Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat




Pantai Nanga Kala

Bima merupakan sebuah daerah otonom yang terletak di Pulau Sumbawa kawasan timur, Nusa Tenggara Barat. Daerah ini pun sedang berkembang untuk menjadi sebuah daerah yang memiliki daya tarik pada sektor pariwisata, salah satunya adalah Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat.


Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat

Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat

Menghabiskan waktu libur merupakan salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk menenangkan pikiran dan melepas penat akibat aktivitas sehari-hari. Apalagi, suasana pantai yang tenang, aman, dan sejuk akan menjadi kepuasan bagi pengunjung Cikasur.

Pantai Nanga Kala merupakan salah satu deretan pantai yang terbentang di Bima Nusa Tenggara Barat. Pantai yang mempesona dan indah hanya dikenal di Pulau Lombok, namun daerah yang berada di ujung Pulau Sumbawa ini menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik yang jarang diketahui oleh pengunjung domestik maupun pengunjung asing.

Lokasi Pantai Nanga Kala


Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat (4)

Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat (4)

Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat (5)

Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat (5)

Secara administratif berlokasi di wilayah Sape, kecamatan Lambu, kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat yang memiliki jarak sekitar 6 KM dari kota Sape. Untuk dapat menuju pantai ini, dapat ditempuh dengan menggunakan Bis dari pusat kota Bima yang memakan waktu selama 45 menit menuju Pelabuhan Sape. Setelahnya, menaiki perahu dari Pelabuhan Sape ke Pantai Nanga kala dengan memakan waktu tempuh selama 30 menit.

Untuk menuju Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat dapat menggunakan beberapa alternatif transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Sudah banyak transportasi umum yang menawarkan jasa mengantar penumpang menuju pelabuhan Sape atau kota Sape yang merupakan kote terdekat untuk menuju pantai Nanga Kala.

Bila berada di ibu kota Nusa Tenggara Barat, yakni kota Lombok dapat menggunakan transportasi umum seperti Bis jurusan Mataram, Bima, dan Dompu yang mudah ditemui di Terminal Bertais yang terletak di kota Mataram. Untuk sampai ke tempat kota Bima ini cukup membayar sekitar 150 ribu rupiah.

Namun, bila ingin segera tiba di kota Bima dengan cepat, dapat menggunakan pesawat yang melayani penerbangan menuju Bandara Sultan Mahmud Salahudin, Bima. Menggunakan layanan penerbangan ini akan dikenakan tarif 300 rupiah sekali penerbangan. Sesampainya di kota Bima, dapat melanjutkan perjalanan ke kota Sape menggunakan Bis kecil, seperti Engkel.

Dari pusat kota Bima menuju Sape memakan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Setibanya, di kota Sape dapat melanjutkan perjalanan ke kecamatan Lambu kurang lebih selama setengah jam.

Keindahan Pantai Nanga Kala

Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat (3)

Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat (3)

Tempat wisata di Bima yang menarik salah satunya adalah keindahan laut sepanjang garis pantai Lambu hingga pantai Nanga Kala menawarkan pesona air pantai yang bersih, tenang, dan terdapat beberapa karang yang masih alami serta kondisi pasir pantai yang bersih bebas dari kotoran dan sampah.

Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat terlihat pantai yang terabaikan dan tertinggal. Dengan alasan ini, menjadikan pantai Nanga Kala tampak sepi dari kunjungan para wisatawan. Akan tetapi, pesona alam yang ditawarkan oleh Pantai Nanga Kala sangat mempesona dan sangat cantik.

Lebih lanjut lagi, kondisi air di pantai Nanga Kala sangat bersih dan jernih sehingga dari permukaan laut dapat melihat beberapa biota laut. Meskipun cenderung memiliki ombak yang cukup kecil membuat bermain di bibir pantai Nanga Kala cukup aman. Akan tetapi, dengan kondisi ombak yang cukup kecil dapat membantu pertumbuhan dan perkembangbiakan terumbu karang di pantai ini.

Di pantai Nanga Kala ini selain dapat menikmati pesona pantai yang jernih dan cantik, dari sisi depan pantai, pengunjung akan dimanjakan oleh kehadiran Pulau Kelapa dan Pulau Komodo. Bahkan, jika pengunjung yang sedang beruntung dapat melihat lumba-lumba di waktu pagi hari.

Pantai Nanga Kala menyajikan pantai khas daerah tropis, yakni pantai dengan air yang bersih dan jernih serta hamparan pasir yang terbentang luas yang mendukung segala aktivitas bermain di pantai, seperti berenang, memancing, berjemur maupun hanya duduk bersantai menikmati pesona dan keindahan pantai Nanga Kala.

Sementara itu, pemandangan matahari terbit maupun saat matahari terbenam saat sore hari akan membias diatas permukaan laut sehingga menghasilkan gradiasi warna jingga kebiruan.

Pantai Nanga Kala yang Terabaikan

Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat tergolong masih sangat alami. Selain itu, kondisi di pantai ini masih sangat sepi dari kunjungan wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Meskipun masih dalam kondisi sepi dari kunjungan wisatawan untuk, namun keindahan dan pesona Pantai Nanga Kala tidak kalah dari pantai lainnya yang terdapat di Bima, Nusa Tenggara Barat.

Tips Liburan di Pantai Nanga Kala

Pantai Nanga Kala di Bima NTB

Pantai Nanga Kala di Bima NTB

Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu destinasi liburan bagi para wisatawan lokal dan wisatawan asing. Banyak hal yang dapat dilakukan saat berlibur di pantai Nanga Kala, diantaranya berenang, bermain pasir, maupun hanya berjemur di pantai.

Beberapa tips yang dapat diaplikasikan saat menghabiskan waktu liburan di pantai Nanga Kala adalah tidak lupa mengaplikasikan sunblock SPF tinggi. Pantai dan panas selalu menjadi hubungan yang tidak dapat terpisah. Waktu yang paling menyenangkan saat berlibur ke pantai ini adalah saat musim panas. Saat musim panas, kondisi matahari di pantai sangat terik, sangat disarankan bagi wisatawan tidak lupa menggunakan sunblock SPF yang tinggi untuk melindungi kulit agar tidak terbakar.

Tips yang kedua saat berlibur di Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat adalah tidak lupa untuk berjemur diatas pasir pantai. Apalagi pantai Nanga Kala memiliki pasir putih yang tampak mempesona dan cantik.

Tips yang ketiga yang tidak boleh ketinggalan adalah mempersiapkan kamera untuk mengabadikan potret keindahan pantai Nanga Kala. Kamera merupakan item yang sangat penting untuk mengabadikan moment keseruan di pantai baik di upwater maupun di underwater.

Tips selajutnya yang perlu diantisipasi adalah membawa pakaian ganti. Berlibur di Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat hal yang tidak lupa untuk dilakukan adalah bermain air atau melakukan aktivitas berenang di pantai. Jadi, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti maupun perlengkapan untuk mandi setelah melakukan aktivitas berenang dipantai ini.

Di antara sekian banyak pilihan objek wisata, ternyata aktivitas berlibur di pantai memiliki keuntungan. Selain efek untuk mengurangi rasa stress dan penat, berlibur di pantai juga akan merasakan efek perasaan yang damai dan tenang saat berada di ruang biru atau pantai. Efek kombinasi bau dan suara air itulah yang membawa perasaan menjadi damai dan tenang. Itulah ulasan mengenai pesona dan keindahan Pantai Nanga Kala Bima Nusa Tenggara Barat yang dapat dikunjungi saat berlibur di Bima Nusa Tenggaa Barat. Meskipun tergolong kota kecil, Bima menyimpan banyak destinasi wisata bahari yang memiliki pesona dan keindahan tidak kalah dari pantai lainnya yang berada di Bima Nusa Tenggara Barat.



Leave a Reply