Menjelajah Tempat Ngopi Populer di Singapura




Bicara tentang liburan di Singapura bukan hanya tentang Universal Studio, Singa mangap dan hotel dengan infinity pool berupa kapal di atas gedung.. ternyata di Singapura juga ada banyak sekali tempat wisata kuliner yang bisa dikunjungi.. akhir-akhir ini karena sedang nge-tren kopi maka Cikasur akan mengulas beberapa tempat populer untuk ngopi di Singapura. Saya akan membagikan informasi singkat tentang tempat ngopi di Singapura tanpa bermaksud menggurui anda para pecinta kopi.


  1. Heap Seng Leong
Heap Seng Leong Coffee Singapore

Tempat Ngopi di Singapura Heap Seng Leong Coffee Singapore

Warung kopi atau kopitiam ini adalah salah satu yang paling tua di Singapura. Selain menjadi yang tertua, kedai ini juga tidak dirubah bentuknya dari pertama kali buka di tahun 70an. Heap seng leong ini berada di 10 North Bridge Road #01-5109, di bagian North Bridge Rd Market and Food Center yang menghadap apartemen North Bridge. Suasana disini sangat tenang dan ritme hidup orang Singapura yang serba cepat itu tiba-tiba seolah berjalan dengan lambat..

Didepan kedai ini ada tulisan heap seng leong dengan bahasa mandarin. Interior dalam kopitiam ini juga terkesan sederhana, tidak ada AC dan Wifi.. hanya meja bundar dengan kursi plastik. Ada beberapa meja untuk kasir dan tempat bikin makan minum yang terkesan berantakan.. tapi itulan yang membuat saya semakin tertarik mencobanya.

Ada 2 orang tua yang sedang sibuk membuat kopi dan roti dibagian pojok kedai ini dengan sangat tenang dan cenderung dilakukan dengan pelan… Semangat hidup orang Singapura ini memang tinggi banget.. Saya menghampirinya dan membisiki: man robusta? Hehe guyon.. memesan Butter Coffee atau orang lokal menyebutkan Gu you Coffee yang menjadi andalan Heap Seng Leong ini.


Suasana Ngopi di Heap Seng Leong

Suasana Ngopi di Heap Seng Leong

Pak Tua yang memanggang Kaya Toast

Pak Tua yang memanggang Kaya Toast

Proses Pembuatan Gu You Coffee

Proses Pembuatan Gu You Coffee

Saat itu kedai ini sedang sepi, hanya ada saya dan 1 pengunjung yang saya duga adalah penduduk sekitar yang sedang membaca koran sambil menikmati kopi hitam dan sebatang rokok. Tidak lama kemudian kopi saya pun datang. Kopi ini disajikan dalam gelas, dan ternyata ini adalah kopi susu + mentega. Jadi orangnya mengantar kopi susu kemudian balik ke pojokan… buka kulkas ambil mentega dan dicemplungin ke gelas di depan saya…

Kuningnya mentega itu lama-lama mencair dan bercampur dengan hitam kopi.. Rasa dari butter coffee dari heap seng leong ini sangat kuat, kental dan gurih.. lama-lama saya rasakan mirip dengan kopi susu takim gresik wqwq… Segelas kopi gurih ini saya minum pelan-pelan karena saya takut nambah lagi hahaha.. bikin ketagihan!

Sebagai pendamping kopi saya memesan toasted bread, atau disini namanya kaya toast. Kaya toast ini roti yang dipanggang kemudian diberi selai kelapa, srikaya dan mentega. 1 porsi mendapat 2 slice roti.

Lelehan Butter yang menggoda

Lelehan Butter yang menggoda

Selai srikaya dan kelapa ditambah butter

Selai srikaya dan kelapa ditambah butter

Kopi dan Kaya Toast

Kopi dan Kaya Toast

Jangan lupa minum air putih setelah ngopi

Jangan lupa minum air putih setelah ngopi

Kaya toast termasuk makanan khas singapura yang biasa disajikan untuk sarapan, jadi orang sini kalo makan pagi biasanya itu kopi dan roti ini. Rotinya sangat krispi dan rasanya juga gurih. Memang sangat cocok dinikmati pagi hari sebagai pendamping minum kopi.. mungkin kombinasi rasa gurih ini akan merangsang orang untuk lebih produktif. Sok tau emang…

Untuk harganya tergolong sangat murah karena saya hanya membayar $2,3 untuk butter coffee dan kaya toast. Sekitar 23ribuan lah, tergolong murah untuk ukuran Singapura… Keliatan mahal sih kalo dirupiahkan, jadi liat harga dolar singapurnya aja deh hehe…

Ini bangunan foodcenternya lokasi kopi ada di sbelah bagian kanan bangunan ini

Ini bangunan foodcenternya lokasi kopi ada di sbelah bagian kanan bangunan ini

Bila kalian menggunakan MRT buat jalan2 selama di Singapura dan ingin ke Heap Seng Leong caranya sangaaat mudah. Cari MRT ke Lavender dan keluar ke arah Kallang Road. Pokoknya kalo exit MRT itu di V Hotel lavender berarti udah bener. Keluar dari stasiun MRT langsung kita jalan menuju Crawford St, pokoknya noleh kanan aja liat ada jembatan. Kita kudu nyebrang jembatan itu trus belok kanan nanti bakal liat bangunan yang ada tulisannya¬† North Bridge Rd Market and Food Center. Nah Heap Seng Leong ini ada di sebelah kanan food center ini.. gampang kok kalo bingung tanya aja ke orang sekitar situ…

  1. Chye Seng Huat Hardware
Tempat Ngopi di Singapura Chye Seng Huat Hardware

Tempat Ngopi di Singapura Chye Seng Huat Hardware

Suasana depan

Suasana depan

Setelah ngopi di tempat lawas kini saatnya kita geser ke tempat ngopi paling hits di Singapura. Lokasinya ada di 150 Tyrwhitt Rd.. dekat banget dengan stasiun MRT Lavender dan Jalan Besar Stadion.

Saat pertama mendengar Chye Seng Huat Hardware saya ¬†berpikiran.. apaan nih tempat ngopi namanya gini banget wqwq, tempat ini pasti jual bahan bangunan deh.. ato pasti minimal tempatnya banyak pasir2 dan semen gitu di depannya…

CSHH ini memang terletak di deretan ruko-ruko yang menjual alat-alat pertukangan. Dari depan tidak tampak seperti kedai kopi kekinian, bahkan terkesan tidak ada aktivitas apapun dari luar.. hanya ada papan nama dengan tulisan mandarin dan latin yang menambah kesan misterius di luar toko ini.

Tapii… ternyata saya salah besar. Begitu memasuki tempat ngopi di Singapura yang sangat besar ini saya langsung disuguhi antrian panjang didepan kasir.. Konon dan hanya memang konon, disinilah awal mula berkembangnya era specialty coffee di Singapura. Singapura tidak lagi identik dengan kopitiam, para pemuda Singapura mulai sadar bahwa kopi berkualitas tidak disajikan secara asal-asalan. CSHH inilah yang membuat menjamurnya kedai kopi specialty di Singapura.

Chye Seng Huat Hardware

Chye Seng Huat Hardware

Antrian di Chye Seng Huat Hardware

Antrian di Chye Seng Huat Hardware

Kalo bosen antri disediain game juga

Kalo bosen antri disediain game juga

Ada banyak tempat duduk di CSHH ini, ada bagian dalam dan luar.. luas banget deh pokoknya. Tapi saat itu bagian dalam sudah sangat penuh dan banyak yang ngopi sambil berdiri.. bagian luar juga penuh sekali namun masih ada kursi kosong. Saya yang masih mengantri jadi makin tidak sabar untuk merasakan kopinya.

Selain kopi CSHH ini menjual beer, roti dan berbagai makanan berat. Roti-roti yang dijadikan display juga memanjakan mata bangettt.. Kopi yang disajikan pun ada yang manual dan menggunakan mesin. Tidak ketinggalan di etalase juga dipajang beberapa beans andalan mereka dan cold brewnya yang katanya enak. Kurang lebih 30 menit akhirnya saya bisa sampai depan meja kasir. Sebelum memesan saya bertanya kepada mbaknya arah kiblat sebelah mana ya mba? Minuman favorit orang lokal yang mana… setelah dijelasin panjang lebar akhirnya saya memesan Picollo.. jauh menyimpang dari apa yang ditawarkan mbaknya. Saya pengen aja karena namanya aneh wqwq dan tentu butter croissant sebagai pendampingnya.

Menu minuman dan makanan di Chye Seng Huat Hardware

Menu minuman dan makanan di Chye Seng Huat Hardware

Kue sebagai teman ngopi

Kue sebagai teman ngopi

Beberapa biji kopi yang dijual

Beberapa biji kopi yang dijual

Si barista kemudian membuatkan pesanan saya dengan cepat dan saya segera mencari tempat duduk di luar. Rasa dari picollo ini lebih dominan susu daripada kopinya. Cocok banget buat ngopi2 ringan karena disini juga suasananya santay tur instagramable banget lurrrr! Croissantnya rasanya biasa aja, coba kalo di panasin sebentar pasti makin mantappp..

Baristanya sibuk

Baristanya sibuk

Mbak e juga

Mbak e juga

Penting banget jangan lupa minum air putih. Gratis juga nih kalo kesini cuma minum ini juga boleh.. Wong edan bebas!

Penting banget jangan lupa minum air putih. Gratis juga nih kalo kesini cuma minum ini juga boleh.. Wong edan bebas!

Picollo andalangue

Picollo andalangue

Di bagian lain CSHH ini ada roaster yang cukup terkenal di Singapura yang bernama Papa Palteha dan The Annex sebagai penjual berbagai biji kopi hasil roastingannya. Namun saat itu saya tidak berminat membeli biji kopi dari sini karena besoknya saya akan mengunjungi lagi roaster paling edan di Singapura…

Untuk harga masih sangat masuk akal kok, memang lebih mahal dibandingkan ngopi di kopitiam. Tapi dengan mesin2 mahal dan suasana yang menyenangkan rasanya tidak rugi sama sekali.

Cara ke Chye Seng Huat Hardware ini hampir sama dengan cara menuju Heap Seng Leong. Naik MRT dan turun di Lavender. Keluar stasiun MRT langsung aja belok kiri dan jalan luruus notok.. kita bakal melewati Jalan Besar Stadium.. terus lurus aja notok belok kanan. Nah nanti CSHH ini ada di sebelah kanan kalian. Pintu masuknya ada di bagian samping toko…

  1. Nylon Coffee Roasters
Tempat Ngopi di Singapura Nylon Coffee Roaster

Tempat Ngopi di Singapura Nylon Coffee Roaster

Tampak depan Nylon Coffee Roasters

Tampak depan Nylon Coffee Roasters

Sebenarnya Nylon inilah salah satu alasan mengapa saya memilih mengunjungi Singapura. Saya ingin membeli beberapa biji kopi yang ada di website mereka dan melihat langsung bagaimana sih suasana roaster kopi terbaik di Singapura ini.

Nylon Coffee Roasters ada di ruko-ruko Everton Park lengkapnya di 4 Everton Park #01-40. Tempatnya sangaat kecil dan tidak ada kursi di dalam. Hanya ada bangku di luar dan meja di dalam, kalo mau ngopi di dalam harus sambil berdiri… memang sih karena Nylon ini sebenarnya Cuma roaster dan yang paling laku memang biji-biji kopinya. Mungkin dari mulut ke mulut nylon ini makin mendunia dan sekarang rame juga yang ngopi di tempat.

Suasana roaster ini benar-benar nyaman untuk konsultasi seputar kopi, terasa bau kopi begitu masuk ke dalam Nylon ini… ada 2 grinder besar dan 1 mesin espresso yang menyambut kedatangan saya sore itu, dari dalam juga nampak mengintip mesin roasting yang entah apa merknya. Ingin melihat kedalam namun sungkan karena saat itu sudah sore dan tampilan saya lebih mirip penjahat daripada turis karena lelah berkelana seharian.. saat itu ada beberapa orang yang tanya2 seputar kopi dan saya nyimak saja karena agak roaming juga denger singlish (singapore english) mereka.. intinya pembicaraan mereka itu pokoknya Mbak Jia Kopi Buatanmu Memang Numero Uno. Ok thanks!

Nylon Coffee Roaster full team

Nylon Coffee Roaster full team

Yang tengah mbak Jia

Yang tengah mbak Jia

Daftar Harga Kopi

Daftar Harga Kopi

Tidak seperti kafe lainnya, Nylon Coffee Roasters ini hanya menjual kopi. Tidak ada kue dan lain sebagainya. Olahan kopi yang dimaksud ada kopi hitam, kopi susu dan es kopi. Untuk kopi yang digunakan tergantung saat itu ada stok kopi apa. Btw saya termasuk beruntung saat itu karena yang melayani langsung sang pemilik Nylon.. kabarnya mbak Jia salah satu owner Nylon ini hobinya berkeliling dunia untuk mencari biji kopi terbaik yang kemudian bakal di roasting di Nylon. Emang sih macem-macem banget kopi disini, bener2 bermacam2 gitu deh jadi bakal kalap beli2 semuanya kalo ga inget saya ga punya duit buat bayarnya wqwq…

Seperti biasa kopinya bisa diseduh manual atau menggunakan mesin, saya pesan white coffee 5oz.. saat tanya kopi mana yang digunakan saya disuruh liat depan mejanya.. lha di depan meja ada 2 kopi.. tapi sebenernya tanya gt juga basa basi aja, q kan ga ngurus uwuwuwuwuwuw…

Di Nylon ini meski sama2 pake susu tapi rasa kopinya lebih kuat daripada di CSHH. Mungkin susunya lebih dikit disini karena roastingan Nylon ini pasti light sama seperti kafe2 model beginian di Indonesia.

Pilihan Kopi yang digunakan

Pilihan Kopi yang digunakan

White Coffee

White Coffee

Setelah kopi habis baru saya mencari tahu apakah biji kopi yang saya inginkan masih tersedia. Ternyata saya sedang tidak berjodoh dengan biji kopi idaman saya… sudah sold out.. dan mbak Jia belum sempat update websitenya. Hutf.. tiwasss adoh22… wqwq. Tapi mungkin ini adalah tanda bahwa saya harus kesini lagi suatu saat nanti.. ya gitu aja biar keliatan mwantab.

Cara menuju Nylon Coffee Roasters ini juga sangat mudah karena lumayan dekat dengan MRT. Stasiun MRT paling dekat dengan Nylon ini adalah Outram Park. Keluar exit cantonmen police complex. Begitu keluar stasiun langsung belok kanan ke Cantonmen Rd dan luuruuus aja nanti ada lampu merah kita nyebrang terus lurus aja nanti di sebelah kanan ada bangunan yang namanya Everton Park. Lha Nylon Coffee Roasters ini ada di bagian belakang.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat ngopi di Singapura yang ingin saya kunjungi.. namun karena keterbatasan waktu saya hanya bisa mencoba 3 tempat ngopi paling populer di Singapura itu. Untuk kalian yang ingin wisata kopi di Singapura jangan lupa kunjungi juga Killiney Kopitiam di daerah Orchard, kopitiam legendaris yang sudah menjamur franchisenya ini berpusat disini.. kemudian ada juga YY Kafei Dian di daerah bugis atau tepatnya di 37 Beach Rd.. hanya selemparan batu dari penginapan saya di hari terakhir di Singapura tapi belum sempat saya kunjungi. YY Kafei Dian katanya juga kopitiam yang sangat ramai.. selain jual kopi dan kaya toast disini juga ada telur setengah matang. Half boiled egg ya bahasa Inggrisnya wqwq… telurnya sangat unik karena pake telur ayam kota, karena di Singapur udah ga ada kampung.. hehe karepmuw.

Masih di daerah bugis juga ada The Cat Cafe. Nah ini yang bikin penasaran karena udah saya cari-cari tapi belum juga nemu. Asik sekali kayaknya ngopi sambil ngeliatin kucing wqwq. Karena kalo ngopi sambil liat senja itu rawan lali maghrib an e luur

Okee sekian dulu cerita saya tentang ngopi-ngopi ganteng di Singapura. Semoga dengan tulisan ini kalian yang memang manusia Indie pecinta kopi tidak kehilangan arah saat ingin mencoba kopi-kopi lokal di Singapura. Bila bermanfaat mohon bagikan ke teman-teman terdekat kalian.. dan kalo ada pertanyaan silahkan komenn yaa…



5 Comments

  1. Pramudita Rah Mukti July 20, 2018
    • cikasur July 21, 2018
  2. Lianawati (@lianawati1793) August 21, 2018
    • cikasur August 22, 2018
  3. Riza Firli September 21, 2018

Leave a Reply