Info Lengkap Seputar Taman Wisata Alam Gunung Puntang




Gunung Puntang merupakan tempat wisata alam yang berada di Bandung Selatan yang menawarkan eksotisme keindahan alam pegunungan di wilayah Bandung. Selain itu tempat ini juga sering dikenal sebagai bumi perkemahan Gunung Puntang. Bandung sebagai kawasan wisata alam memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Banyak sekali  tempat wisata yang bisa Anda datangi seperti Gunung Tangkuban Perahu, Lembang, Maribaya, Ciater dan lain sebagainnya.


Sekarang ini tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dengan suasana yang tenang dan udara yang sejuk menjadi tempat wisata yang populer dan banyak di datangi oleh masyarakat, salah satunya yaitu Gunung Puntang Ciwidey. Bagi para pencinta alam atau para pendaki tempat wisata ini menjadi tempat yang wajib Anda datangi.

Sebelum Cikasur beranjak lebih jauh membahas tempat wisata ini ada baiknya jika Anda mengetahui sejarah Gunung Puntang terlebih dahulu. Lokasi wisata ini berada di  ketinggian 2.223 mdpl ini ternyata pernah dijadikan sebagai suatu tempat penyiaran radio sampai terdengar ke negara Belanda. Pada tahun 1923, daerah ini  juga dibangun sebuah pusat  komunikasi yang ditandai dengan berdirinya sebuah stasiun radio yag pada saat itu dikenal sebagai stasiun penyiaran radio terbesar dan  termegah di  dunia.

Sampai sekarang jika Anda berkunjung ke  daerah  tersebut maka Anda masih bisa melihat bekas sejarah stasiun radio terbesar ini yang masih bisa Anda rasakan keberadaan dan kemegahannya. Namun yang bisa Anda lihat hanya reruntuhan bangunannya yang berada di  tengah rumput-rumput liar dan tanah luas yang dipercaya sebagai bekas pemukiman masyarakat pada saat itu. Selain itu  tepat di  belakang reruntuhan  stasiun  radio terdapat sebuah kolam besar yang bernama  kolam cinta, karena kolam  tersebut berbentuk love.

Beragam Keindahan Wisata Yang Ada di Wisata Gunung Puntang Kota Bandung

Puncak Gunung Puntang

Puncak Gunung Puntang


Pegunungan  yang ada di Bandung ini memang menawarkan banyak keindahan alamnnya. Dibawah ini merupakan beberapa hal yang menarik yang dapat Anda kunjungi dan nikmati saat pergi mengunjungi Gunung Puntang Banjaran yang berada di Bandung.

  1. Goa Belanda

Selain di Dago ternyata objek wisata Goa Belanda juga ada di kawasan alam  pegunungan ini.  Terdapat Goa Belanda yang memiliki panjang mencapai 20 meter. Namun sekarang ini akses untuk pergi ke Goa Belanda sudah di tutup oleh pihak pengelola karena sering terjadi kejadian  banyaknya pengunjung yang tersesat berada di dalam  goa dan banyaknya hal-hal  aneh yang terjadi.

  1. Olahraga Downhill

Bagi anda yang gemar olahraga, mungkin Anda bisa mencoba sensasi  berolahraga di alam  terbuka nan indah ini. Anda  bisa mencoba olahraga downhill yang berada di sini. Namun sebelumnya Anda harus wajib membawa perlengkapan terlebih dahulu seperti sepeda gunung dan alat pengaman untuk menjaga keselamatan Anda.

Wajib sekali untuk Anda menjaga keselamatan sehingga berhati-hatilah karena trek jalan bersepeda gunung yang ada di sini tidak rata dan beralaskan tanah dan bebatua yang memungkin Anda untuk  tergelincir dan jatuh.  Namun Anda pasti tidak akan kecewa karena trek yang di lalui berada di lereng pegunungan dan menembus hutan dengan keindahan alam yang  ada di dalamnya membuat Anda terkagum-kagum melihatnya.

  1. Taman Bougenville

Pegunungan yang satu ini juga menawarkan tempat wisata Taman Bougenville Gunung Puntang yang tentunya akan memanjakan mata Anda dengan melihatnya. Taman Bougenville ini berada di Jalan Gunung Puntang,  Desa Campakamulya, Kecamatan Cimaung Bandung Jawa Barat 40374. Anda berkunjung ke sini Anda juga bisa menikmati fasilitas penginapan yang sangat lengkap dan refresentatif yang tersedia di sini. Anda juga bisa merasakan sensasi berenang di pegunungan dengan keindahan alam yang ada.

  1. Air Terjun

Banyak sekali destinasi air terjun atau curug  yang ada di Bandung  dan  banyak  di kunjungi oleh masyarakat  sekitar maupun masyarakat di luar Bandung.  Ternyata di Gunung Puntang ini juga terdapat air terjun yang tidak kalah indahnya dengan air terjun lainnya. Terdapat 5 curug atau air terjun yang indah dan dengan tingkat ketinggian yang berbeda-beda yang tentunya wajib untuk Anda datangi.

Pertama, terdapat air terjun yang paling sering dikunjungi di sini yaitu curug Siliwangi dengan  tinggi 215 meter. Yang kedua terdapat curug Cikahuripan atau yang sering dikenal  sebagai air terjun simbol cinta dengan ketinggian  mencapai 15 meter. Dua  lokasi air terjun  yang telah disebutkan di atas  merupakan objek wisata  yang dapat Anda kunjungi dengan mudah karena rute dan akses jalannya bagus dan sudah terkelola dengan baik dan  tentunya aman untuk dilewati.

Jika Anda akan mengunjungi Air Terjun Siliwangi Anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari tempat parkiran atau area Bumi Perkemahan Gunung Puntang. Berbeda dengan Air Terjun Kahuripan Anda hanya membutuhkan  waktu tempuh 15 menit saja untuk melihat air terjun ini. Sementara 3 lokasi air terjun yang lainnya yaitu Air Terjun Cisaat, Air Terjun Cigeureuh dan Curug Gentong, ketiga air  terjun ini belum bisa Anda kunjungi, karena belum  terdapat akses jalan yang aman  untuk  dilewati.

Jika Anda memaksakan diri untuk berkunjung ke Air Terjun Cigeureh Anda membutuhkan kurang lebih 2  hari karena akses  jalan yang sulit sehingga menjadi salah satu faktor lamanya waktu perjalanan. Sehingga tidak disarankan untuk mengunjungi Air Terjun  Cigeureuh ini.

  1. Bumi Perkemahan

Sebelumnya telah disebutkan bahwa pegunungan ini juga sering disebut sebagai salah satu area bumi perkemahan yang cukup terkenal di  Bandung. Banyak pengunjung yang datang ke sini hanya untuk  sekedar menikmati malam dengan tidur menyatu dengan alam. Kebanyakan  yang datang untuk camping ini adalah kelompok wisatawan keluarga, pelajar dan kelompok-kelompok pecinta alam.

Bumi perkemahan ini berada di ketinggian 1.300 mdpl, sehingga menjadikannya kawasan camping dengan udara yang sejuk dan terasa dingin pada malam hari. Sehingga pada pagi hari Anda bisa melihat hamparan kabut dengan hijaunya hutan yang menghiasi pagi Anda.

Selain itu daerah pegunungan Bandung yang masih sangat  alami  ini juga terdapat pemandangan alam yang asri dengan suasana  yang masih sepi dan  tenang dari hirup  pikuk kebisingan kota. Anda hanya bisa mendengar indahnya suara burung yang saling  bersahutan. Sehingga tempat ini terkenal sebagai objek wisata untuk melepas  penat  dan untuk Anda yang membutuhkan ketenangan.

Jika Anda tertarik untuk  bercamping di sini untuk menikmati suasana malam di alam  terbuka ada hanya perlu mengeluarkan biaya tambahan yang cukup terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang. Namun harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu. Anda hanya perlu berjaga-jaga apabila harga bertambah  naik.

  1. Pendakian Puncak Gunung Puntang

Hal lain yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini yaitu Pendakian Puncak Gunung  Puntang. Di  tempat wisata yang satu ini Anda dapat melewati  rute pendakian yang dimulai dari area bumi perkemahan menuju ke puncak  gunung  yang sangat menantang dan menarik untuk dilakukan.

Mendaki gunung  merupakan kegiatan outdoor yang sangat menyenangkan,  Anda  bisa mengenal alam dari dekat dan memahami kemampuan diri sendiri. Tentu saja kegiatan ini membutuhkan stamina yang kuat dan fit saat akan mendaki. Untuk Anda yang merasa masih pemula dan bertempat tinggal di sekitaran Bandung, gunung yang satu ini cocok untuk Anda daki  karena tidak terlalu tinggi, namun memiliki pemandangan alam yang indah nan mempesona.

Meski ketinggian puncak gunung tidak terlalu tinggi, Anda tidak boleh menganggapnya remeh. Di sepanjang perjalanan, Anda akan melewati beberapa tanjakan sadis, medan didominasi oleh jalan setapak. Jika anda ingin melakukan pendakian saat musim hujan sebaiknya lebih berhati-hati karena sudah pasti jalur pendakian akan sangat licin.

Sebelum mencapai puncak, Anda akan melewati 4 pos pendakian, yang dimulai dari pos 4, kemudian pos 3, 2 dan 1, terbalik dengan jalur pendakian lainnya. Berhati-hatilah saat mendekati puncak, karena track pendakian di kawasan tersebut sangat curam, jalur diapit oleh jurang di sebelah kanan dan kiri. Serta sering turun kabut yang menghalangi jarak pandang.

Jarak atau panjang  pendakian  yang harus Anda tempuh untuk menaklukan Puncak  Mega Gunung Puntang menghabiskan waktu  selama 4 jam. Sehingga untuk Anda yang berminat melakukan pendakian Anda harus menyiapkan stamina Anda karen pendakian cukup menguras tenaga. Namun selain rasa lelah yang di dapat, saat sampai di puncak  gunung tentunya semua itu tidak akan Anda sesali dengan melihat pemandangannya alam yang Anda lintasi dan yang berada di puncak  gunung.

Sedikit informasi untuk Anda yang akan melakukan  pendakian bawalah bekal dan air minum  yang cukup karena di sepanjang pendakian tidak ada warung makan ataupun sumber air yang bisa Anda minum. Oleh karena itu wajib untuk  Anda memperhatikan barang bawaan Anda seperti makanan dan  minuman yang bisa Anda konsumsi  saat sedang di perjalanan.

Tempat Wisata Lain yang Berada Di Dekat Gunung Puntang

Taman Gunung Puntang

Taman Gunung Puntang

Selain tempat wisata yang telah di sebutkan diatas,  masih terdapat banyak  tempat wisata yang berada di sekitar Gunung Puntang yang dapat Anda kunjungi  bersama teman, keluarga ataupun pasangan Anda. Ada banyak tempat wisata yang direkomendasikan untuk Anda  datangi diataranya yaitu:

  • Situ Cileunca yang merupakan salah satu objek wisata situ atau danau yang ada di pegunungan Bandung yang sering dikenal jembatannya dan tentunya pemandangan alam yang sudah tidak diragukan keindahannya.
  • Tempat ini merupakan daerah pemandian belerang dan air panas yang berada di Bandung yang wajib Anda kunjungi. Khasiat air dari air panas disini tidak berbeda jauh dengan pemandian yang lainnya.
  • Cukul Pangalengan merupakan objek wisata perbukitan dengan lembahnya sangat eksotis yang ada di area perkebunan teh Kota Bandung, Kecamatan Malabar.  Selain itu ada juga Situ Cukul yang dapat Anda kunjungi.
  • Air Terjun Pangalengan. Di Bandung ada banyak sekali air terjun yang dapat Anda kunjungi termasuk Air Terjun Pangalengan ini.

Seputar Tempat Wisata Gunung Puntang Tahun 2018

Pendakian Menuju Gunung Puntang

Pendakian Menuju Gunung Puntang

Objek  wisata alam  yang satu ini merupakan salah satu tujuan liburan  bagi  Anda yang menyukai suasana alam bebas. Banyaknya objek wisata yang ada di Bandung tentunya mengharuskan Anda untuk mengetahui mengenai Info Gunung Puntang 2018 maka sebaiknya simaklah informasi  dibawah ini:

  1. Tiket Masuk

Sebelum Anda berkunjung ke Gunung Puntang ini ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai tiket masuk. Setiap pengunjung yang datang kesini dikenakan biaya tiket sebesar Rp 22.500  per orang, cukup murah bukan? Sementara untuk  tarif parkir Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 2.000 untuk kendaraan  bermotor dan Rp 10.000 untuk mobil  atau bus. Biaya tersebut dapat berubah kapan saja, jadi siapkan uang lebih jika sewaktu-waktu tiket  masuk bertambah naik.

Selain tiket masuk Anda juga harus mengetahui jam buka objek wisata ini. Untuk waktu operasional wahana yang ada di gunung ini adalah 24 jam. Jadi Anda bisa dengan bebas datang kapan saja.

  1. Alamat atau Lokasi

Alamat Lokasi Gunung Puntang ini berada di Desa Mekarjaya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berjarak 36 KM dari tempat wisata Ciwidey dan sekitar 32 KM dari arah kota Bandung itu sendiri. Jika Anda berangkat dari Bandung Utara Anda bisa menempuh jarak sekitar 52 KM. Berbeda jika Anda berangkat  dari arah Bandung Timur, maka  jarak  yang harus  ditempuh yaitu sekitar 33 KM.

Bagi Anda yang akan mengunjungi tempat wisata alam ini Anda jangan khawatir  karena  rute yang tersedia sangat mudah Anda lalui. Lokasi wisata yang cukup strategis menjadikan  Anda mudah menjangkaunya baik  bagi masyarakat yang ada di Bandung maupun di  luar  kota Bandung. Dari  pusat kota Bandung Anda bisa  mengukuti  jalan ke  arah Banjaran, kemudian  setelah sampai Anda  lanjut ke arah Pangalengan.

Sekitar 5 KM dari Pangalengan terdapat plang penunjuk  jalan menuju  arah lokasi wisata, Anda  hanya perlu mengikuti petunjuk plang. Bahkan apabila Anda  akan menggunakan  trasnportasi  umum  Anda  bisa  menggunakan angkot dengan tujuan  Soreang atau Dayeuh Kolot.  Setelah  sampai Anda harus berpindah  dengan menaiki  angkutan lokal yang menujuarah  Cimaung dan  turun  di  bumi perkemahan.  Cukup mudah bukan?

Bila Anda datang dari arah Jakarta, sekeluarnya dari pintu Tol Kopo, ikutilah jalan menuju Soreang terlebih dahulu, sesampainya di Soreang, ikutilah jalan menuju Banjaran. Aksesnya sangat mudah karena di pinggiran jalan raya, Anda bisa menemukan plang-plang penunjuk arah. Sementara bila datang dari arah Garut atau pintu tol Cileunyi, Anda  bisa keluar dari pintu Tol Buah Batu. Kemudian mengikuti jalan menuju Banjaran dan dilanjutkan menuju Pangalengan, sebelum Pangalengan, maka Anda akan menemui sebuah pertigaan, ambilah jalan sebelah kiri untuk sampai di gerbang wisata gunung Puntang yang berada setelah Taman Bougenvile.

  1. Fasilitas Wisata

Fasilitas yang ada di tempat wisata alam Gunung Puntang ini  juga terhitung lengkap. Fasilitas ini disediakan untuk memberikan dan pelayanan yang puas bagi para pengunjung pengelolapun telah  banyak  memangun  fasilitas.  Kawasan populer yang menyediakan  banyak wahana termasuk paket outbound ini wajib Anda datangi. Anda bisa berkunjung dengan teman, keluarga  ataupun pasagan Anda. Adapun fasilitas-fasilitas yang tersedia yaitu:

  • Toilet atau WC Umum  yang wajib sekali ada di manapun kita    Untuk Anda yang akan  buang air kecil, buang air besar atau sekedar mencuci bagian-bagian tubuh tertentu Anda tidak  perlu khawatir karena  terdapat banyak toilet umum yang disediaka di sini.
  • Mushola atau Masjid. Yang bisa Anda gunakan untuk beribadah bagi Anda yang beragama muslim. Anda bisa beribadah tanpa mengkhawatirkan  terhambat jika sedang berlibur di Gunung Puntang Karena telah disediakan  Mushola untuk  Anda melakukan ibadah shalat wajib tanpa  harus  tertinggal.
  • Tempat Parkir Kendaraan. Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi jangan takut kendaraan Anda akan hilang karena di sini terdapat lahan  parkir bebas dan tentunya aman untuk  menyimpan kendaraan Anda.
  • Warung Makan. Makanan merupakan hal penting yang harus selalu ada. Anda tidak perlu repot-repot membawanya dari rumah, karena di tempat wisata ini terdapat banyak  sekali  warung makan  yang menyediakan aneka  makanan dan  minuman  dengan harga terjangkau.
  1. Villa dan Harga Sewa

Bagi Anda yang kemaleman menikmati  wisata di sini jangan khawatir karena di  sini juga  terdapat penginapan. Untuk Anda yangingin menginap dan bermalam di  objekwisata alam  Gunung Puntang ini terdapat villa yang berada di Taman Bougenville. Fasilitas yang disedikan di villa  tersebutpun cukup lengkap, bahkan Anda juga bisa menikmati  fasilitas kolam renang di dalamnya.

Untuk sewa kamar di villa ini Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 250.000 per malam sangat terjangkau bukan? Akan ada penawaran menarik jika Anda mengunjunginya di hari-hari tertentu. Anda juga bisa membookingnya sebelum  Anda datang ke  tempat wisata ini.

Tips Berwisata

Gunung Puntang Bandung

Gunung Puntang Bandung

Meskipun Gunung Puntang ini  tidak  terlalu tinggi namun ternyata jalur yang harus dilalui cukup menantang. Jika Anda berniat untuk  mengunjungi  tempat wisata alam  yang satu ini, untuk menikmati beragam pesona dan keindahan alam kota Bandung ada  baiknya jika Anda memperhatikan  hal-hal dibawah ini:

  • Tenda untuk berteduh dan tidur. Untuk Anda yang akan melakukan Pendakian Gunung Puntang, Andaharus membawa  tenda sendiri karena di  sini  tidak menyediakan  tenda untuk bermalam.
  • Kantong tidur atau sering disebut sebagai sleeping Bag, Alat ini bisa Anda gunakan saat  tidur agar Anda terhindar dari dinginnya malam saatAndamelakukan  pendakian
  • Obat-obatan. Jika Anda memiliki penyakit khusus pastikan Anda membawa obat Anda. Dan untuk persediaan sebaiknya bawa juga obat lainnya.  Jika  sewaktu-waktu terjadi hal yangtidak diinginkan.
  • Peralatan untuk memasak. Hal yang wajibuntuk  Anda bawa selanjutnya yaitu alat  masak untuk  memasak  bahan makanan yang Anda harus bawa juga.  Jangan sampai Anda  kelaparan saat sedang mendaki.
  • Jangan membuang  sampah sembarangan. Untuk menjaga lingkungan tetap nyaman dan  bersih sebaiknya Anda juga harus menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Datanglah pada pagi hari karena cuaca pada  pagi  hari sangat segar terasa khas pegunungan.
  • Datanglah pada hari Senin sampai Jumat jika Anda ingin suasana yang tenang dan nyaman karena biasanya pada hari libur seperti Sabtu  Minggu akan  ramai pengunjung.

Berwisata dengan suasana alam yang sejuk dan  tenang seperti ke Gunung Puntang ini memang sedang ramai dilakukan orang. Bagi Anda yang memiliki pekerjaan dengan keramaian dan merasakan kepenatan akan  hirup pikuk masalah yang di  hadapi sehari-hari tentunya  Anda membutuhkan liburan  untuk merefresh  otak Anda kembali. Sehingga  otak, pikiran dan tubuh Anda  bisa bekerja  kembali dengan baik.

Oleh Karena itu jangan ragu untuk melakukan liburan kemanapun. Baik tua ataupun muda masukanlah liburan ke jadwal yang perlu Anda lakukan karena sebenarnya liburan merupakan salah satu kegiatan untuk menghilangkan stress. Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan libur harap selalu berhati-hati dan pastikan barang bawaan Anda lengkap dan aman. Dan pastikan mengunci rumah Anda dan matikan listrik dan  kompor jika  akan melakukan  perjalanan



2 Comments

  1. arif November 11, 2018
  2. vanisa November 15, 2018

Leave a Reply