70 Destinasi Wisata Jogja Dekat Malioboro Terpopuler




Destinasi Wisata Jogja Dekat Malioboro
  • Destinasi Wisata Jogja Dekat Malioboro
5

Tempat wisata yang tersedia di Jogja, sangatlah beragam. Tersedia beberapa tema tempat berlibur yang dapat dikunjungi, seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata religius, wisata sejarah hingga wisata belanja. Jogja memiliki banyak keindahan yang harus dieksplor dan memberikan kesan berbeda setiap didatangi. Lantas, adakah destinasi wisata Jogja dekat Malioboro yang dapat dikunjungi?


Anda hanya perlu menentukan, tempat mana yang perlu didatangi selama berwisata. Serta, perhatikan berapa lama waktu liburan yang dimiliki, hingga akhirnya dapat mendatangi setiap tempat wisata yang dimaksud. Lantas, tempat wisata manakah yang dimaksud?

Pilihan Destinasi Wisata Jogja Dekat Malioboro

Berikut ini merupakan beberapa pilihan tempat wisata untuk anda yang berminat berwisata tidak jauh dari Malioboro. Manakah tempat yang dimaksud? Berikut cikasur berikan ulasannya,

  1. Tugu Jogja
Tugu Destinasi Wisata Jogja Dekat Malioboro

Tugu Destinasi Wisata Jogja Dekat Malioboro


Tempat destinasi wisata Jogja dekat Malioboro yang paling dekat dan menarik dikunjungi adalah Tugu Jogja. Tugu ini telah dikenal oleh banyak orang di seluruh Indonesia. Karenanya, tempat ini selalu laris untuk dijadikan tempat berfoto ataupun mengabadikan momen. Jika mendatanginya, disarankan untuk datang di malam hari, sehingga tidak terlalu ramai dan momen yang diabadikan cukup berbeda.

  1. Museum Sonobudoyo

Tidak banyak pengunjung yang mendatangi tempat ini. Padahal di sinilah terdapat banyak pengetahuan dan informasi baru tentang sejarah. Didalamnya terdapat koleksi purbakala, bimbingan edukatif dan berbagai peninggalan yang memiliki budaya tinggi. Namun saat mendatanginya, anda harus menjaga kebersihan.

  1. Sentra Gudeg Wijilan

Saat sudah lelah stelah menikmati liburan di Jogja, cobalah untuk beralih dan nikmati makanan khas. Makanan yang harus dinikmati saat berada di Jogja adalah Gudeg Wijilan. Gudeg ini dikenal memiliki rasa yang nikmat dan telah dikenal cukup lama. Serta tidak perlu khawatir, karena Gudeg ini memiliki harga yang murah dengan cita rasa tinggi.

  1. Museum De Mata Jogja

Tidak hanya wisata kuliner, Jogja juga mengikuti perkembangan zaman. Di mana, mulai bermunculan wisata kekinian yang cocok untuk anak-anak muda. Salah satu tempat yang dimaksud adalah mendatangi Museum de Mata Jogja. Museum ini menyimpan berbagai spot-spot 3D untuk berfoto. Jangan lupa untuk mendatanginya, sebaiknya siapkan dana Rp 50.000/orang.

  1. Istana Air Taman Sari

Pada zaman dahulu, Taman Sari adalah tempat para permaisuri raja mandi. Di sinilah para permaisuri menikmati waktu luang sebelum bercengkrama dengan raja. Tidak hanya tersedia kolam, didalamnya terdapat danau buatan, kanal air hingga lorong bawah tanah. Untuk tiket masuk tidak perlu takut, karena harganya cukup murah.

  1. Museum Kereta Kencana

Untuk anda yang tidak ingin berjalan jauh untuk menikmati wisata, dapat menikmati museum terdekat. Museum terdekat yang dapat dikunjungi adalah museum kereta kencana. Tentunya didalam museum ini terdapat banyak kereta kencana yang masih aktif digunakan dalam kegiatan kerajaan. Salah satunya, kereta yang digunakan untuk mengantarkan jenazah Sultan ke makam.

  1. Taman Pintar

Siapa diantara anda yang tidak mengenal tempat ini? Tentunya tempat ini sangat familiar karena merupakan destinasi wisata Jogja dekat Malioboro. Didalamnya terdapat berbagai obyek edukasi yang harus dinikmati bersama anak. Salah satu bagian yang harus dikunjungi adalah bagian teknologi. Di sini, anda dapat menikmati berbagai teknologi terbatu dan mengenalkannya pada anak tersayang.

  1. Keraton Yogyakarta

Satu tempat yang harus didatangi saat berlibur ke Jogjakarta adalah Keraton Jogjakarta. Di sini, terdapat beberapa diorama yang menjadi gambaran beberapa kegiatan di keraton. Untuk anda yang berminat mendatangi tempat ini, harus membayar Rp 7.500/orang. Agar mendapatkan pengetahuan lebih, cobalah untuk menggunakan guide sehingga informasi lebih lengkap.

  1. Situs Warungboto

Berbeda dengan taman sari, inilah tempat yang dulu digunakan sebagai tempat istirahat keluarga kerjaan. Karena fungsinya, di tempat ini juga tersedia beberapa kolam untuk mandi dan taman untuk bersantai dengan bangunan yang megah. Satu lagi yang menarik, di mana pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk.

  1. The House of Raminten

Dari namanya mungkin anda sudah mengira bahwa tempat ini ada di Yogya. Di sinilah, pengunjung dapat menikmati berbagai menu menarik. Satu menu andalan di sini adalah sego kucing dengan berbagai pilihan lauk yang disukai. Untuk harga, Jogja selalu menawarkan berbagai makanan yang sesuai dengan kantong para pengunjung yang datang.

  1. Alun-Alun Kidul

Nama lain dari tempat ini adalah Alkid yang tepat didatangi saat malam hari di Jogja. Di sinilah, anda dapat menikmati pemandangan sekaligus menikmati wedang ronde. Tidak hanya minuman, di sekitar alun-alun juga tersedia berbagai makanan. Jadi tidak hanya aktivitas menikmati pemadangan dan bermain, pengunjung juga dapat makan malam bersama kerabat.

  1. Masjid Gedhe Kauman

Berada di sekitar keraton, inilah destinasi wisata Jogja dekat Malioboro yang harus didatangi saat liburan di Jogja. Masjid ini dibangun di masa Sri Sultan Hamengkubuwono I. Masjid dengan gaya arsitektur Jawa Kuno ini memiliki khas pada bagian atapnya. Jadi, akan sangat menarik jika dijadikan spot berfoto. Namun jangan terlalu ribut, karena masjid masih digunakan sebagai tempat ibadah aktif.

  1. Benteng Vredeburg

Tempat lain yang dapat didatangi dengan berjalan kaki di sekitar malioboro adalah Benteng Vredeburg. Benteng ini juga dikenal sebagai Museum, karena didalamnya terdapat diorama sejarah Jogja dan Indonesia. Tempat ini masih terawat kelestariannya dan menjadi saksi sejarah penjajahan Belanda. Tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 2.500/orang.

  1. Pasar Beringharjo

Tidak jauh dari benteng Vredeburg, terdapat sebuah pasar yang telah ada di Jogja cukup lama. Pasar Beringharjo menyimpan berbagai kekayaan yang harus anda eksplor secara mendalam. Di dalamnya terdapat topeng, gelang, tempat tisu, hingga berbagai kebutuhan lainnya. Jika memiliki koleksi tertentu, cobalah kulik dan lengkapi koleksi di tempat ini.

  1. Plengkung Gading

Inilah tempat yang banyak dijadikan sebagai tempat shooting film layar lebar. Tempat ini sangat menarik jika anda mendatanginya di pagi maupun sore hari. Karena nantinya sinar matahari akan nampak lebih indah dengan background plengkung gading. Karena merupakan tempat umum, tidak perlu mengeluarkan dana untuk membeli tiket masuk ke sekitarnya.

  1. Taman Pule Jogja

Memiliki hobi untuk berfoto? Maka tempat ini, tidak boleh anda lewatkan. Karena taman pule memiliki banyak nuansa yang siap diabadikan dengan kamera kesayangan. Walaupun memiliki tema-tema unik, harga tiket masuk ke tempat ini cukup murah, yaitu Rp 10.000/orang. Untuk mencapai tempat ini, hanya dibutuhkan waktu 16 menit dari Jalan Malioboro.

  1. Gembira Loka
Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo

Berwisata bersama anak? Nikmati tempat-tempat menarik bersama anak dengan mendatangi kebun binatang. Kebun binatang yang harus didatangi di Jogja adalah Gembira Loka. Jarak yang harus ditempuh hanyalah 4,5KM dari Malioboro. Sedangkan waktu tempuhnya hanyalah 16 menit. Untuk tiket masuknya adalah Rp 15.000/orang.

  1. Monumen Jogja Kembali
Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali

Tempat ini dikenal pula dengan Monjali. Tempat ini merupakan tempat bersejarah yang harus didatangi karena memiliki banyak benda-benda menarik. Tidak hanya itu, terdapat beberapa foto yang dapat menggambarkan keadaan Jogja di masa lalu. Setelah penat, di malam hari monumen ini berubah menjadi taman lampion yang cocok dijadikan sebagai spot berfoto.

  1. Bangunan Kuno Sayidan

Tidak terlalu jauh dari Malioboto, kunjungilah Sayidan dan temukan bangunan unik. Banyak orang yang mengatakannya sebagai bangunan gereja, namun sebenarnya merupakan sebuah rumah kuno. Bangunannya yang mirip kastil, cocok dijadikan tempat berfoto, utamanya untuk tema kerajaan. Namun harap berhati-hati karena disekitarnya terdapat reruntuhan bangunan.

  1. Kantor Gubernur

Anda yang sedang berada di Jogja dan butuhkan spot menarik  untuk berfoto dapat mendatangi tempat ini. Di Kantor Gubernur, pengunjung dapat berfoto di bagian depan kantor. Di sini terdapat lampu-lampu yang indah serta pagar putih yang cukup tinggi. Inilah spot berfoto yang menarik dan dapat diabadikan, untuk kegiatan foto buku tahunan maupun prewedding.

  1. Alun-Alun Utara Jogjakarta

Berwisata ke Jogja, rasanya tidak lengkap jika tidak mendatangi alun-alun di sekitar Jogja. Salah satu alun-alun Jogja yang juga harus didatangi adalah Alun-Alun Utara. Di sini, terdapat dua buah pohon beringin yang memiliki mitos tersendiri. Tidak hanya itu, suasananya yang nyaman cocok untuk melepaskan penat setelah lelah berkeliling dan berlibur di Jogjakarta.

  1. Sindu Kusuma Edupark

Berjalan-jalan selama 20 menit, anda akan tiba di Sindu Kusuma Edupark. Inilah tempat terbaik untuk anda yang ingin menikmati Jogja dari ketinggian. Karena di sini tersedia sebuah bianglala dengan ketinggian 48 meter. Untuk menikmati tempat ini, dapat datang pada pukul 15.00 dan tutup pada pukul 22.00. Jangan lupa untuk berfoto di taman lampu yang tersedia didalamnya.

  1. Kampoeng Cyber

Dapat dikatakan bahwa kampoeng ini merupakan kampung satu-satunya yang menggunakan cyber di Indonesia. Tempat inilah yang memberikan fasilitas pusat akses internet melalui PC. Anda juga dapat mengakses PC tersebut di pos siskamling kampung. Tidak hanya fasilitas tersebut, di sekitar kampung juga tersedia spot menarik untuk mengabadikan momen.

  1. Pusat Kerajinan Perak

Tidak jauh dari Malioboro, destinasi wisata Jogja dekat Malioboro inilah tempat terbaik untuk menikmati kerajinan perak. Di sini pengunjung dapat menikmati berbagai kerajinan yang terbuat dari perak. Tidak hanya itu, pengunjung dapat membelinya dan menjadikannya sebagai oleh-oleh bagi kerabat. Masalah kualitas, tidak perlu dipertanyakan, karena produk-produknya telah menembus pasar ekspor.

  1. Museum Mainan Anak Kolong Tangga

Museum ini terletak di sekitar Taman Pintar dan Pasar Buku Bekas Jogja. Anda dapat menempuhnya dengan berjalan kaki selama beberapa menit. Walaupun tidak besar seperti museum lainnya, di tempat ini terdapat sekitar 400 koleksi mainan dari seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, terdapat perpustakaan museum yang akan membacakan dongeng di sore hari.

  1. Pasar Malam Sekaten

Inilah destinasi liburan yang hanya terjadi dalam satu tahun sekali. Pasar malam ini ada pada saat perayaan Maulid Nabi. Didalamnya terdapat berbagai wahana tradisional hingga makanan-makanan khas. Jika beruntung, saat adanya pasar malam, pengunjung juga dapat menikmati acara gerebeg yang diadakan di sekitar keraton. Setelahnya, barulah nikmati berabagai makanan khas.

  1. Gedung Agung

Berbeda dengan istana kepresiden lain, nama istana ini adalah Gedung Agung. Tidak perlu khawatir kesulitan untuk mendatanginya. Karena anda cukup melaporkan diri ke penjaga pos setelahnya nikmatilah berbagai keindahan bangunan. Salah satunya untuk melihat kantor dan kediaman Ir. Soekarno pada saat pemindahan kekuasaan ke Jogjakarta.

  1. Museum Biologi

Museum biologi adalah tempat yang tepat untuk berwisata sekaligus belajar. Di tempat ini terdapat berbagai koleksi fauna maupun flora yang telah diawetkan. Untuk mendatangi tempat ini, anda dapat datang pada pukul 08.00 hingga 16.00 di hari kerja. Namun khusus untuk hari jumat, pengunjung hanya diperbolehkan datang hingga pukul 15.00.

  1. Museum Affandi

Jika menyukai lukisan, inilah tempat menarik untuk didatangi. Museum Affandi memiliki banyak lukisan indah dengan aliran tertentu. Tidak hanya itu, terdapat lukisan dari beberapa pelukis terkenal dengan berbagai aliran, seperti sketsa, realis dan abstrak. Untuk memasuki tempat ini, anda membutuhkan dana sebesar Rp 25.000/orang sudah termasuk minuman gratis.

  1. Kampung Bule Prawirotaman

Tidak terlalu jauh dari Malioboro, destinasi wisata Jogja dekat Malioboro kampung ini adalah kampung yang berisi para turis. Penduduk lokalnya menggunakan bahasa inggris setiap saat. Hal inilah yang membuat para turis senang dan berlama-lama tinggal di Jogjakarta. Satu hal yang menarik, anda dapat menikmati festival budaya yang akan diadakan dalam satu tahun sekali.

  1. Honje Restaurant
Honje Destinasi Wisata Jogja Dekat Malioboro

Honje Destinasi Wisata Jogja Dekat Malioboro

Mencari tempat makan yang instagramable? Datangilah Honje Restauran. Destinasi wisata Jogja dekat Malioboro ini berada di selatan Tugu Jogja yang buka pada pukul 11.00 di hari Selasa hingga Minggu. Desain restoran ini sangat berbeda, yaitu instagramable dan keren untuk berfoto. Masalah menu makanan tersedia cukup beragam, baik western maupun menu lokal, seperti mie ayam ataupun sop iga.

  1. Puro Pakualaman

Istana yang tersedia di Jogja sebenarnya tidak hanya satu. Karena terdapat Puro Pakualaman yang tersedia di sekitar Malioboro. Walaupun tidak terlalu terkenal, anda dapat menemukan beberapa spot menarik, seperti benda-benda peninggalan keluarga kerajaan, hingga kereta kuno. Untuk tiket masuk, tidak ada patokan, pengunjung dapat memberikannya secara sukarela.

  1. Legend Coffee
Legend Coffee

Legend Coffee

Mencari tempat nongkrong dengan harga murah? inilah tempat terbaiknya, yaitu Legend Coffee. Legend Coffee memiliki menu-menu makanan terjangkau dengan berbagai permainan menarik didalamnya. Café ini bisa didatangi di sekitar Gondokusumen dan buka selama 24 jam nonstop. Jadi, setelah lelah perjalanan, anda dapat melepaskan penat sembari menikmati makan malam.

  1. Stasiun Tugu

Tempat berikutnya yang dapat dijadikan tempat wisata adalah Stasiun Tugu. Stasiun ini merupakan stasiun pemberhentian paling besar di Jogja selain Lempuyangan. Untuk mencapai tempat ini, dibutuhkan waktu perjlanan selama 5 menit dari Malioboro. Tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah berfoto di depan stasiun yang memiliki arsitektur khas zaman Belanda.

  1. Jogja Bay

Bosan berwisata di tempat sejarah, kuliner ataupun lainnya? Cobalah menikmati liburan dengan berenang. Jogja Bay adalah pusat hiburan air terbesar yang tersedia di Jogja. Di tempat ini, tersedia berbagai wahana air yang menarik untuk dimainkan. Tidak hanya itu, tempat ini tergolong lengkap dengan berbagai fasilitas menarik, seperti restoran dan taman bermain.

  1. Museum Ullen Sentalu

Berada 25KM dari Pusat Kota, membuat tempat ini banyak didatangi pengunjung. Di dalamnya terdapat kekayaan kebudayaan jawa non fisik, seperti tarian, sastra dan kebiasaan masyarakat Jawa yang telah terbentuk sejak lama. Di sini, pengunjung akan dibawa mendengarkan berabagai kisah kerajaan Mataram dan keturunannya, jadi cocok untuk anda yang senang dengan sejarah.

  1. Pabrik Bakpia

Berkunjung ke Jogja, akan sangat sayang jika tidak menikmati Bakpia. Bakpia yang tersedia rasanya cukup beragam, seperti keju, nanas, original, hingga durian. Kue ini dapat dijadikan oleh-oleh untuk kerabat, namun harus diperhatikan kadaluwarsanya. Sehingga rasa kue yang dimiliki tidak berubah dan masih nikmat saat dikonsumsi.

  1. Malioboro Mall

Inilah wisata modern yang juga banyak disukai pengunjung di Malioboro. Destinasi wisata Jogja dekat Malioboro ini menyediakan banyak peralatan pelengkap kebutuhan selama berlibur. Selain itu, terdapat beberapa outlet yang menyediakan makanan khas Jogja dengan gaya kekinian. Tentunya menjadi tempat yang cocok untuk anda, berlibur dengan gaya kekinian.

  1. Angkringan Kopi Jos Lik Man
Angkringan Kopi Jos Lik Man Destinasi Wisata Jogja Dekat Malioboro

Angkringan Kopi Jos Lik Man Destinasi Wisata Jogja Dekat Malioboro

Kurang lengkap rasanya jika melakukan perjalanan wisata di Jogja tanpa menikmati Kopi Jos. Salah satu angkringan yang merupakan destinasi wisata Jogja dekat Malioboro yang terkenal di Jogja adalah Angkringan Kopi Jos Lik Man. Di sini, pengunjung dapat menikmati minuman khas kopi arang yang diincar banyak orang. Sebagai pelengkap, Lik Man membuatkankan nasi kucing dengan berbagai pilihan lauk.

  1. Pasar Klitikan Jogja

Tertarik untuk mendapatkan onderdil motor dengan harga murah? Anda dapat mendatangi Pasar Klitikan Jogja. Di tempat ini, pengunjung dapat membeli berbagai onderdil, seperti ban dalam, ban luar hingga rangka motor. Menariknya, harga yang ditawarkan tidak semahal produk-produk di kota lain. Jadi, cocok untuk pengunjung yang ingin mengisi stok untuk usaha.

  1. Bukit Bintang

Berada di daerah Gunung Kidul, atau sekitar 15Km dari pusat kota membuat tempat ini selalu diburu pengunjung. Utamanya pengunjung yang ingin menikmati pemandangan Jogja di malam hari. Pengunjung dapat menikmati pemandangan, sekaligu menikmati makanan dan minuman hangat. Jadi suasana romantis dan hangat semakin lekat, ketika datang bersama kesayangan.

  1. Loku Coffee

Kafe yang berada di sekitar Tugu Jogja ini adalah tempat yang tidak pernah sepi. Semakin malam larut, maka semakin banyak orang yang datang berkunjung. Menu andalannya adalah kopi, sehingga perjalanan Jogja di malam hari dapat dieksplor secara mendalam. Tidak hanya wisatawan lokal, tempat ini juga dihadiri oleh banyak wisatawan internasional.

  1. Transmart Carrefour Manguwo

Tempat wisata lain yang dapat dinikmati adalah mendatangi transmart carrefour manguwo. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati shopping, aneka kuliner serta bioskop. Biaya masuk ke tempat ini gratis. Namun untuk jaminan, pengunjung akan diminta membayar biaya deposit. Saldo deposit minimal adalah Rp 50.000. Sedangkan untuk wahana dibutuhkan Rp 35.000-85.000.

  1. Shopping Center Jogjakarta

Shopping adalah tempat yang selalu didatangi oleh banyak pelajar dan mahasiswa. Di sini, pengunjung akan dipuaskan dengan aneka buku mulai dari yang terbaru hingga yang tertua. Buku-buku diberi harga yang murah plus diberikan bonus beragam. Jika beruntung, buku yang dibeli akan diberikan sampul. Namun ini, tergantung oleh kemurahan hati penjual.

  1. Mie Ayam Grabyas

Jogja memang tidak pernah berhenti untuk memuaskan setiap pelanggannya. Terbukti, bahwa dalam setiap perjalanan akan didapatkan tempat wisata kuliner baru. Salah satunya Mie Ayam Grabyas yang memiliki rasa nikmat dengan harga yang pas di kantong. Tempat wisata ini, tepat dijadikan pilihan, utamanya bagi anda yang nekat berlibur dengan dana tipis.

  1. Pasar Seni Gabusan

Tidak hanya di pasar Beringharjo, tempat lain yang dapat dijadikan tempat wisata adalah Pasar Seni Gabusan. Di dalamnya terdapat barang-barang dengan nilai seni yang tinggi. Di sekitarnya tersedia sekitar 400 pengrajin dengan aneka hasil kerajinannya. Diantaranya, ukiran, bati kayu dan bambu, kerajinan dengan bahan logam dan hasil kerajinan lainnya.

  1. Sate Klathak Pleret

Selain Gudeg, Jogja memiliki makanan khas lain yang harus dinikmati. Makanan yang dimaksud adalah Sate Klathak yang terbuat dari daging kambing muda. Sedangkan untuk tusukannya, dibuat dengan kawat jeruji sepeda, sehingga memiliki rasa yang khas. Makanan ini dapat ditemui di Pleret dan tempat yang terkenal adalah Pak Pong maupun Pak Jam.

  1. Prambanan Temple
Prambanan Temple

Prambanan Temple

Berwisata di Jogja, rasanya kurang tanpa amendatangi Candi Prambanan. Di sinilah anda dapat menikmati candi yang merupakan peninggalan dari ribuan tahun lalu. Dalam waktu-waktu tertentu, pengunjung juga dapat menikmati Ramayana Jazz Festival. Untuk itu, perlu diketahui kapankah acara ini diadakan di Prambanan, jadi waktu liburan dapat disesuaikan.

  1. Candi Boko

Dalam beberapa tahun belakangan, pemerintah Jogja sedang gencar membangun destinasi wisata. Karenanya perawatan Candi Boko dilakukan dengan maksimal, agar pengunjung dapat puas menikmatinya. Salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan pengunjung adalah membuat paket wisata Prambanan dan Candi Boko dalam satu tiket masuk.

  1. Museum Pusat Dirgantara Mandala

Berada dekat dengan bandara, tempat ini harus dikunjungi saat anda liburan dengan anak. Di sini, pengunjung dapat menikmati dan merasakan pengalaman baru tentang pesawat. Anak-anak dapat mengenal pesawat secara lebih mendalam bahkan menyentuhnya secara langsung. Adapun tiket masuk ke tempat ini adalah Rp 3.000/orang. Untuk rombongan, akan diberikan harga khusus.

  1. Upside Down World Jogja
Upside Down World Jogja

Upside Down World Jogja

Tempat lain yang dapat didatangi untuk berlibur adalah Upside Down World Jogja. Destinasi wisata Jogja dekat Malioboro ini terdapat banyak spot menarik untuk berfoto seperti rumah terbalik dan spot lainnya. Namun untuk mendapatkan kesan yang tepat, anda harus mengambil angle yang tepat. Jadi, niat yang diharapkan akan terlaksana dan gambar yang didapat adalah gambar yang terbaik.

  1. Balong Waterpark

Jika sudah lelah untuk berwisata di sekitar Jogja, waktunya merelaksasi diri. Salah satu caranya adalah dengan berenang di Balong Waterpark. Tempat ini cocok didatangi di sore hari, sehingga suasana lebih sejuk. Anda dapat mendatanginya di sekitar Pleret, atau berada sekitar 10 Km dari daerah Malioboro. Jika menggunakan kendaraan, dapat didatangi setelah 27 menit perjalanan.

  1. Museum Sasmitaloka
Museum Sasmitaloka

Museum Sasmitaloka

Berminat mencari tahu lebih tentang Panglima Besar Jenderal Soedirman? Maka Museum Sasmitaloka dapat menjadi tempat tujuan. Di sini terdapat beberapa peninggalan Soedirman, sehingga tepat dijadikan sebagai tempat pembelajaran sejarah. Pengunjung yang berminat mendatanginya, hanya perlu menempuh jarak 2 kilometer dari malioboro.

  1. Museum Perjuangan Jogjakarta

Museum ini terletak di Jalan Kolonel Sugiyono, atau dapat ditempuh selama 13 menit dengan kendaraan. Didalamnya terdapat beberapa peninggalan sejarah serta spot menarik untuk berfoto. Namun disarankan untuk menjaga kebersihan, agar museum tetap lestari. Serta dapat dinikmati oleh pengunjung lain, utamanya untuk para pelajar memahami perjuangan mencapai merdeka.

  1. Stadion Mandala Krida

Destinasi wisata berikutnya yang harus didatangi adalah stadion mandala Krida. Di tempat inilah pengunjung dapat menikmati pertandingan sepakbola dari tim kebanggaan Yogyakarta. Sedangkan jika tidak ada pertandingan, anda dapat berolahraga sejenak untuk melepaskan penat. Jika telah lelah, pengunjung dapat menikmati makanan khas di sekitarnya.

  1. Bentara Budaya Jogjakarta

Tempat ini merupakan tempat yang menyimpan banyak karya seni, diantaranya lukisan, keramik hingga benda antik lainnya. Tempat ini juga dikenal sebagai lembaga kebudayaan yang dimiliki oleh Kompas Gramedia. Di mana pada acara-acara yang diadakan merupakan acara seni, seperti pertunjukan lukisan tradisional maupun kegiatan-kegiatan seni lainnya.

  1. Jogja City Mall

Tempat lain yang harus didatangi saat berada di Jogja adalah Jogja City Mall. Tempat ini juga dikenal sebagai JCM yang memiliki bangunan khas romawi kuno. Di sinilah pengunjunga yang lelah berwisata di luar ruangan kembali menyegarkan diri. Karena didalamnya terdapat hiburan, kuliner hingga kebutuhan fashion pengunjung yang mungkin kekurangan baju selama liburan.

  1. Warung Burjo

Untuk anda yang berwisata dengan dana terbatas, dapat mencoba kuliner khas anak kuliah. Namun untuk mendapatkannya, pastikan bahwa tempat tinggal selama berlibur adalah tempat yang tidak jauh dari kampus. Karena warung burjo atau warung bubur ijo, hanya hadir di tempat-tempat yang dekat dengan kampus maupun kos-kosan mahasiswa.

  1. Mirota Kampus

Masih berbicara tentang pusat perbelanjaan yang tersedia di Jogja, tempat berikutnya adalah Mirota Kampus. Di tempat ini, pengunjung dapat memilih style fashion apa yang dibutuhkan selama liburan. Menariknya, walaupun banyak diburu, pemilik usaha memberikan harga yang murah. sehingga pengunjung tidak pernah bosan untuk datang kembali ke Mirota Kampus.

  1. Bakmi Jawa Shibitsu

Nama dari warung ini mungkin menarik perhatian anda, karena namanya seperti nama Jepang. Namun sesungguhnya, nama ini merupakan panggilan untuk pemiliknya yang tuna wicara. Warung ini telah dibuka sejak lama dan dalam setiap tahunnya selalu memiliki peningkatan pengunjung. Masalah harga, cukup sesuai dengan kantong bagi pengunjung backpacker.

  1. Candi Donotirto

Berbeda dengan candi-candi yang ada di Jogja lainnya, Candi ini berada di pusat kota. Tepatnya dapat ditempuh selama 10 menit dengan berjalan kaki. Pengunjung yang datang akan dipuaskan dengan keindahan candi yang menawan. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik, karena banyak spot-spot menarik yang harus diabadikan bersama orang tersayang.

  1. Monumen Serangan Umum 1 Maret

Monumen ini merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang tentara Indonesia pada Belanda. Pada masa itu, terjadi peperangan TNI berhasil mengalahkan Belanda dan menduduki Jogja selama beberapa jam. Di sinilah, anda dapat mengenang kembali perjuangan dari TNI untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari Belanda.

  1. Oseng-Oseng Bu Endang

Berminat memuaskan diri dengan wisata kuliner Jogja? Cobalah menikmati menu makanan Oseng-Oseng Bu Endang. Menu ini cocok dipilih karena memiliki rasa yang nikmat dengan harga yang murah. Namun untuk mendatangi tempat ini, anda harus mendatanginya di pukul 18.00 hingga 24.00. Sebaiknya datanglah di awal-awal, agar tidak kehabisan makanan.

  1. Museum Nasional Yogya
Jogja National Museum

Jogja National Museum

Tidak banyak orang yang memahami keberadaan tempat ini. Namun, setelah mendatanginya, anda akan merasakan kepuasan mendalam. Karena didalamnya terdapat galeri seni kontemporer, dengan berbagai karya seni yang khas. Untuk mendatangi tempat ini, pengunjung diizinkan hadir sejak pukul 09.00, sedangkan tutupnya adalah pukul 17.00.

  1. Nasi Rames Demangan

Nasi rames demangan adalah menu andalan untuk anda yang merasa cepat lapar. Karena porsi dari warung makan ini cukup besar. Tidak hanya porsi, nasi rames ini memiliki rasa yang nikmat. Tidak heran, jika akhirnya tempat ini selalu memiliki banyak pelanggan. Karenanya, disarankan untuk datang di pagi hari, agar antrian yang dinanti tidak terlalu panjang.

  1. Anak Rimba Adventure

Tidak hanya wisata modern, Jogja juga memberikan wisata alam nan indah. Salah satunya dengan keindahan yang ada di Anak Rimba Adventure. Kegiatan yang dapat dilakukan di tempat ini adalah camping dan menikmati berbagai permainan outdoor. Tidak hanya sendiri, tempat ini cocok dilakukan untuk anda yang ingin camping sebagai acara kantor maupun keluarga.

  1. Soto sampah Kranggan

Jika anda mendengar namanya, mungkin sangat tidak nyaman. Namun setelah melihat bentukannya, pasti akan terpuaskan. Hal yang membedakannya dengan warung soto lainnya adalah pengunjung dapat memilih apa saja yang akan diisikan dalam soto tersebut. Jadi tidak ada alasan untuk membuang makanan yang ada dalam soto tersebut.

  1. Hartono Lifestyle Mall

Tempat perbelanjaan modern lain yang ada di sekitar Jogja adalah Hartono Lifestyle Mall. Tempat ini cocok dijadikan tempat wisata, karena didalamnya terdapat berbagai brand menarik. Brand yang dimaksud tidak hanya berasal dari luar negeri. Karena terdapat brand-brand lokal yang menjadi kebanggaan. Namun harganya, perlu dicari tahu lebih dalam setelahnya.

  1. Tugu Ngejaman

Nama lain tugu ini adalah stadsklok yang terletak di sekitar Malioboro tepatnya Pasar Beringharjo. Di sinilah pengunjung akan dibawa mengingat kembali satu abad pemerintahan Kolonial Belanda dan Inggris yang berkuasa di Jawa, pada abad ke 19. Untuk anda yang tertarik, cobalah mengambil spot berfoto yang tepat. Karena tugu ini kurang perawatan, dibandingkan tugu lainnya.

  1. Warung Klangenan

Warung makan dengan bentuk angkringan akan sangat mudah dijumpai di Jogja. Salah satunya warung klangenan yang telah ada cukup lama dan memiliki banyak pelanggan. Satu alasan yang pasti adalah suasananya yang tenang dan ingin segera kembali. Tidak hanya itu, di sinilah pelanggan dapat membakar nasi dan sate sendiri, dengan pilihan lauk yang beragam.

Banyaknya tempat wisata di Jogja memang tidak tertandingi. Anda yang memiliki keinginan berlibur, sebaiknya siapkan waktu panjang agar dapat menikmati seluruhnya. Namun, adakah tips lain yang dapat dilakukan agar perjalanan lebih menarik?

Tips Liburan di Wisata Jogja Dekat Malioboro

Untuk anda yang berminat mendatangi tempat-tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari Malioboro, dapat mengikuti beberapa tips berikut ini sehingga perjalanan lebih menarik. Inilah tipsnya :

  1. Siapkan Uang Kecil

Anda yang akan berlibur di daerah Jogja disarankan untuk menyiapkan banyak uang kecil. Karena makanan maupun tempat wisatanya tidak membutuhkan bayaran mahal. Jika hanya membawa uang pecahan besar, maka akan sangat menyulitkan. Karena akan kesulitan mencari dana untuk dibayarkan begitu pula dengan dana untuk pengembaliannya.

  1. Cara Penginapan Terbaik

Langkah berikutnya adalah pilihlah penginapan yang tepat. Penginapan yang baik adalah penginapan yang memberikan kenyamanan untuk pelanggannya. Salah satunya dengan fasilitas-fasilitas yang dimilikinya. Dengan fasilitas yang lengkap, pengunjung akan kembali bahkan menjadikannya sebagai tempat persinggahan saat akan berlibur di Jogja.

  1. Sewa Mobil

Perjalanan liburan yang menyenangkan adalah perjalanan yang dilakukan bersama orang tersayang. Untuk melengkapi perjalanan ini, ada baiknya menggunakan mobil untuk mendatangi semua tempat wisata. Jadi, anda tidak akan kerepotan untuk menggunakan kendaraan umum. Tidak perlu khawatir, karena di sekitar Malioboro tersedia penyewaan mobil murah.

  1. Pilih Tempat Liburan

Sebelum menjalankan wisata, ada baiknya anda memilih tempat yang akan didatangi saat berlibur. Dalam hal ini, pilihlah tempat-tempat yang tidak terlalu jauh dahulu. Sehingga perjalanan wisata dapat dilakukan dalam satu hari dengan tempat yang beragam. Setelahnya, barulah lanjutkan perjalanan di hari berikutnya ke tempat-tempat yang cukup jauh.

  1. Waktu Liburan

Perjalanan ke Jogja adalah perjalanan yang menyenangkan karena banyak tempat wisata yang harus didatangi. Karenanya, anda perlu memperhatikan berapa lama waktu perjalanan yang akan dilakukan. Jika memiliki waktu berlibur yang panjang, susunlah rencana yang tepat untuk liburan. Jadi, semua tempat wisata yang ada dapat didatangi tanpa terkecuali.

  1. Makan seperti Orang Lokal

Dalam berlibur, tidak selalu harus menikmati makanan-makanan berharga mahal. Anda dapat menikmati makanan seperti orang lokal, karena harganya murah. Tidak hanya itu, pengunjung dapat menikmati kuliner yang sudah pasti lezat dibandingkan makanan di restoran mahal. Harga murah dan makanan lezat, siapakah diantara pengunjung yang tidak menginginkannya?

  1. Berjalan Kaki

Karena tempat-tempat wisata yang dipilihkan tidak terlalu jauh, disarankan untuk berjalan kaki. Hal ini baik, karena anda dapat bercengkrama dengan penduduk setempat. Namun, pilihan ini tepat untuk pengunjung yang datang sendirian atau memiliki niat untuk menghabiskan waktu liburan lebih lama. Selain itu, berjalan kaki lebih menyehatkan dan mengurangi biaya transport.

  1. Sunscreen

Walaupun tidak berada di pantai, akan sangat baik untuk menyediakan peralatan tambahan, seperti sunscreen. Keberadaannya akan sangat membantu, untuk mencegah kulit terbakar atau terpapar matahari. Utamanya, anda yang akan menghabiskan waktu di luar ruangan dan menikmati berbagai tempat wisata di sekitar Malioboro.

  1. Persiapkan Topi

Satu lagi kebutuhan yang harus disiapkan adalah topi untuk menghalangi sinar matahari. Jika anda tidak membawanya, sebaiknya segera beli di tempat-tempat wisata maupun di Malioboro. Ini penting, agar matahari tidak merusak wajah. Selain itu, topi dapat digunakan untuk menghalangi kepala pengunjung kebasahan karena hujan yang datang.

  1. Pakaian Salin Secukupnya

Hal lain yang harus diperhatikan adalah apakah pakaian yang dibawa sudah mencukupi. Hal ini berkaitan dengan waktu liburan yang dimiliki. Di mana, pakaian yang dibutuhkan untuk salin saat berenang ataupun kegiatan mandi dilakukan. Jika tidak memiliki banyak baju, pengunjung dapat membelinya di Malioboro dan membawanya pulang sebagai kenang-kenangan.

  1. Peralatan Mandi Mini

Jika perjalanan wisata tidak terlalu lama, disarankan untuk tidak membawa peralatan mandi berlebihan. Peralatan yang berlebihan hanya akan membuat tas anda penuh, sehingga tidak banyak peralatan yang dibawa. Karenanya, untuk peralatan mandi, bawalah peralatan yang berukuran mini. Contohnya, shampo sachet, sabun cair dan pasta gigi ukuran kecil.

  1. Menawar Saat Belanja

Saat berbelanja di sekitar Jogja, disarankan untuk melakukan penawaran dengan penjual. Penawaran perlu dilakukan agar mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal. Selain itu, pastikan bahwa anda memilih kualitas barang yang terbaik. Sehingga produk dapat digunakan dalam waktu lama dan dapat dijadikan oleh-oleh bagi kerabat di kota asal.

  1. Oleh-Oleh Makanan Khas

Saat anda memilih makanan khas sebagai oleh-oleh, usahakan untuk mencari tempat yang tepat. Contohnya untuk bakpia, carilah di tempat bakpia pathuk terkenal dan memiliki rasa nikmat. Hal ini penting, agar kualitas yang diberikan pada kerabat adalah kualitas yang terbaik. Jika pemilihan dilakukan secara asal, akan sangat sayang dan merugikan jika akhirnya tidak dapat diberikan.

  1. Gunakan Transportasi Umum

Tips lain yang harus dicoba adalah berlibur menggunakan transportasi umum. Di Jogja tersedia banyak transportasi umum, dimulai dari Trans Yogya hingga ojeg online dan delman. Jika belum pernah menaiki delman, inilah tempat terbaik untuk menikmatinya. Karena anda akan diantarkan ke tempat tujuan dengan delman, yang akan menjadi pengalaman menyenangkan.

  1. Siapkan Kamera Andalan

Setiap berlibur di Jogja, sangat disarankan untuk membawa kamera, baik kamera handphone maupun kamera DSLR. Kamera ini dibutuhkan untuk mengabadikan setiap momen yang ada di Jogja, termasuk spot-spot menarik yang ada. Jika gambar menarik didapat, jangan segan untuk sharing di media sosial, agar semakin banyak orang yang datang ke Jogja.

  1. Cari Tiket Promo

Tips ini harus dilakukan sebelum anda melakukan perjalanan wisata. Di mana, harus melakukan pencarian tiket promo yang sesuai dengan kemampuan. Untuk mendapatkannya, tiket harus dipesan sejak jauh-jauh hari. Atau setidaknya menggunakan promo-promo yang diberikan oleh maskapai. Jadi, pengeluaran untuk tiket keberangkatan, dapat dialokasikan ke post lainnya.

  1. Nikmati Malam di Jogja

Tidak hanya pemandangan di siang hari, Jogja menawarkan pemandangan indah di malam hari. Tempat terbaik untuk mendatanginya adalah bukit bintang. Karena di sanalah pengunjung dapat menikmati pemandangan Jogja dari ketinggian. Selain bukit bintang, datanglah ke titik nol Yogya ataupun taman lampion dan dapatkan berbagi spot menarik di sana.

  1. Datang di Off Season

Liburan yang menarik adalah saat anda tidak terganggu dengan kepadatan orang lain. Karenanya disarankan untuk datang di masa-masa tidak liburan. Karena, pengunjung tidak terlalu ramai dan harga tempat wisata tidak mengalami kenaikan. Jika sedang sepi, tentunya akan lebih memuaskan untuk menikmati semua fasilitas yang ada di tempat wisata.

  1. Sediakan Payung

Indonesia adalah tempat yang selalu mengalami perubahan cuaca dengan cepat. Untuk itu, selama liburan disarankan untuk mempersiapkan payung. Hal ini akan mencegah terjadinya perubahan cuaca mendadak dan liburan menjadi berantakan. Tidak hanya payung, sebaiknya siapkan jas hujan, agar perlindungan lebih maksimal.

  1. Oleh-Oleh Kerajinan Tangan

Berikutnya anda harus mencari tempat oleh-oleh yang menjual kerajinan tangan. Oleh-oleh ini merupakan oleh-oleh otentik dari Jogja. Tidak hanya itu, dana yang dikeluarkan untuk membeli kerajinan ini tidak terlalu mahal. Dengan membeli hasil kerajinan tangan, pengunjung juga telah membantu pengrajin lokal untuk melanjutkan kehidupan dengan hasil kerajinan tangannya.

  1. Hindari Makan di Tempat Wisata

Walupun tempat wisata di Jogja memiliki tiket yang murah, tidak dengan tempat makannya. Tempat makan di tempat wisata, akan sangat mahal. Untuk itu, perlu diperhatikan tempat makan yang harus didatangi. Usahakan untuk memilih tempat makan yang murah, seperti yang ada di sekeliling kampus maupun kos-kosan mahasiswa.

  1. Nikmati Makanan Khas

Saat berkunjung keluar kota, anda harus mencicipi makanan khas kota tersebut. Di Jogja, terdapat makanan-makanan khas, seperti oseng-oseng mercon, gudeg dan makanan lain. Nikmatilah makanan-makanan ini untuk memahami rasa khas dari setiap masakan. Jika cocok, jangan lewatkan dan nikmati kembali dikunjungan berikutnya.

Sudah siap untuk menikmati perjalanan wisata? Siapkan seluruhnya secara detail, sehingga liburan di destinasi wisata Jogja dekat Malioboro dapat berjalan menyenangkan. Jika liburan masih kurang, jangan ragu perpanjang waktu liburan dan nikmati keindahan Jogja lebih lama.



Leave a Reply