Review Suunto Ambit 3 Sport – Jam Tangan Favorit Penikmat Ketinggian

Sudah lama rasanya aku mengidamkan jam tangan Suunto ini, mulai dari seri vector, core, ambit 1, ambit 2 sampai tak disangka yang terbeli malah Suunto Ambit 3. Awal menggunakan Ambit 3 ini tidak akan susah menggunakannya karena hanya ada 5 tombol yang mudah dipahami, aku yang sudah lama tidak menggunakan jam tangan karena memilih menjual jam outdoor mainstream Gshock GD9100 untuk memenuhi kebutuhan hidup yang bertambah keras tidak mengalami kesulitan sama sekali, tentunya dengan sedikit bantuan Buku Panduan Penggunaan . Bagaimana ya rasanya kalau naik gunung pakai Suunto Ambit 3 Sport? Simak aja cerita dibawah ini….



Review Suunto Ambit 3
Review Suunto Ambit 3

 

Jam tangan ini didesain untuk orang yang suka berolahraga, karena saya kurang suka maka hanya saya isi dengan exercise running,cycling dan hiking. Pastinya, akan terlihat lebih keren, kekinian, dan meyakinkan. Memang Suunto Ambit 3 Sport ini adalah jam tangan pintar yang dibuat untuk olahragawan dan petualang tapi desainnya yang simple membuat jam tangan ini cocok digunakan disegala kegiatan.

Apa sih keistimewaan Suunto Ambit 3 Sport?

Hari kedua menggunakan jam tangan ini Cikasur mulai mencoba fitur GPS nya, untuk lock posisi GPS hanya dibutuhkan waktu kurang dari 20 detik dengan tingkat akurasi 3feet. Saat digunakan untuk olahraga lari dan bersepeda akan ada tampilan speed,distance,kalori terbakar,recovery time, dll yang memberi informasi sangat memuaskan. Karena ini adalah jam dengan GPS maka kita bisa melihat rute yang telah kita lalui saat berolahraga dan juga bisa memasukkan rute yang di share orang via movescount. Untuk orang yang tidak tahu arah dan mudah tersesat seperti saya fitur ini sangat perlu dan sangat membantu. Saat digunakan untuk mendaki gunung dengan memilih exercise Hiking, jam akan menampilkan altimeter, time dan distance. Altimeter sangat akurat karena mengandalkan GPS bukan tekanan udara seperti suunto core dan vector. Selain itu jam ini juga bisa menghitung detak jantung, menabjubkan bagi saya yang ndeso ini hahaha… kemarin malam saat melakukan pendakian ke gunung penanggungan dan bingung arah kiblat, kompas di Suunto Ambit 3 ini membantu kelancaran beribadah hehehe

Menu Suunto Ambit 3
Menu Suunto Ambit 3

Untuk konektivitas jam tangan ini bisa dikoneksikan via USB ke computer kemudian di sync dengan aplikasi movescount, dengan registrasi di web movescount kita bisa add device jam tangan kita untuk kemudian di sync hingga bisa terlihat kegiatan apa saja yang sudah kita lakukan dan bisa di share tentunya di FB/Twiter/G+ dll. Di movescount juga kita bisa menambahkan exercise atau menghapusnya, memberi nama jam, pengaturan kecerahan dll juga bisa dilakukan lewat computer. Suunto ambit 3 juga bisa dikonek dengan Apple device seperti iphone atau ipod.. katanya apabila dipair dengan HP kita maka notif sms/telpon akan keluar juga di jam tangan yang kita pakai. Sayangnya saya tidak punya , NTT Docomo saya juga rusak beberapa hari sebelum menulis review ini :’)

Setting Suunto Ambit 3
Setting Suunto Ambit 3
General Setting Suunto Ambit 3
General Setting Suunto Ambit 3

Jam Suunto Ambit 3 Sport dengan harga resmi Rp 7.100.000 ini memiliki batrei yang bisa diisi ulang, tidak usah khawatir cepat habis karena apabila digunakan GPS akurasi 10 detik bisa tahan hingga 8 jam , 60 detik 10 jam. Presentase batrei akan tampil di layar utama di bawah penunjuk waktu. Apabila tidak digunakan terus menerus kira-kira bisa tahan 2 minggu karena apabila jam digeletakkan begitu saja layar akan otomatis mati dan akan hidup lagi bila jam dipegang.

Setelah mengelu elukan kelebihan jam tangan ini, menurut saya Suunto Ambit 3 Sport ini mempunyai kekurangan di bagian strap nya. Rubber strap kelihatan ringkih dan susah dicopot saat selesai digunakan, oleh karena itu sebaiknya berhati-hati saat memasang dan mencopotnya dari tangan. Malah sempat terpikir untuk langsung mengganti strapnya dengan ZULU strap. Selain itu Suunto Ambit 3 Sport terlihat terlalu mahal dengan harga diatas 7jt untuk orang yang belum paham keuntungan menggunakan smart watch Suunto Ambit 3 ini.

Tapii…Kelemahan dari jam tangan ini bisa ditutupi oleh fitur utama jam tangan yaitu untuk melihat waktu, tanggal dan hari hahaha… sungguh menarik bukan apa yang ditawarkan jam tangan buatan finlandia ini ? jadi tunggu apalagi, sudah saatnya kita beralih ke Suunto Smart Watch.

Searching GPS Suunto Ambit 3
Searching GPS Suunto Ambit 3

 

GPS Found Suunto Ambit 3
GPS Found Suunto Ambit 3

 

Exercise Mode Suunto Ambit 3
Exercise Mode Suunto Ambit 3

 

Hiking mode with Altimeter
Hiking mode with Altimeter

 

Navigation Menu
Navigation Menu

2 Comments

  1. Keselek Biawak November 9, 2016
    • cikasur December 12, 2016

Leave a Reply