Ranu Manduro Wisata Baru di Lereng Gunung Penanggungan




Ranu Manduro adalah Destinasi Wisata Baru di Lereng Gunung Penanggungan Mojokerto

Ranu manduro merupakan salah satu bekas galian C yang kemudian bertransformasi menjadi danau buatan yang sangat indah karena terisi oleh air hujan. Ranu ini berada di lereng gunung penanggungan. Ranu manduro merupakan tambang pasir dan kapur yang sudah tidak aktif lagi. Curah hujan yang tinggi di daerah Mojokerto membuat semua bekas tambang terisi oleh air. Namun masih nampak di sekitar ranu manduro bukit-bukit kapur yang masih tersisa.


Bukit Kapur di Sekitar Ranu Manduro

Bukit Kapur di Sekitar Ranu

Wisata ranu manduro ngoro mojokerto ini memang baru diketahui oleh masyarakat luar akhir-akhir ini karena ada salah satu akun instagram yang memposting foto pemandangan yang sangat menabjubkan dengan background gunung penanggungan. Warga net pun akhirnya penasaran dan kemudian Viral lah Ranu Manduro ini.

Cara Menuju Ranu Manduro

Ranu manduro terletak di Desa Manduro Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Rute menuju tempat ini cukup mudah karena sudah ada di Google Maps. Agar tidak salah arah anda cukup menuju ke Desa Manduro dan mencari Balai Desa Manduro. Masuk ke gang balai desa manduro, ciri-cirinya yaitu ada gapura berwarna biru di sebelah Alfamart. Atau kalau masih belum paham juga coba pakai GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) alias tanya-tanya aja sama warga lokal hehe…

Spot foto ranu manduro yang instagramable

Spot foto yang instagramable


Menyaksikan gunung penanggungan dari tempat wisata manduro

Menyaksikan gunung penanggungan dari tempat wisata manduro

Ada banyak bekas galian C yang terisi air namun mempunyai pemandangan yang berbeda-beda. Pemandangan paling bagus ada di Galian C yang ada di gang balai desa manduro. Penamaan ranu ini juga masih sangat kontroversial di kalangan netizen, karena ini bukan danau alami melainkan danau yang terbentuk karena proses pengerukan yang dilakukan manusia.

Untuk dapat menikmati wisata ranu manduro anda tidak dipungut biaya sama sekali. Namun saya sarankan anda memberi uang parkir kepada warga yang menjaga motor anda sebagai bentuk terimakasih. Anda bisa berfoto-foto dan menikmati view yang sangat indah dari ranu manduro ini. Saya tidak merekomendasikan anda untuk berenang di ranu manduro mojokerto untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain berfoto-foto anda juga bisa mancing disini.

Keindahan Pemandangan Ranu Manduro

Keindahan Pemandangan Ranu Manduro

Pagi hari adalah waktu yang Cikasur sarankan untuk mengunjungi tempat ini. Karena bila siang hari matahari akan menyengat langsung kulit kita, ditambah disini tidak ada tempat untuk berteduh.

Tempat ini belum dikelola dengan serius untuk dijadikan tempat wisata oleh warga sekitar. Saya berharap dengan viralnya ranu manduro ngoro ini menjadikan warga sekitar menyadari bahwa ada potensi wisata alam yang bisa mereka kembangkan. Tempat wisata baru ini saya harapkan turut meningkatkan ekonomi warga sekitar. Selain itu karena tempat wisata ini masih perawan, kita sebagai wisatawan dan pecinta alam harus menjaga tempat ini. Jangan buang sampah sembarangan dan ikuti aturan yang dibuat pengelola. Hormati penduduk sekitar karena disini kita adalah tamu.

Sumber foto dan informasi selengkapnya bisa hubungi Mojokerto Jalan jalan




8 Comments

  1. Rudi Chandra Sambas May 26, 2018
  2. lianny hendrawati May 26, 2018
  3. Suri June 1, 2018
  4. Anggara W. Prasetya June 7, 2018
  5. Himawan Sant June 8, 2018
  6. Ella June 9, 2018
  7. yosefpedia June 16, 2018
  8. evrinasp July 7, 2018

Leave a Reply