Panduan Jalan Jalan Sendirian ke Singapura untuk Pemula




Singapura adalah negara yang ramah bagi wisatawan. Dengan bahasa utama Inggris, Mandarin dan Melayu dan kabarnya di daerah-daerah wisata mereka biasa menggunakan Bahasa Indonesia menambah keberanian saya untuk mengunjungi Singapura sendirian.


Merlion Park Singapura

Merlion Park Singapura

Untuk kalian yang ingin travelling ke Singapura dengan tujuan mengunjungi tempat-tempat wisata sebaiknya persiapkan rencana perjalanan seefisien mungkin mulai dari hari ke 1 sampai kepulangan, pada perjalanan kali ini saya sedikit sekali mengunjungi tempat wisata karena memang itu bukan tujuan utama saya. Saya belum mempunyai ide akan kemana saja saat sudah disana.. karena saya ingin menikmati sebuah perjalanan. Tidak berambisi untuk harus kesini dan kesitu, saya ingin merasakan bagaimana kehidupan orang-orang di negeri singa dari dekat seperti duduk-duduk di kedai kopi lokal, mengunjungi pasar, memperhatikan kebiasaan orang berangkat kerja dengan MRT dan lain sebagainya.

Ada banyak cara untuk menuju Singapura, bisa lewat udara atau menggunakan kapal Ferry dari Batam. Namun perjalanan kali ini saya memilih menggunakan jalur udara dari Surabaya ke Singapura. Untuk kalian yang baru pertamakali ke luar negeri gini alurnya. Sampai di Singapura -> ambil form disembarkasi, diisi lengkap sesuai contoh di tempat ambil form-> antri imigrasi, nanti di stempel dan dikasih kertas kecil yang harus disimpen sampai pulang -> ambil bagasi -> keluar ke terminal kedatangan.

Saya mendarat di Terminal 3 Bandara Changi menjelang siang, baguus banget deh.. adem, wangi.. duh coba di desa q kayak gini pasti betah hahaha…. sebagai negara yang maju, singapura punya banyak pilihan transportasi. Ada MRT, Bus dan Taxi. Grab juga ada sih… umumnya wisatawan disini menggunakan MRT dan bus. Tiket untuk bis dan MRT singapura ini sama, yaitu kartu EZ Link, harga kartu EZ Link ini S$12 dengan saldo $7 dan deposit $5 yang akan dikembalikan bila kita mengembalikan kartunya. Atau bila ingin membeli tiket per perjalanan juga bisa membeli standart ticket. Kartu EZ Link ini berlaku selama 5 tahun.


Cara membeli kartu EZ Link dan Standart Ticket MRT / Bis di Singapura

Kartu EZ link ini dijual di setiap stasiun MRT. Langsung saja menuju ke bagian penjualan tiket MRT yang ada orangnya dan bilang ingin membeli EZ Link. Harganya $12 yaa.. dan bila ingin Top-up saldonya kita harus menggunakan mesin ticketing, minimal top-up $10. Gampang banget kok jelaaas banget petunjuknya. Tiket single trip juga hanya dijual di mesin tiket, tinggal pilih pilihan standart ticket dan pilih stasiun tujuan. Setelah itu keluar berapa biayanya, bayar dengan uang cash dimasukkan ke mesin. Mesin EZ Link ini tidak bisa memberi kembalian lebih dari $4  ya. Jadi kalau uang anda $20 atau $50 tentu saja mesin tidak akan merespond. Pakai uang $5 aja karena biasanya single trip ini biayanya dibawah $2…

Contoh kartu STP

Contoh kartu STP

Ada lagi yang harus kalian ketahui tentang cara bayar MRT dan bis di Singapura ini. Namanya Singapore Tourist Pass. STP adalah tiket pembayaran unlimited untuk bis dan MRT. Jadi kita tidak perlu khawatir saldo habis bila kita sering naik turun transportasi umum di negeri singa.. kartu ini sangat berguna bagi saya yang sering salah arah, bahkan kadang lupa jalan pulang hahaha… harganya $10 1 hari, $16 2 hari dan $20 3 hari. Itu belum termasuk deposit $10 yang nanti akan dikembalikan bila kita mengembalikan kartunya.

Singapore Tourist Pass ini tidak dijual di semua stasiun MRT ya, hanya stasiun tertentu dan biasanya stasiun yang ramai turis pasti jual kok. Daftar stasiun yang jual bisa lihat di http://thesingaporetouristpass.com.sg/where-to-buy/

Cara naik angkutan umum di Singapura

Bus di Singapura

Bus di Singapura

Suasana MRT di Singapura

Suasana MRT

Angkutan umum di Singapura ada MRT, Bis dan Grab. Sebelum naik MRT dan bis di Singapura kita harus punya EZ Link atau STP dulu ya.. untuk Grab bisa download dulu dari Indonesia biar tidak error saat digunakan di Singapura. Naik MRT ini sama seperti naik KRL di Jakarta gitu, saran saya sebelum jalan2 menggunakan MRT kita harus paham arah yang akan dilalui untuk sampai ke tujuan. Gunakan saja gothere.sg karena benar2 bermanfaat. Untuk naik bis di Singapura juga sama saja seperti di transjogja, tap kartu di pintu masuk saat naik bis dan tap lagi di pintu keluar saat turun.. mudah pol.. setiap pemberhentian MRT di stasiun pasti akan diumumkan itu ada di stasiun mana, sementara bila naik bis kita bisa mengetahui itu sampai halte mana di tempat tap kartu yang digunakan untuk keluar, tulisannya kecil banget ada di situ. Bila menggunakan Grab ya standar sih, pesan lewat aplikasi dan chat juga drivernya lewat aplikasi grab.. bayarnya bisa tunai atau ovo.. naik grab ini juga tidak mahal-mahal amat kok.

Cara Internetan di Singapura

Dimana pun kita berada kita pasti ingin selalu terhubung dengan internet bukan? Ada 4 cara untuk internetan di Singapura.

Yang pertama yaitu mengandalkan public wifi di Mall, hotel, kafe dan tempat-tempat umum lainnya. Disini rata-rata setiap tempat menyediakan wifi gratis dan punya kecepatan yang lumayan. Ini adalah cara yang paling bisa menekan budget anda. Kelemahannya yaitu anda tidak bisa searching2 rute perjalanan dan informasi lainnya bila anda sedang tidak berada di dekat ruang publik.

Yang kedua adalah dengan mengaktifkan roaming data internet dari Indonesia. Paket internet untuk singapura disediakan oleh XL, Telkomsel, dll. Harga paket internet biasanya mulai sekitar 150rb untuk kuota 2GB. Bila berniat menggunakan paket data roaming jangan lupa aktifkan mulai dari Indonesia ya.. karena saat sudah di Singapura sim card benar-benar mati sinyalnya kalau tidak didaftarkan roaming.

Yang ketiga adalah menyewa Wifi di Bandara Changi. Di bandara ada persewaan model wifi yang cukup murah, sekitar $25 bisa dibagi untuk 5 orang. Cocok untuk kalian yang bepergian secara berkelompok.

Kartu Internet Singtel Hi Tourist

Kartu Internet Singtel Hi Tourist

Yang terakhir adalah dengan membeli Sim Card Internet di Singapura. Ini adalah cara yang saya rekomendasikan karena sangat praktis. Saya membeli kartu Singtel Hi Tourist seharga $15, kartu internet ini aktif selama 7 hari dan isinya kuota 100Gb, gratis 500 menit nelpon lokal juga gratis nelpon 20 menit Internasional. Kartu ini dijual di Bandara Changi di konter Travelex Currency Exchange Counters dan Changi Recommends Counters. Untuk membeli Sim card Internet di Singapura ini kita tinggal menyerahkan passport dan bilang berapa hari kita akan stay di Singapura.

Aplikasi Pemandu Perjalanan di Singapura

  1. Google maps, ya namanya juga maps pasti membantu kita mencari arah dan tujuan. Tapi lebih dari itu di Singapura google maps terintegrasi dengan transportasi umum, jadi bila kita mau naik MRT, Bis atau mobil sendiri di Singapura maka sudah ada rutenya sendiri. Ikuti saja petunjuk google maps bila kamu mulai bingung hehe…
Menggunakan Gothere.sg

Menggunakan Gothere.sg

Rute dengan Gothere.sg

Rute dengan Gothere.sg

  1. gothere.sg , akses web tersebut untuk mendapatkan informasi akurat mengenai naik apa untuk kemana.. tinggal ketik tempat asal kita dan tujuan mirip google maps. Saya lebih sering menggunakan web ini daripada aplikasi maps karena lebih hemat baterai.. arahnya jelas banget kok termasuk harus jalan kemana dan naik apa. Ada pilihan naik MRT, Bis , mobil pribadi dan taksi.

Penginapan di Singapura ada bermacam-macam. Mulai dari yang murah, biasa hingga mahaaaalll… kalo budget mahasiswa biasanya istilahnya backpackeran ke Singapura. Dengan budget yang tipis kita bisa menginap di hostel, jadi ada beberapa bed dalam satu kamar, biasanya harganya dibawah 600ribu per malamnya. Untuk hotel-hotel yang lumayan harganya ada di kisaran 2-3 jutaan.. Lebih baik pesan hotel tanpa sarapan ya.. karena bila + breakfast harganya beda jauh dan itu Cuma dapet roti. Mending dibuat makan diluar yang kenyaaaang… Untuk yang lagi bingung milih penginapan.. saran saya sih lebih baik menginap di daerah bugis atau orchard karena suasananya lebih nyaman dibanding chinatown atau geylang. Jangan lupa cari yang dekat dengan stasiun MRT atau halte bis juga biar ga susah kalo mau jalan2.

Hotel 81 Bugis termasuk penginapan murah namun cukup bersih

Hotel 81 Bugis termasuk penginapan murah namun cukup bersih

Makanan halal di Singapura

Komplek Pujasera Halal di Singapura

Komplek Pujasera Halal di seberan Vivo City

Subway Fastfood Halal Singapura

Subway Fastfood Halal

Nasi Goreng Singapura

Nasi Goreng

Meskipun tidak seluruh penduduk Singapura adalah Muslim sebenarnya tidak sulit untuk menemukan makanan halal di Singapura. Namun meskipun begitu bukan berarti kita bisa bebas makan apa saja. Untuk keamanan menghindari makanan yang non halal kita bisa makan di restoran melayu dan India. Atau anda bisa lihat di sekeliling, bila ada ibu2 berjilbab yang makan disitu berarti makanan disitu halal hahaha… Nasi goreng, mie goreng dan ayam goreng juga banyak dijumpai di food court disini. Biasanya kelompok makanan halal akan ada di satu bagian tersendiri, jadi berderet2 gitu halal semua.. biasanya ada di bagian paling akhir foodcourt. Selain itu ada fastfood mcd,kfc dan subway yang pasti menjual makanan halal!

Belanja Oleh-oleh khas Singapura

Oleh-oleh Khas Singapura

Toko Oleh-oleh Khas Singapura

Sebagai seorang Indonesia tentu kita selalu ingin membeli oleh-oleh khas dari negara yang kita kunjungi. Di Singapura ada berbagai macam oleh-oleh yang bisa dibeli.. untuk kosmetik ada Lush, Sephora, dll. Untuk jajan ada garret popcorn dan irvins. Ada juga toko Superdry supergedeee di Vivocity yang bikin kalap.. barang-barang diskonan juga ada di Tangs, semacam Matahari nya Singapura gitu.. saya lihat banyak diskonan sepatu Vans dan lain sebagainya disini.. Coklat permen dll bisa dibeli di Mustafa Centre, bubuk kopi terenak di Singapura bisa dibeli di Nylon Coffee.. Beli Iphone atau produk apple lain juga lebih murah disini lhoo… kalo beli oleh-oleh diatas 1,5 juta bisa minta form GST refund ya nanti uang pajaknya dikembalikan pas di Bandara Changi.

Demikian kurang lebih penjelasan yang bisa saya berikan, bila ada yang bingung silahkan ditanyakan saja… Terimakasih sudah membaca, jangan lupa membagikan tulisan ini ke teman-teman anda.. Semoga perjalanan kalian menyenangkan yaaa… Selamat jalan-jalan!



Leave a Reply