jaraknya sekitar 70 kilo meter dari pusat kota Yogyakarta. Waktu yang biasanya ditempuh sampai di lokasi pantai sekitar dua sampai tiga jam, untuk menuju pantai ini kalian bisa menggunakan alat transportasi motor,mobil,maupun bus. Nah ketika sudah sampai di lokasi, kalian bisa menyewa tukang ojek untuk sampai di pantai karena jarak tempat parkir ke pantainya cukup jauh.


  1. Sejarah Pantai Nglambor

Awal mula kisah Pantai Nglambor ini dulunya dihuni oleh sepasang suami istri hingga usia mereka renta.  Pantai ini letaknya jauh dari pemukiman warga Purwodadi, sehingga suami-istri tersebut hanya mengandalkan kekayaan laut untuk memenuhi kebutuhan mereka. Pantai baru di Jogja ini mulai di bangun oleh pemerintah dengan memperbaiki akses jalan ke lokasi pantai ini. Dengan adanya promosi dari seorang pemuda bernama Yusuf Aditya Putratama yang menyebarkan foto keindahan pantai ini di media sosial, membuat pantai banyak dikunjungi dan menjadi terkenal oleh  wisatawan lokal maupun mancanegara.

  1. Keindahan Pantai Nglambor

Keindahan dari pantai Nglambor dapat kalian rasakan dengan menyusuri jalanan di pinggir pantai ini dengan melihat panorama lautnya yang sangat indah. Keindahan pantai Nglambor ini sebenarnya terletak pada daerah bawah lautnya karena memiliki air jernih membuat para wisatawan dapat melihat biota laut seperti ikan-ikan dan terumbu karang yang indah dengan snorkeling. Ada dua pulau karang di pantai ini yang bentuknya seperti kura-kura. Dengan adanya dua batu karang ini membuat ombak di pantai ini tidak terlalu besar.

  1. Snorkling Pantai Nglambor
Pantai Nglambor Gunung Kidul 2

Pantai Nglambor Gunung Kidul 2

Salah satu keindahan dari pantai Nglambor yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya adalah keindahan bawah lautnya. Tidak banyak wisata pantai gunung kidul yang bisa digunakan untuk Snorkling. Para wisatawan bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan Snorkling. Ada banyak jenis ikan berwarna-warni dan keindahan batu karang yang sangat dapat kalian nikmati di pantai ini. Ketika snorkling kalian bisa mengambil foto dari penyewaan kamera under water sebagai salah satu paket penyewaan alat snorkling, kalian bisa berbagi cerita mengenai keindahan pantai Nglambor lewat foto ini.

  1. Penyewaan alat Snorkling

Kalian tidak perlu khawatir mengenai peralatan snorkeniling untuk digunakan di pantai ini karena di pantai ini sudah disedikan fasilitasnya secara lengkap sehingga kalian tidak perlu repot-repot menyiapkannya sebelum berlibur kesini. Bagi kalian yang tidak bisa berenang jangan khawatir kalian tetap bisa menikmati keindahan pantai ini dengan segala perlengkapannya yang sudah tersedia.

  1. Harga Paket Snorkling Pantai Nglambor Gunung Kidul

Pantai Nglambor Gunung Kidul 3

Pantai Nglambor Gunung Kidul 3

Paket Snorkling di pantai Nglambor ini berupa penyewaan alat-alat yang lengkap digunakan untuk snorkling, bahkan dilengkapi dengan penyewaan kamera under water. Kalian yang sangat berhobi foto, di bawah laut di pantai ini kalian bisa berfoto dengan ikan yang berwarna-warni dan keindahan batu karangnya, wah pasti sangat indah jika bisa foto di bawah laut Nglambor. Kalian bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan paket snorkling sekitar lima puluh ribu rupiah, akan tetapi harga bisa berubah-ubah setiap waktu.

  1. Gazebo di pantai Nglambor

Jika kalian sudah menikmati keindahan sepanjang pantai Nglambor ini dari bersnokling maupun berjalan-jalan di pinggir pantai, ketika sudah merasa lelah kalian bisa beristirahat di gazebo yang ada di pantai Nglambor di Gunung Kidul.  Gazebo yang terletak di pinggir pantai ini tersedia sangat banyak, disini kalian bisa menikmati hembusan anginnya yang sejuk dengan bersantai atau mengobrol dengan keluarga atau teman-teman.

  1. Warung Makan

Tak perlu khawatir jika kalian merasa lapar di tempat ini kalian akan menemukan banyak warung makan. Tentunya warung makan di pinggir pantai ini menyidiakan berbagai makanan khas laut, salah satunya yaitu seafood. Wah ternyata makanan ini bisa kalian pesan untuk di makan di gazebo, menyenangkan bukan jika makan di gazebo sambil bersantai dan menikmati indahnya pantai ini.

  1. Toilet
Pantai Nglambor Gunung Kidul 4

Pantai Nglambor Gunung Kidul 4

Di pantai ini juga tersedia fasilitas toilet, tempat yang memang sangat dibutuhkan oleh para wisatawan. Wisata pantai, biasanya para pengunjung menggunakan toilet sebagai tempat untuk ganti baju setelah bermain air, snorkling ataupun berenang. Tapi setelah menggunakan toilet jangan lupa menjaga kebersihannya yaa.

  1. Mushola

Nah bagi kalian yang beragama muslim tidak perlu khawatir, di pantai Nglambor juga tersedia sarana untuk beribadah. Mungkin tak semua pantai menyediakan sarana ini. Sebenarnya Mushola di pantai ini memiliki peralatan solat, akan tetapi tidak ada salahnya jika kalian membawa alat solat sendiri sehingga tidak perlu menunggu jika alat solat di musola ini sedang digunakan oleh wisatawan yang lain.

  1. Trekking

Karena laut ini juga dipenuhi dengan bukit kalian bisa melakukan trekking pada bukit yang ada di pantai ini. Trekking dapat menguji adrenalin kalian, dengan Trekking kalian akan sampai di atas bukit walaupun dipenuhi dengan rasa kelelahan tetapi akan terbayar dengan keindahan pantai Nglambor yang sangat indah.

  1. Penginapan Camp

Wah ternyata di pantai Nglambor ini juga bisa ngecamp loh pada malam harinya, akan lebih syahdu apabila menikmati pantai ini pada malam hari dengan mendirikan tenda di temani dengan api unggun. Pada malam hari kalian dapat menikmati bintang atau yang biasanya disebut sebagai milkyways dengan suasana malam yang sangat dekat menuju pagi.

  1. Penginapan Home Stay

Biasanya yang lebih sering dicari oleh banyak wisatawan adalah penginapan Home Stay, akan tetapi sangat sulit menemukan home stay di pantai Nglambor karena letak pantai ini memang jauh dari pemikan warga sehingga jika kalian mencari penginapan home stay kalian bisa mendapatkannya jika sudah sampai dipemukiman warga.

Menikmati keindahan pantai memanglah kesukaan banyak orang, pantai Nglambor Gunung Kidul ini memiliki pesona yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya yaitu keindahan bawah lautnya yang membuat banyak wisatawan tertarik mengunjungi pantai ini, akan tetapi jangan lupa ya untuk tetap selalu menjaga keasrian dari pantai Nglambor.



Leave a Reply