Bukit Pundu Nence yang Sangat Indah di Balik Eksotisme Kota Bima




Bukit Pundu Nence

Indonesia memiliki banyak pulau dan daerah yang sudah dijaga dengan baik, entah itu oleh pemerintah atau masyarakat sekitarnya. Karena itu banyak juga destinasi wisata dan potensi tempat wisata yang ada di Indonesia yang mungkin belum kamu ketahui. Terdapat daerah wisata seperti Bali, pulau Manjangan, danau Toba, dan lain-lalin. Tetapi masih banyak tempat wisata yang ada di Indonesia yang sangat indah, dan tidak kalah kerennya dengan tempat wisata yang sudah terkenal.  Salah satu Tempat Wisata di Bima Nusa Tenggara Barat itu adalah Bukit Pundu Nence.


Bukit Pundu Nence (2)

Bukit Pundu Nence (2)

Tempat wisata bukit Pundu Nence, memang tidak banyak dikenali oleh kebanyakan orang di Indonesia. Hal ini memang dikarenakan pemerintah setempat yang mungkin kurang memasarkan tempat wisata ini, padahal Bukit Pundu Nence memilki fasilitas yang baik, tempat yang nyaman untuk dikunjungi, dan pemandangan yang indah. Karena itu, bagi kalian yang ingin berwisata tidak ada salahnya untuk mencoba pergi ke bukit punduk nence.

Kota Bima Sebagai Lokasi Pundu Nence

Bukit Pundu Nence di bima ntb

Bukit Pundu Nence di bima ntb


Tempat wisata ini terletak di Lela Mase Kota Bima, dan untuk kamu sampai ke tempat ini, kamu harus melalui 3 jalur, yaitu dari Lela Mase, Nungga Kota Bima, jalur kedua melalui Kabanta, Kota Bima, dan jalur ketiga dari Wawo Kabupaten Bima. Bagi kalian yang tidak mengetahui ataupun tersesat untuk sampai ke Bukit Pundu Nence, kalian dapat menggunakan aplikasi seperti google map atau waze, karena tempat wisata ini sudah terdaftar di aplikasi online tersebut. Sebagai patokan, jika kamu pergi ke Pundu Nence memlallui keluarahan Lelamase, dari pusat kota setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit untuk kalian bisa langsung ke posko pendakian di Lelamase jika menggunakan kendaraan pribadi ataupun ojek. Jika kalian membawa kendaraan pribadi, terdapat biaya parkir yang harus kalian bayar sebesar 10000 rupiah.

Kota Bima sendiri merupakan kota yang cukup Indah dan memiliki infrastruktur yang baik. Sebenarnya kota ini juga dikenal sebagai kota Tepian Air dan merupakan salah satu kota yang memiliki banyak keunikan wisatanya.  Kota Bima dan Pundu Nence sudah melekat namanya satu sama lain, karena kebanyakan wisatawan yang datang datang ke Kota Bima untuk berwisata ke Pundu Nence.

Tinggi dari Pundu Nence sekitar 1050 Mdpl, dan dapat menjadi tempat yang cocok untuk pemanasan sebelum kamu mendaki ke puncak yang lebih tinggi. Meskipun merupakan salah satu tempat pendakian, tempat wisata ini cukup aman untuk dikunjungi anak-anak dan orang dewasa.

Rute Dari Pundu Nence yang Cukup rumit

Bukit Pundu Nence

Bukit Pundu Nence

Jika kalian sudah sampai ke posko pendakian, kalian akan diizinkan untuk mulai berjalan menaiki bukit, menurunin bukit dan naik lagi terus menerus. Sebaiknya jika kalian ingin memulai pendakian, kalian menyiapkan persiapan-persiapan khusus seperti obat-obatan pribadi, minum, dan lain-lain yang kamu butuhkan karena perjalanan mendaki ini memakkan waktu sektiar 6 jam jika kalian berjalan kaki. Memang perjalanan ini cukup memakan waktu, tetapi perjalanan ini tidak akan begitu terasa mengingat saat kalian melewati Bukit Pundu Nence kalian akan melihat 5 bukit, 3 mata air, dan banyak pohon besar yang rindang.

Jika kalian ingin merasakan pengalaman mendaki yang maksimal, kami sangat menyarankan kalian untuk berangkat ke bukit Pundu Nence dari pagi. Hal ini dikarenakan jika siang, kalian tidak bisa merasakan pengalaman mendaki yang menyenangkan, sudah ada matahari sehingga cukup panas cuacanya saata kalian mendaki, dan jika kalian pergi saat pagi hari tentu saja kalian akan lebih tenang untuk merasakan pengalaman pendakian yang lebih tenang karena tidak dikejar waktu. Kebanyakan orang yang datang dari pagi hari akan mendaki dan berdiam hingga sore hari untuk melihat sunset, minum kopi dengan melihat pemandangan awan yang indah, dan melakukan foto selfie. Tidak jarang orang juga meluangkan waktunya hingga malam, karena saat malam hari kalian akan melihat milkway yang sangat indah. Spot Bukit Pundu Nence juga sering ditempati untuk orang-orang yang ingin melihat sunrise.

Tidak diperlukan Izin Khusus Untuk Masuk

Bukit Pundu Nence

Bukit Pundu Nence

Untu kalian masuk ke Bukit Pundu Nence, kalian tentu memerlukan izin untuk bisa melakukan pendakian. Izin ini mudah untuk didapatkan karena kalian hanya perlu menemui ketua RT setempat, dan tidak memerlukan surat izin masuk kawasan konservasi meskipun tempat ini merupakan kakwasan cagar alam. Kalian juga tidak dipungut biaya wajib untuk masuk kawasan konservasi, karena setelah mendapat izin, kamu bisa langsung mendaki.

Kami sangat menyarankan bagi kalian yang sedang dalam kondisi tidak fit, agar tidak melakukan pendakian. Hal ini dikarenakan rutenya yang naik turun, yang cukup memakan energi, selain itu karena udaranya yang cukup terik di awal meskipun kalian datang di pagi hari dikarenakan di rute turunana dan naikan yang awal, pohon-pohon yang rindang sulit ditemui.

Pos-pos yang Terdapat di Pundu Nence

Bukit Pundu Nence bima

Bukit Pundu Nence bima

Baru saat kalian sampai ke Pos Air 1, kalian bisa menemukan sumber air dan pepohonan yang rindang. Terdapat juga tanaman ilalang dan semak yang membuat perjalanan kalian selanjutnya terasa lebih sejuk. Bagi kalian yang haus juga dapat mengisi persediaan air, dengan adnaya sumber air yang bersih dan cukup banyak.. Kemudian jika kalian terus mendaki, kalian akan sampmai k epos air 2, jalur yang tadinya hanya berkisar 1 meter saja, mulai melebar sehingga para pendaki dapat lebih nyaman. Di pos ini kalian dapat meliaht lokasi terbuka dengan banyaknya tanaman hijau yang terlihat mirip dengan lapangan golf.

Dari pos air 2, kalian hanya perlu melanjutkan perjalanan kepuncak  Bukit Pundu Nence. Puncak ke jalur ini, kalian mungkin akan kesulitan untuk mendaki karena jalurnya yang menanjak terus-menerus, karena hal ini banyak wisatawan yang memberi nama jalur ini sebagai bukit penyesalan. Jika kalians udah melewati jalur ini, kalian akan tiba di pucank gunung yang cukup terbuka, dan kalian bisa melihat pemandangan yang leluasa.

Pada sudut barat, kalian bisa meliaht panorama sunset jika kalian di puncak saat waktu senja, dan bisa melihat sunrise di puncak ini jika kalian berada saat pagi hari atau subuh di sudut timur. Pada sudut utara, kalian dapat melihat pemdangangan gunung Sangiang yang kokoh dan megah.

Saat kalian melewati Bukit Pundu Nence terdapat juga kebun edelweiis yang boleh dipetik, tetapi untuk menjaga keindahan dan kelestariannya, kalian sebaiknya harus menahan diri untuk tidak memetik terlalu banyak.

Bagi kalian yang mencari destinasi wisata yang aman dan indah, khususnya  bagi para pendaki pemula, bukit pundu nence dapat menjadi start yang baik untuk kalian memulai. Sebaiknya kalian tidak langsung pergi ke tempat pendakian yang terllau sulit rutenya, hal ini untuk membantu kalian membiasakan diri terlebih dahulu dengan bagaimana cara mendaki. Selain itu, bukit ini juga dapat menjadi spot selfie yang tepat karena pemandangannya yang sangat indah dan unik.



Leave a Reply