15 Gunung Tertinggi di Jawa yang Fenomenal

Pulau Jawa adalah salah satu pulau di Indonesia yang memiliki banyak gunung yang bisa didaki. Banyak gunung di Jawa ini yang menjadi favorit para pendaki  karena bisa dijadikan sebagai sebuah wisata alam yang dapat kalian nikmati. Keindahan alam dari gunung tertinggi di Jawa yang memberikan suasana alam yang sangat eksotis sehingga banyak pendaki dari masyarakat domestik maupun mancanegara tertantang untuk menaklukan puncak gunungnya.



Bagi kalian pendaki gunung atau para pecinta alam banyak sekali pilihan gunung-gunung di Jawa yang memiliki panorama sangat eksotis, kami akan memberikan informasi yang menarik mengenai gunung yang ada di Pulau Jawa untuk memudahkan kalian memilihnya sesuai keinginan anda, Walaupun anda menyukai gunung dengan sensasi yang ekstrim, tetapi anda harus tetap memilih gunung yang tidak membahayakan diri anda sendiri.

Gunung Tertinggi di Jawa dengan keeksotisannya

Bentangan alam yang tak kalah indahnya dengan provinsi lainnya akan membuat pasti akan membuat anda bingung untuk memilihnya. Tak perlu bingung dan kwatir, kami akan memberikan berbagai informasi mengenai keindahan alam gunung pulau Jawa yang tidak akan akan memberikan kesan penyesalan untuk anda para pencinta alam.

  1. Gunung Slamet
Gunung Slamet

Gunung Slamet

Para pendaki gunung yang sudah menjamahi gunung di pulau Jawa tidak asing dengan gunung yang terletak di lima kabupaten dengan ketinggian 3.428 mdpl ini. Gunung Slamet termasuk ke dalam daftar 20 gunung tertinggi di Indonesia. Meskipun medan pendakiannya tidak mudah untuk diterjang, namun gunung dengan julukan atap Jawa Tengah ini membuat para pendaki terpesona keindahan alamnya yang sangat eksotis. Terlebih ada sebuah slogan yang sangat fenomenal di kalangan pendaki yaitu ‘puncak Slamet tak pernah ingkar janji’.

  1. Gunung Sumbing
Gunung Sumbing

Gunung Sumbing

Nama gunung Sumbing ini bukanlah nama yang asing di telinga para pendaki, dengan ketinggian 3.371 mdpl terletak di tiga kabupaten di pulau Jawa yaitu Wonosobo, Magelang, dang temanggung. Jika anda mengenal nama gunung ini pasti anda juga mengenal nama gunung Sindoro karena mereka berdua adalah gunung kembar yang ada di pulau Jawa. Biasanya sebuah paket pendakian gunung Sumbing ini dilanjutkan dengan pendakian gunung Sindoro. Umumnya para pendaki mendaki Gunung Sumbing terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke Gunung Sindoro.

  1. Gunung Lawu
Gunung Lawu

Gunung Lawu

Perlu diketahui gunung lawu ini sebenarnya adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang masih aktif dan saat ini sedang beristirahat. Letaknya di perbatasan provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur tepatnya di kabupaten Karang Anyar memiliki ketinggian 3.256 mdpl. Keindahan alam di gunung lawu ini dapat anda jumpai di ketiga puncaknya yaitu puncak Hargo Dalem, Hargo Dumilah, dan Hargo Dumiling. Jalur pendakian gunung lawu bisa melalui cemoro kandang, cemoro sewu dan jalur pendakian candi cetho.

  1. Gunung Sindoro
Gunung Sindoro

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro seringkali disebut oleh para pendaki terkenal di Indonesia dengan sebutan ‘gunung Sindara’ atau ‘gunung Sundoro’. Dengan ketinggian 3.150 mdpl gunung ini juga masih berstatus aktif, mendaki di gunung Sindoro kalian bisa menemukan beberapa kawah yang memiliki jurang-jurang dengan kawah terbesarnya bernama kawah Kembang. Jalur pendakian via Kledung adalah jalur yang paling terkenal.

  1. Gunung Merbabu
Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Sebagai gunung yang menjadi favorit para pendaki di Jawa Tengah, gunung ini sesuai dengan arti pada namanya yang terdiri dari dua kata yaitu “meru” yang berarti gunung dan “babu” yang berarti perempuan, gunung ini sangat cantik menawan memiliki tiga puncak yaitu puncak Syarif, Triangulasi dan puncak Kenteng Songo. Sebagai salah satu gunung tertinggi di Jawa memiliki ketinggian 3.142 mdpl disebut sebagai gunung tidur karena dulu gunung ini adalah gunung yang aktif yang sekarang sedang beristirahat.

  1. Gunung Merapi
Gunung Merapi

Gunung Merapi

Gunung Merapi dengan ketinggiannya 2.968 mdpl terletak di empat kabupaten yaitu Sleman, Klaten, Magelang, dan Boyolali. Gunung Merapi memiliki predikat berbahaya karena setiap dua tahun atau lima tahun sekali gunung ini mengalami erupsi. Gunung ini salah satu gunung di Jawa yang sangat aktif, bisa diperkiran meletus selama tujuh tahun sekali. Jadi, kalian harus waspada jika ingin mendaki ke gunung Merapi. Ada larangan mendaki ke puncak gunung merapi, sebaiknya kalian hanya melakukan pendakian sampai pasar bubrah saja.

  1. Gunung Prau
Gunung Prau

Gunung Prau

Para pendaki banyak yang mengira bahwa gunung ini adalah sama dengan gunung Tangkuban Perahu yang ada di Jawa Barat. Ketinggian dari gunung Prau adalah 2.590 mdpl. Kalian bisa menikmati keindahan gunung ini dari ketinggian 2.565 mdpl pada sebuah tempat yang sudah tersedia yang dinamakan dengan camping ground.

  1. Gunung Telomoyo
Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo

Gunung yang terletak di perbatasan Semarang dan Magelang dengan tinggi 1.894 mdpl ini salah satu gunung api yang belum pernah meletus sampai saat ini. Bentuk gunungnya yang kerucut, menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, dari puncak gunung ini dapat melihat gunung tertinggi di Jawa lainnya seperti gunung Lawu, gunung Sindoro, dan Sumbing.

  1. Gunung Rogojembangan
Gunung Regojembangan

Gunung Regojembangan

Nama gunung ini cukup asing di telinga para pendaki, gunung ini terletak di perbatasan antara 2 kabupaten Banjarnegara dan Pekalongan. Namun, pada puncak gunung Rogojembangan ini tetap memiliki pemandangan yang sangat indah, puncaknya yang tidak terlalu luas berupa tanah dan pepohonan, dulunya di puncak gunung ini terdapat sumur, akan tetapi saat ini sumurnya sudah kering dan tidak ada airnya.

  1. Gunung Ungaran
Gunung Ungaran

Gunung Ungaran

Gunung ungaran namanya tidak seterkenal gunung Merbabu, terletak di kabupaten Semarang dengan ketinggian 2.050 mdpl memiliki tantangan medan yang cukup sulit bagi kalian pemula pendaki gunung karena terdiri dari berbagai tanjakan yang berbatuan curam sehingga harus sangat hati-hati. Namun pada hari libur pendakian gunung ungaran sangat ramai.

  1. Gunung Ciremai
Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Banyak para pendaki yang sudah menjamahi gunung tertinggi di Jawa Barat ini dengan ketinggian 3.078 mdpl menyimpan banyak cerita sejarah di dalamnya. Salah satunya yaitu cerita sejarah Sunan Gunung Jati yang bertapa sembilan tahun di gunung ini.

  1. Gunung Pangrango
Gunung Pangrango Jawa Barat

Gunung Pangrango Jawa Barat

Salah satu gunung yang terkenal dengan nama gunung Gede Pangrango padahal kedua gunung tersebut adalah dua gunung yang berbeda. Perlu kalian ketahui bahwa ada gunung Gede Pangrango yang letaknya memang sangat dekat dengan gunung Pangrango, sehingga banyak orang yang menganggapnya sama.

  1. Gunung Arjuno
Gunung Arjuno

Gunung Arjuno

Gunung ini menjadi salah satu tujuan banyak pendaki karena pemandangannya yang eksotis dengan medan pendakian yang cukup menantang. Dengan ketinggian 3.339 mdpl, terdapat hutan Lali Jiwo dan Pasar Setan yang dianggap sangat mistis. Jalur pendakian pada umumnya melewati Jalur tretes dan Purwosari.

  1. Gunung Semeru
Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung yang dikenal sebagai gunung tertinggi di Jawa Timur memiliki tinggi 3.676 mdpl. Saat menaklukan gunung ini, para pendaki akan merasakan kemegahan alamnya karena terdapat danau Ranu Kumbo, Tanjakan cinta, puncak Mahameru, dan kawah Jogring Saloko dengan pemandangan hijau di sepanjang track.

  1. Gunung Raung
Suasana Camp 7 Gunung Raung

Suasana Camp 7 Gunung Raung

Gunung yang memiliki tantangan tersendiri bagi para pendaki gunung karena adanya jembatan yang berukuran sangat sempit dengan pemandangan jurang terjal di setiap kanan dan kirinya. Gunung ini memiliki ketinggian 3.323 mdpl yang terletak di kabupaten Banyuwangi. Pendakian gunung Raung sebaiknya menggunakan guide agar tidak terjadi kecelakaan saat menuju ke Puncak Sejati yang jalurnya sangat ekstrem.

Sebagai seorang pendaki gunung atau pecinta alam bukan hanya datang untuk menikmati keindahan alamnya saja akan tetapi juga menjaga keindahan alam tersebut. Untuk kalian yang ingin menjamah gunung tertinggi di Jawa harus memilih gunung yang jauh dari predikat bahaya sehingga tidak membahayakan diri anda sendiri. Ketauhilah sejauh mana kemampuan anda, jangan memaksakan kehendak karena Gunung tidak akan kemana-mana.

Leave a Reply