Menjelajah Pesona Pulau Kelapa di Bima NTB




Pulau Kelapa di Bima

Negeri Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Memang tidak akan habis jika membahas Keindahan Bumi pertiwi. Sebagaimana Pulau kelapa di Bima. Pulau nan Indah yang menjadi salah satu keindahan Nusantara ini ternyata memiliki banyak Keindahan yang mungkin banyak orang belum tahu. Oleh karenannya kali ini kita akan Membahas Keindahan dari Pulau kelapa di Bima.


Letak dan Lokasi Pulau Kelapa

Menjelajah Pesona Pulau Kelapa di Bima

Menjelajah Pesona Pulau Kelapa di Bima

Bima sendiri adalah merupakan kabupaten yang terletak di Nusa Tenggara Barat yang kaya dengan keindahan objek wisata alamnya. Menurut Cikasur tdak hanya pantai, namun banyak sekali pulau – pulau tersembunyi yang mungkin akan membuat kamu ingin terbang ke Bima.

Salah satu objek wisata Alam terbaik di Bima adalah Pulau Kelapa. Pulau Kelapa yang terletak di kawasan Nggelu, tepatnya berlokasi di ujung timur dan berbatasan langsung dengan Wilayah Propinsi Nusa Tenggara Timur. Yang secara administrastif termasuk ke dalam Wilayah Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Yang secara Geografis berada di tengah-tengah Perairan Selat Sape, dimana sebelah timurnya langsung berbatasan dengan Pulau Komodo dan sebelah barat langsung berbatasan dengan Pulau Sumbawa.


Untuk mencapai pulau Kelapa Ini, kita bisa saja menyewa atau mencarter motorboat berukuran tanggung atau yang lebih besar Pelabuhan Sape. Kalian juga bisa melalui Pelabuhan Penyeberangan ferry, atau Pelabuhan Niaga Gusung Bugis. Lama tempuhnya sekitar 2 jam atau bila ingin lebih cepat bisa menggunakan boat double engine (bermesin ganda).

Tempat – Tempat Wisata di Pulau Kelapa Bima

Menjelajah Pesona Pulau Kelapa di Bima (4)

Menjelajah Pesona Pulau Kelapa di Bima (4)

Pulau kepala di Bima ini tentunya menawarkan keindahan yang luar biasa, mulai dari pantai yang bersih, keindahan bawah laut yang memukau. Hingga perbukitan savana nan eksotis, sampai dengan pemandangan Puncak yang akan membuat pandangan mata tak sanggup untuk berkedip.

  • Puncak Bukit dan Hamparan savana

Puncak Pulau Kelapa di Bima, untuk mencapai Puncak Pulau ini dibutuhka waktu trekking sekitar 1 jam, akan tetapi waktu ini bisa jadi lebih lama karena di sepanjang lintasan kita pasti tidak akan rela menyia-nyiakan view yang indah untuk berfoto-foto. Karena hamparan padang dan bukit savana sepanjang perjalanan teramat sangat memanjakan mata sejauh mata memandang. Jalur trekking yang dirasa lumayan melelahkan tidak akan terasa lelah,  Karena akan terbayar impas begitu kita mencapai puncaknya.

Saat kita sampai di puncak Pulau ini, maka kita akan langsung disambut oleh  beberapa para penjaga lampu mercusuar yang ramah. Dan di sini, terdapat beberapa bangunan kecil yang merupakan kantor dan mess bagi para penjaga mercusuar. Ditambah juga bekas kantor lama yang dibangun pada waktu jaman penjajahan Belanda. Bangunan tersebut terbuat dari kayu yang sangat kuat dan masih terawat dengan rapi walaupun tidak lagi digunakan.

Puncak Pulau Kelapa di Bima ini menghadirkan Pesona pemandangan yang luar biasa menakjubkan sejauh mata memanda, terlihat hamparan padang dan perbukitan savana langsung memanjakan pandangan. Laut yang mengelilingi pulau bagaikan hamparan permadani biru. Bila menoleh ke arah timur pandangan akan menjumpai Indahnya Pulau Komodo, ke arah utara  kita bisa memandang Pulau Gilibanta dari Kejauhan, dan tegarnya Pegunungan Lambu di Pulau Sumbawa terlihat jelas jika melihat arah Barat. Sementara ke arah selatan kita bisa langsung memandang kedigdayaan Samudra Indonesia, dan yang paling membuat mata tidak mau berkedip adalah saat menyaksikan indahnya gugusan pulau-pulau kecil di sebelah tenggara. Dan untuk Kalian para Penikmat susana Pantai dan Laut maka Wisata Pulau Kelapa di Bima ini, akan memastikan anda Dibuat bahagia oleh keindahan dan Pesonanya.

  • Pantai Pulau Kelapa
Menjelajah Pesona Pulau Kelapa di Bima (2)

Menjelajah Pesona Pulau Kelapa di Bima (2)

Di Pantai pulau Kelapa Pemandangan Lautnya sangat mempesona, dengan perpaduan air yang jenih dengan bukit – bukit kecil serta pantulan langit yang biru. Dengan di beberapa sisi pantai tempat kita dapat melihat para Nelayan yang tengah menyandarkan perahu mereka, sambil menunggu ikan tertangkap serta arus laut surut.

Dan di kala waktu sore, di saat air laut mulai surut. Maka kita akan melihat pemandangan dimana anak – anak para nelayan berburu teripang.  Disini banyak sekali teripangnya dan kita juga bisa ikut mencari teripang bersama mereka tentunya.

Menjelang Malam, adalah momen yang tak bisa dilewatkan dimana saat memandangi Sunset tepat di pinggiran Pantai Pulau Kelapa, menyaksikan pergantian siang ke malah di hamparan Pasir Pantai di pulau kelapa akan menjadi salah satu momen terbaik.

Selain Puncak gunung dan pantai Pulau kelapa, ada juga beberapa destinasi di Lambu bima yang juga sayang dilewatkan. Yaitu :

  1. Tanjung Meriam

Tanjum Meriam adalah merupakan sebuah tempat di Bima yang disana terdapat susunan batu-batu yang tidak beraturan, dan membentuk sebuah tumpukan yang sangat indah. Tempat ini sangat pas untuk kalian para pencinta arkelogi dan Juga seni keindahan.

  1. Pantai Papa
Menjelajah Pesona Pulau Kelapa di Bima

Menjelajah Pesona Pulau Kelapa Bima

Pantai Papa di Lambu Bima NTB ini menjadi pilihan paling tepat selain Pantai Kelapa, untuk berakhir pekan dan liburan bersama keluarga. pantai Papa ini merupakan pantai yang terbentang luas di pinggi jalan yang menghubungkan Desa Sumi dengan Desa Lambu. Yang panjangnya hingga puluhan kilometer.

  1. Pantai Pink
Pantai Pink Sape Lambu Bima

Pantai Pink Sape Lambu Bima

Selain pantai Papa dan Pantai Kelapa di Lambu juga ada Pantai Pink. Pantai ini terkenal karena Pasirnya yang berwarna pink yang sangat terlihat menggoda, hamparan pasirnya yang bersih dan air laut yang jernih memang menjadi daya tarik tersendiri untuk datang ke pantai pink di Lambu Bima ini.

Itu dia, tempat – tempat wisata di Pulau kelapa di Bima dan sekitarnya. Dan bagi kalian yang ingin kesana atau baru pertama kali, kami akan memberikan beberapa Saran dan Tips

Saran dan Tips berwisata ke Pulau Kepala di Bima

Menjelajah Pesona Pulau Kelapa di Bima (3)

Menjelajah Pesona Pulau Kelapa Bima (3)

Untuk kalian yang ingin tracking ke puncak Pulau Kelapa disarankan adalah di sore hari sekitar jam 16.00, hal itu karena matahari tidak begitu panas dan kita bisa langsung disambut oleh sunset yang indah saat kita sampai ke puncaknya. Dan untuk penginapan direkomendasikan agar menginap di puncak Pulau Kelapa adalah pilihan terbaik, karena keesokan paginya kita jakan dimanjakan oleh indahnya sunrise menjelang pagi.

Pulau Kelapa di Bima ini terbilang masih belum terlalu padat wisatawan, sehingga kita bisa dengan leluasa menikmati keindahannya. Dan selain itu bagi para penikmat senja sangat disarankan untuk membuat menginap ditenda di Pulau kelapa karena pemandangan Sunsetnya sangat luar biasa. Selain itu untuk menuju ke Tempat Pulau Kelapa di Bima dan tempat – tempat sekitar biasanya selalu menggunakan boat jadi siapkan kocek sekitar 300 ribu rupiah dan persiapan minuman karena rata-rata perjalanan menuju pulau sekitar 1 hingga 2 jam.

Nah, itulah artikel pembahasaan Mengenai Pulau kelapa di Bima, Nusa Tenggara Barat. Semoga bermanfaat bagi para kalian yang ingin berlibur ke sana.



Leave a Reply