Catatan Perjalanan Gunung Butak via Batu

Gunung Butak adalah gunung yang terletak di Batu, Jawa Timur. Gunung buthak ini terletak berdekatan dengan Gunung Kawi dan Gunung Panderman. Untuk mendaki gunung butak normalnya diperlukan waktu 6-8 jam perjalanan dari Pos Perijinan Gunung Panderman. Gunung Buthak dengan ketinggian 2868Mdpl ini mempunyai banyak jalur pendakian, jalur pendakian yang terkenal adalah jalur sirah kencong blitar dan jalur panderman batu.



Puncak Gunung Buthak
Puncak Gunung Buthak
Savana Gunung Buthak
Savana Gunung Buthak

Kali ini Cikasur mendaki Gunung Butak lewat jalur perijinan Gunung Panderman. Lokasi perijinan Gunung Panderman ini ada di daerah tengah kota batu. Aku memarkir motor dibawah pos perijinan, dulu aku pernah mendaki gunung panderman dan langsung naik ke rumah terakhir dengan motor tetapi mungkin karena ramainya pendaki ke gunung panderman dan gunung buthak hingga dibuatlah parkiran di depan sekolahan dibawah pos perijinan. Untuk mencapai pos perijinan gunung butak / gunung panderman butuh berjalan kaki sekitar 10 menit.

Sampai di pos perijinan aku dan temanku membayar masing-masing 7000 rupiah. Di pos perijinan ada peta jalur gunung butak dan gunung panderman. Kontak penjaga pos perijinan juga tertulis apabila dibutuhkan dalam keadaan darurat. Pagi jam 6.30 kami memulai pendakian, terik matahari yang menyengat mengawal perjalanan kami ke gunung butak.Saat menyewa tenda di jalan ciliwung malang kami mendapatkan info bahwa lama pendakian adalah 12 jam, jadi kami putuskan untuk berangkat pagi hari. Dari pos perijinan jalur menanjak berpaving tidak terlalu curam , tidak usah takut tersesat tinggal ikuti saja tanda panah yang sudah dipasang disepanjang jalur pendakian. Setelah jalan paving habis kemudian berganti jalur berdebu dengan kebun warga di kanan dan kiri.

Jalur landai tidak berlangsung lama , kami diharuskan menguras tenaga dengan tanjakan tanjakan curam dengan latar belakang gunung panderman di belakang kita. Jalur berdebu ini terus menanjak hingga kembali masuk ke hutan dan jalur kembali landai. Sepanjang jalur pendakian tidak saya jumpai tulisan tulisan yang menunjukkan pos, hanya ada tali tali raffia penunjuk jalur yang ada disetiap persimpangan. Banyak pohon terbakar dan tumbang yang menutup jalur pendakian. Ada sumber air yang baru muncul dari tanah di dekat jalur pendakian.

Setelah 4 jam mendaki sampailah kami di tempat yang agak luas untuk mendirikan tenda, di pohon besar terdapat plang bertuliskan pos v , kecil sekali plang ini. Tidak tahu mana saja pos 1 , 2 , 3 dan 4 tau tau sudah sampai pos 5 hahaha. Setelah melewati pos 5 kami melewati hutan cemara yang lebat, tidak lama kemudian kami memasuki hutan cemara yang terbakar habis dan pohon cemara tumbang menutupi jalur pendakian. Tanjakan tiada henti menemani kami hingga berbelok kearah kiri dan kemudian melipir jurang di kanan kami. Setelah melewati jurang barulah sampai di Savana Gunung Butak, mirip dengan alun alun kecil gunung argopuro.

Setelah 6,5 jam berjalan akhirnya sampai juga di savana gunung buthak. Kami segera mencari sumber air yang ada di savana gunung buthak, ternyata di dekat sumber air ada tempat kosong untuk mendirikan tenda. Langsung saja kami buka kemah di sebelah sumber air, sudah ada beberapa tenda juga di savana gunung buthak ini. Sumber air ini mengalir deras dari pipa besar kemudian ditampung bak dan dialirkan kebawah. Kami memasak untuk makan siang kemudian masuk ke tenda untuk tidur siang.

Jam 7 malam aku terbangun dan membangunkan teman-teman untuk masak makan malam, rupanya sudah ramai orang yang membuka tenda disini, maklum malam minggu. Aku sempat berbincang dengan tim pendaki lain untuk bertanya dimana jalur menuju puncak gunung butak, rupanya jalurnya ada di atas bak air dan hanya membutuhkan 45 menit untuk sampai ke puncak gunung butak.

Ramai Ramai di Puncak Gunung Buthak
Ramai Ramai di Puncak Gunung Buthak

 

Arjuno Welirang dari Gunung Buthak
Arjuno Welirang dari Gunung Buthak

Pagi hari pukul 5 kami sudah bersiap menuju puncak gunung butak, dari pukul 4 pagi sebenarnya sudah ramai orang yang berjalan menuju puncak. Namun kami yang masih mengantuk baru memutuskan berangkat jam 5. Berjalan menyusuri savana kemudian harus melewati tanjakan curam dan terjal untuk sampai ke puncak. Hanya butuh 30 menit ternyata sudah sampai di puncak gunung buthak dengan ketinggian 2868Mdpl ini. Disini bisa melihat gunung kelud, gunung semeru, gunung arjuno dan gunung welirang. Susunan batu ditengah puncak adalah titik tertinggi gunung buthak. Setelah berfoto kami turun dengan hati-hati karena tanjakan curam bisa saja memakan korban. Saat turun ke pos perijinan ada tim pendaki lain yang sedang mencari temannya, rupanya temannya tersesat karena salah memilih jalur turun. Memang jalur gunung buthak ini tidak seberapa jelas, pastikan melihat tanda tali raffia atau pita saat kalian berjalan. Atau lihat ada bekas permen atau rokok dijalur berarti kalian tidak tersesat.

Lari turun ke Savana
Lari turun ke Savana

Perjalanan turun dari savana ke pos perijinan hanya membutuhkan waktu 3 jam saja. Sampai di parkiran kami membayar 5.000 per motor dan kami lanjutkan perjalanan menuju ke malang untuk menikmati pos ketan legenda dan STMJ alun alun batu.

No Responses

Leave a Reply