Rahasia Kelezatan Lumpia Basah Bandung




Ada sederet kudapan khas Jawa Barat, namun jika harus memilih mana yang paling spesial semua pasti setuju jika menyebut lumpia basah Bandung. Bahkan bukan hanya masyarakat lokal, mereka yang datang dari luar Bandung pun terkesan dengan citarasa unik penganan tradisional yang satu ini.


Jika kita mengenal lumpia kering khas Semarang yang disajikan dengan cara digoreng terlebih dulu, lumpia basah asli Bandung diproses menggunakan kuah kental. Dengan sendirinya sensasi kelezatannya berbeda, bahkan isiannya pun juga berbeda dengan jenis lumpia kering.

Ragam Bahan Lumpia Khas Bandung

Lumpia Basah Bandung

Lumpia Basah Bandung

Rahasia kelezatan aneka makanan tradisional Bandung terletak pada bahan-bahan maupun isiannya yang komplit. Sama halnya dengan lumpia basah, semua menggunakan bahan dan bumbu dengan komposisi yang pas sehingga sulit dicari tandingannya soal rasa.

Salah satunya bahan kulit lumpia yang digunakan, mungkin kita banyak menjumpai resep kulit lumpia di berbagai media. Namun cara buat kulit lumpia yang menggunakan bahan dan teknik khusus menjadi pembeda rasa lumpia basah asli Bandung.


Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lumpia basah Bandung yaitu kulit lumpia, bengkoang cincang, telur, dan tauge. Sementara untuk bumbu lengkapnya ada gula merah, garam, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Khusus untuk gula merah, bumbu ini nantinya dicairkan lalu digunakan sebagai saus perekat antara kulit lumpia dan isiannya.

Untuk membuat lumpia basah, sayuran tauge dan manisan dari bengkoang di-mix menjadi satu adonan. Untuk menambah kelezatannya ditambah telur orak arik yang telah digoreng sebelumnya lalu digulung menggunakan kulit lumpia.

Mengandung Banyak Nutrisi yang Bagus untuk Kesehatan

Karena terbuat dari bahan utama sayur tauge dan buah bengkoang segar sudah barang tentu kudapan ini membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung pada sayuran tauge sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Untuk manfaat yang lain, tauge juga mampu memecah nutrisi menjadi energi.

Soal nutrisi buah bengkoang segar juga tak mau kalah dengan tauge. Sepotong bengkoang kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Kandungan seratnya cukup tinggi sehingga mampu melancarakan pencernaan dan mencegah sembelit.

Telur orak arik pada lumpia basah juga membawa banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Telur kaya akan protein yang baik untuk proses metabolisme, menambah stamina, menjaga imunitas tubuh, dan sangat baik untuk pertumbuhan. Jika lumpia basah diproses secara higienis dan tidak menggunakan bahan pengawet tentu sangat baik dikonsumsi setiap hari.

Lumpia Basah BPK 5

Saatu dari sekian banyak penjual lumpia basah yang ada saat ini, Lumpi Basah BPK 5 salah satu yang paling direkomendasikan. Lokasinya sendiri berada tepat di sebelah SMP BPK (Badan Pendidikan Kristen) 5 Bandung.

Untuk mencicipi lumpia basah spesial di tempat ini disediakan sumpit bambu sebagai alat makan. Disini pembeli juga bisa mencicipi lumpia kering dengan isian lengkap seperti rebung, tumis wortel, daging, dan udang.

Lumpia Basah BPK 5 tidak hanya disukai oleh warga sekitar namun juga diburu oleh pecinta kuliner yang datang dari luar Bandung. Ini membuktikan bahwa lumpia yang dijual disini memiliki kelezatan berbeda dari tempat lain. Lidah memang tidak bisa bohong jika sudah bicara soal rasa.

Bagi Anda yang penasaran dengan rasa mantap lumpia basah Bandung BPK 5, langsung saja meluncur ke Jalan Jenderal Sudirman No. 638, Andir, Bandung. Jangan sampai kehabisan karena tempat ini hanya buka 9 jam. Jam 08.00 sampai jam 17.00.



Leave a Reply