Gunung Raung Beserta Cerita Dibalik Keindahannya Yang Memukau




Wisata alam adalah sebuah tempat yang menjadi dambaan bagi para pecinta alam yang ingin menikmati indahnya bumi dengan sejuta pesonanya seperti wisata Gunung Raung yang saat ini memiliki banyak sekali peminat karena menyuguhkan panorama luar biasa. Tak kalah seperti gunung berapi lainnya, mendaki gunung ini juga menjadi satu hal yang didambakan oleh para pendaki karena memiliki tantangan yang berbeda dan terbilang cukup ekstrem.


Namun, sebelum kalian melakukan pendakian gunung berapi ini, kami akan memberikan informasi menarik yang harus kalian ketahui. Informasi-informasi ini bukan untuk mengurungkan niat untuk mendaki wisata tetapi supaya tetap waspada dan berhati-hati dimanapun wisata alam yang ingin kalian kunjungi. Tentunya ada beberapa persiapan juga yang harus dilengkapi untuk mendukung proses pendakian selain mental dan keberanian.

4 Titik Puncak Gunung Raung

4 Titik Puncak Gunung Raung

Berita Menarik Mengenai Gunung Raung Yang Eksotis

Untuk mendapatkan berita terbaru gunung raung kalian tidak perlu khawatir karena kami akan dengan senang hati memberikan informasi tersebut secara detail. Semua gunung berapi tentu memiliki keunikan tersendiri namun kalian juga harus berhati-hati supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut informasi tentang wisata alam gunung berapi ini:


  1. Asal usul Gunung Raung

Para pecinta alam yang suka mendaki gunung tentu tidak akan asing dengan adanya wisata alam di Indonesia yang satu ini. Gunung berapi tertinggi kedua setelah Gunung Semeru ini berbentuk kerucut yang terletak di wilayah Besuki, Jawa Timur, Indonesia dan memiliki ketinggian 3.344 m dpl. Meskipun menjadi yang kedua, gunung ini tidak kalah keren dengan memberikan pemandangan yang akan membuat mata terpesona.

Untuk asal usul nama gunung raung adalah dikarenakan angin yang berhembus begitu kencangnya di puncak gunung dan terdengar seperti auman singa yang meraung-raung menjadikan gunung ini dinamakan sebagai “Gunung Raung” oleh masyarakat sekitar. Sehingga jika pijakan kalian saat mendaki tidak kokoh maka bisa dipastikan bahwa kalian akan tergelincir masuk ke dalam kawah yang begitu dalam.

  1. Misteri Gunung Raung

Banyak sekali misteri gunung raung bondowoso yang dikenal oleh masyarakat sekitar dan dipercaya sampai saat ini bahwa hal tersebut benar-benar terjadi sebelumnya yaitu adanya kaldera berbentuk elips dengan kedalaman 500 meter tersebut dahulunya adalah kerajaan Macan Putih. Cerita tersebut muncul pada tahun 1638 dan kerajaannya berpusat pada puncak gunung yang dipimpin oleh seorang raja bernama Pangeran Tawangulun.

Selain itu, pada jum’at malam biasanya masyarakat sekitar mendengar adanya suara derap kuda yang teramat jelas. Entah hal tersebut benar adanya atau tidak karena jika dipikirkan akan sulit diterima oleh akal sehat kita tetapi masyarakat sekitar selalu meyakini bahwa suara tersebut berasal dari kereta kencana yang sedang dikendarai oleh seorang permaisuri dari pangeran Tawangulun.

Menuju Puncak Gunung Raung

Menuju Puncak Gunung Raung

  1. Jalur Mendaki

Jika kalian tertarik untuk mendaki gunung ini, ada beberapa jalur pendakian gunung raung diantaranya via Kalibaru dan Sumber Waringin. Dari kedua rute tersebut, kami akan membagikan jalur mendaki melalui Kalibaru yang banyak dilewati oleh para pendaki lainnya. Pertama, kalian harus menuju ke desa Wonokromo untuk menemui Bapak Soeto untuk melakukan pendaftaran dan perizinan mendaki gunung berapi tersebut.

Setelah itu, menuju ke Pos 1 dengan berjalan kaki/naik ojeg kemudian melanjutkan perjalanan ke pos 2 selama 4 jam lalu berjalan 1 jam ke pos 3. Selanjutnya, melewati jalan menanjak ke Pos 4 selama 2 jam, berikutnya perjalanan 40 menit ke Pos 5. Pendakian masih terus berlanjut menuju pos 6 melewati 3 pundak terjal selama 30 menit dan pos 7 45 menit. Pos ke 8 dan 9 ditempuh selama 3 jam hingga sampai puncak selama 30 menit.

  1. Keistimewaan Gunung Raung

Meskipun beberapa waktu yang lalu ada kabar mengenai pendaki tewas di gunung raung tetapi tidak menyurutkan para pendaki lainnya untuk melakukan pendakian gunung berapi yang indah ini. Bahkan saat ini, semakin banyak pendaki yang berbondong-bondong untuk mendaki hingga puncaknya karena ada beberapa keistimewaan yang ingin mereka saksikan secara langsung dan ingin membuktikan apakah hal tersebut benar adanya.

Keistimewaan tersebut diantaranya gunung ini termasuk anak pegunungan Ijen dan memiliki puncak tertinggi dari deretan gunung seperti Gunung Pendil, Gunung Suket, Gunung Remuk dan lainnya. Yang tak kalah istimewanya, gunung ini memiliki Kalendra terbesar di Indonesia dengan 4 titik puncak yaitu puncak 17, Bendera, Tusuk Gigi dan Sejati sebagai titik puncak tertinggi.

Puncak Sejati Gunung Raung

Puncak Sejati Gunung Raung

  1. Spot Menarik

Berbagai spot menarik bisa kalian dapatkan di Gunung Raung yang memiliki keindahan alam yang memukau. Kalian dapat mengabadikan moment yang menakjubkan dengan kamera dan mendapatkan potret keindahan yang sangat bagus sebagai hasil dari jerih payah menaiki jalanan yang sangat terjal. Dari basecamp menuju ke pos 1 hingga pos 9 lalu ke puncaknya selalu menampilkan pesona yang berbeda.

Tetapi yang menjadi primadona dari keseluruhan keindahan yang memanjakan mata kalian adalah ketika sudah sampai di kawah kalian dapat melihat puncak Gunung Sejati. Selain itu, keindahan yang tidak kalah menakjubkan dan menjadi suatu tantangan bagi para pendaki adalah saat kalian sudah sampai di 4 titik puncak tersebut. Dengan mencapai puncak tertinggi, kalian akan melihat luasnya cakrawala yang memancarkan keeksotisannya.

Pondok Rasta Gunung Raung

Pondok Rasta Gunung Raung

  1. Harga Tiket Masuk

Gunung raung yang tepat berada di 3 kabupaten yaitu Jember, Banyuwangi dan Bondowoso ini merupakan tempat wisata yang sangat terjangkau bahkan terbilang murah meriah. Dengan pemandangan luar biasa yang disuguhkan gunung ini serta beberapa keistimewaan dan spot menarik yang ditawarkannya tentu tidak akan membuat kalian menyesal. Bahkan semakin lama wisata alam yang dibuka secara umum ini semakin banyak peminatnya.

Bagi wisatawan nusantara, pengelola wisata tersebut menentukan harga tiket masuk hanya sebesar Rp. 35.000,00 dan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp. 100.00,00. Bukankah dengan nominal tersebut sangatlah murah bagi kantong pelajar sekalipun. Selain itu, berbagai fasilitas seperti mushola, toilet dan beberapa warung disediakan di beberapa titik tertentu guna memudahkan para wisatawan untuk tetap menikmatinya.

  1. Tips Mendaki Tanpa Bahaya

Baik pendaki pemula ataupun sudah professional tentunya memerlukan persiapan yang matang. Bedanya jika pemula membutuhkan mental yang kuat untuk meyakinkan dirinya supaya pendakian lancar dan tidak ada halangan. Sebelum melakukan pendakian pula, para pendaki harus menjaga staminanya dan melatih fisik supaya tetap prima. Selain itu, mempersiapkan peralatan keselamatan yang memadai dan pelajari rute pendakiannya.

Sudah sepatutnya sebagai manusia ciptaan tuhan, kita menjaga lingkungan dengan sebaik-baiknya supaya tidak menjadi rusak dan generasi penerus dapat menikmati keindahannya pula. Oleh karena itu, kita harus menjaga kealamian Gunung Raung agar tetap indah dan eksotis untuk dinikmati bersama. Untuk itu, jika kalian ingin melakukan pendakian sebaiknya jangan merusak apapun yang ada disekitarnya serta patuhi semua aturan yang ada.



Leave a Reply