Bermalam di Waiwo Dive Resort Raja Ampat




Penerbangan wings air yang akan membawa kami dari sorong ke raja ampat tiba-tiba dibatalkan, ternyata orang-orang papua memang terbiasa dengan pembatalan penerbangan tiba-tiba. Hal itu kerap terjadi karena perubahan cuaca yang ekstrim di Papua. Namun ini justru membawa keberuntungan lain bagi rombongan keluarga Cikasur.. Begitu kapal penyebrangan dari Sorong bersandar di pelabuhan Raja Ampat, saudara saya yang asli papua tiba-tiba teringat bahwa kita juga punya saudara yang ada di Raja Ampat. Pak Yan namanya, kerjanya di Dinas Perhubungan sini.. Karena kantornya dekat dengan pelabuhan maka kami langsung menuju kantor dan mencari beliau, siapa tau sudah tidak bekerja disini kan.. Alhamdulillah kok kebetulan sekali beliau ada di tempat.


Tiket Kapal Sorong Raja Ampat

Tiket Kapal Sorong Raja Ampat

Pelabuhan Raja Ampat

Pelabuhan Raja Ampat

Pak Yan Dishub Raja Ampat

Pak Yan Dishub Raja Ampat

Setelah ngobrol-ngobrol sebentar kami bertanya kalo mau menginap dimana enaknya, karena memang belum booking penginapan dari rumah. Keluarga saya berpikir kalo di Raja Ampat pasti banyak agen-agen travel yang menawarkan paket perjalanan + penginapan.. Lha ternyata disini kita tidak menjumpai toko-toko, gerai atau konter travel-travel yang dimaksud wqwq… Ternyata agen wisata raja ampat itu memang hanya promosi di Internet dan kita bisa menghubunginya lewat telepon bila berminat, kantor travelnya ya di rumah orangnya sendiri. Lha rumah orangnya itu dimana juga mungkin hanya keluarga mereka dan Tuhan Yang Maha Esa yang tahu…


Pak Yan ini kemudian menghubungi seseorang yang akhirnya kami ketahui bernama Pak Becky. Friendship goals banget nih, nelpon bentar langsung dateng temennya.. gak kayak kalian yang bilangnya otw tapi ga dateng-dateng :’) .

Pak Becky bilang bahwa kami dipersilahkan singgah di tempatnya.. Mungkin beliau ini teman dekatnya Pak Yan karena baiik banget dan menganggap kami keluarganya juga. Apa saya yang baper aja ya wqwq.. Karena kami juga tidak tahu mau kemana jadi kami pun iyain aja biar cepet. Tidak lama kemudian mobil APV bertuliskan Waiwo Dive Resort memasuki parkiran, rombongan saya langsung masuk ke mobil dan meninggalkan pelabuhan waisai raja ampat.

Jalan menuju ke penginapan sudah beraspal mulus, meskipun di beberapa bagian juga aspalnya terputus karena longsor dan lain sebagainya. Sekitar 10 menit kami sudah sampai di Waiwo Dive Resort.

Waiwo Dive Resort

Waiwo Dive Resort

Pegawai disini langsung membantu membawakan semua barang dan membawanya ke kamar. Kami menempati 2 kamar yaitu yang berisi 2 orang dan 4 orang.

Suasana di Waiwo benar-benar asri, banyak pohon dan ada banyak kukang yang bergelantungan di pohonnya. Di depan kamar pemandangan yang kita lihat adalah pantai. Waiwo Dive Resort ini memiliki diving center, tempatnya ada di dermaganya. Kita juga bisa melihat ikan dan terumbu karang dari dermaga yang lumayan besar. Saat itu ada beberapa orang yang menginap di waiwo, rombongan saya dan seorang wisatawan asing. Mungkin karena bukan waktu liburan jadi wisatawan yang datang tidak ada. Kata orang papua sih bulan terbaik untuk datang ke Raja Ampat adalah Agustus – Desember karena ombak sedang tenang.

Selamat datang di Waiwo

Selamat datang di Waiwo

Suasana di Waiwo

Suasana di Waiwo

Waiwo Dive Resort ini sangat bersih pantainya, pegawai resort selalu berkeliling setiap saat untuk menyapu pantai lho. Bersih banget pokoknya.. Saat sore juga kita bisa menikmati Free Snack di tempat duduk yang menghadap laut. Ada kopi, teh dan pisang goreng. Untuk makanan kita mendapat 3x sehari seperti di rumah. Karena kalo dapet breakfast aja nanti makan siang dan malam cari dimana lurrr? Mau berburu dan meramu?

Menu makanan juga standart hotel sih, pagi ada roti nasi goreng dan makanan berat lainnya.. Siang ada nasi dan olahan ikan serta sayuran.. Malam ada sop, bakso, ayam goreng dll.. Pokoknya makanannya seperti di hotel pada umumnya.. Dan enakkk.

Pantai di Waiwo

Pantai di Waiwo

Tempat Santai di Waiwo

Tempat Santai di Waiwo

Tempat Makan Waiwo

Tempat Makan Waiwo

Sebelum berangkat ke raja ampat saya sudah browsing-browsing kan.. Jadi infonya listrik di Raja Ampat cuma ada dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi.. Nah ternyata tidak semuanya seperti itu, di waiwo sini listriknya nyala 24 jam kok..

Kamar untuk 2 orang yang saya tempati ukurannya luas dan ber-AC, kamar mandinya sudah ada air hangatnya pula. Ada lemari, water heater, teh, kopi, dll standart hotel biasa… perlengkapan mandi seperti handuk, odol, sikat, sabun dan shampoo juga diberi disini.. jadi cocok untuk saya yang kebetulan suka lupa bawa handuk wqwq… padahal udah disiapin loh.. huft.

Kamar di Waiwo

Kamar di Waiwo

Kamar Waiwo Dive Resort

Kamar Waiwo Dive Resort

Kamar Mandi Penginapan

Kamar Mandi Penginapan

Kamar Mandi Penginapan Raja Ampat

Kamar Mandi Penginapan Raja Ampat

Untuk yang ingin snorkeling bisa sewa google dan snorkel di resepsionis, harganya cuma 160k. Waktu terbaik untuk snorkeling disini itu jam 9 pagi. Buat yang mau diving juga bisa langsung ke dive center di dermaga.. Harganya langsung nego di tempat saja.. Karena per titik diving harganya berbeda. Waiwo hanya mempunyai kapal untuk diving.. Bila kita akan berwisata keliling pulau menuju pianemo atau wayag sebaiknya bilang H-1 karena harus mendatangkan speedboat dari pulau sekitar yang jaraknya lumayan jauh..

Dermaga Waiwo

Dermaga Waiwo

Waiwo Dive Center

Waiwo Dive Center

Waiwo Dive Resort menyediakan paket tour, ada bermacam-macam. Enaknya tour ikut hotel adalah karena keamanan dan pasti pelayanannya bagus. Kita bisa juga memesan paket tour luar hotel kok, nanti minta aja dijemput di Waiwo.. Tapi tidak semua tour raja ampat itu bagus, jadi harap teliti sebelum memesan.. Banyak sekali kasus penipuan tour murah raja ampat.

Saat kami jalan-jalan ke pulau-pulau itu makan siang kami juga dibawakan ke kapal oleh tim dapur waiwo.. Jadi kita bawa bekal gitu di kotak makan dan dinikmati di atas kapal kayak rekreasi biasanya…

Makan siang di Batu Pensil

Makan siang di Batu Pensil

Rata-rata karyawan Waiwo Dive Resort ini adalah orang Kei Maluku.. Ini mungkin karena Pak Becky orang Kei juga. Pelayanan sangat ramah lah orang Maluku ini.. Sangat sopan sampai kami sungkan sendiri.

Oh ya bila kalian para cebong seperti saya pasti sangat suka dengan Waiwo Dive Resort ini.. Pak Jokowi pernah menginap disini dan berfoto di dermaganya. Saya pun baru tahu ini setelah pulang ke Sorong. Saudara saya yang asli Papua dan merupakan anggota partai oposisi pun membangga-banggakan Jokowi ke saya.

Foto di dermaga biar mirip Jokowi

Foto di dermaga biar mirip Jokowi

Kelemahan dari hotel ini cuma dari segi harga yang lumayan mahal menurut rakyat jelata seperti saya, sekitar 2xxxk per malam. Dan banyaak banget semutnya, karena saya suka makan apa aja di kasur kan.. jadi di kasur saya banyak semut kecil-kecil gitu jalan-jalan…

Intinya saya merekomendasikan Waiwo Dive Resort ini ke kalian yang ingin liburan ke Raja Ampat. Liburan nyaman deh pokoknya kalo nginep disini. Jangan lupa minum pil kina juga ya kalo ke Papua buat jaga-jaga hahaha…. Selamat berlibuuur semoga perjalanan kalian menyenangkan!



3 Comments

  1. arif September 6, 2018
  2. Tuty Queen September 8, 2018
  3. Pramudita September 22, 2018

Leave a Reply