Pentingnya Gambar dan Foto dalam Konten Blog




Menjadi seorang travel blogger bukanlah sebuah hal yang semudah anda bayangkan. Ini melibatkan banyak hal yang harus dipelajari, mulai dari pemilihan kata kunci, target pembaca, isi tulisan hingga hal yang paling penting.. Gambar dalam konten.


Gambar adalah salah satu komponen yang paling penting bila anda adalah seorang blogger, terutama Travel Blogger seperti Cikasur. Untuk bisa menempati halaman satu dalam mesin pencarian google tentu saya harus bersaing dengan banyak blog hebat yang memuat gambar dan foto yang bagus pula. Bila anda amati di halaman satu situs pencarian, semua blog pasti memuat banyak gambar-gambar bagus dalam setiap tulisannya. Gambar dan foto ini adalah sebuah alat yang terbukti ampuh untuk menarik minat pembaca agar tidak bosan dengan tulisan.

Pentingnya Gambar dan Foto

Pentingnya Gambar dan Foto

Selain itu dengan gambar kita bisa menyampaikan isi dari konten dengan mudah, gambar bisa ikut berbicara dan bercerita mempertegas apa yang hendak kita sampaikan ke pembaca. Dengan foto yang mewakili isi dari tulisan maka pembaca akan lebih mudah memahami apa yang akan kita sampaikan.

Gambar dan foto adalah hal yang paling mudah diingat oleh pembaca selain kualitas tulisan.. Lagi-lagi untuk Travel Blogger seperti saya, mungkin beberapa materi konten yang ditulis hampir sama dengan blog lain.. tapi dengan foto dan gambar yang menarik maka blog saya lebih ramai dibandingkan dengan yang lainnya. Pembaca pasti akan kembali ke blog kita bila kita selalu menyuguhkan gambar dan foto terbaik dalam setiap konten yang ditulis. Kualitas gambar terbaik tentu hanya dimiliki oleh situs dengan kualitas baik juga kan? Dengan gambar yang bagus juga pembaca akan tertarik untuk membagikan blog kita ke orang-orang terdekatnya.


Dengan menggunakan gambar yang pas pula kita bisa mengubah mood pembaca… Mood pembaca bisa berubah bila kita meletakkan gambar yang cocok di awal artikel. Dari yang awalnya tidak tertarik dengan judulnya menjadi penasaran..

Spot foto ranu manduro yang instagramable

gambar yang menarik bisa mempengaruhi mood pembaca

Setelah mengetahui betapa pentingnya gambar dalam sebuah konten pasti sekarang anda mulai bertanya-tanya. Bagaimana cara menemukan gambar yang pas untuk konten? Bila anda memiliki gambar sendiri tentu tidak usah bingung, tapi bagaimana bila foto anda kualitasnya jelek, atau bahkan anda tidak punya foto tentang apa yang hendak anda tulis… Ini adalah masalah umum yang dihadapi semua blogger terutama yang mengulas tentang pariwisata seperti saya. Saya punya solusi untuk kegalauan anda akan foto, semoga ini akan mempermudah anda bila nanti membutuhkan gambar untuk menerbitkan artikel selanjutnya.

Pengalaman saya menggunakan beberapa penyedia foto berbayar menyimpulkan bahwa Shutterstock adalah yang paling lengkap. Puluhan ribu foto ditambahkan setiap harinya, bukan hanya foto namun juga ilustrasi dan vector.. Wow! Dengan adanya situs seperti ini sangat memudahkan para blogger pemula yang menginginkan gambar yang menarik di kontennya namun tidak mampu menyewa fotografer sendiri.

Sangat saya sarankan untuk membeli lisensi lewat Jasa Shutterstock karena tidak perlu kartu kredit dan supportnya berbahasa Indonesia.. ini menjadi lebih praktis dan tentu saja terpercaya karena AgenShutterStock.com adalah bagian dari IDCopy yang merupakan penyedia konten terkenal. Setelah itu anda bisa menggunakan gambar dari Shutterstock dan mengubah ukurannya sesuai dengan blog anda, biasanya saya resize dengan ukuran 700px agar tidak memakan banyak bandwith.

Demikian hal yang bisa saya bagikan tentang pentingnya gambar dan foto dalam konten blog.. semoga saya dan para pembaca sekalian bisa makin aktif menulis setelah mengetahui situs penyedia gambar yang menabjubkan ini..



One Response

  1. Matius Teguh Nugroho June 21, 2018

Leave a Reply