Rahasia Cara Membuat Kopi Enak dengan Vietnam Drip




Vietnam drip adalah alat seduh kopi yang paling sering digunakan dalam membuat Kopi hitam maupun kopi susu. Kegunaan Vietnam drip ini juga sangat simple, hanya digunakan untuk menyaring kopi agar tidak ada ampas didalam gelas. Vietnam drip terdiri dari 3 bagian, ada saringan bawah, tempat kopi dan tampernya, serta penutup. Cara menggunakan Vietnam Drip yaitu taruh saringan bawah di atas gelas, letakkan wadah kopi diatas saringan bawah, isi kopinya, lalu tutup dengan tamper..


Vietnam Drip

Vietnam Drip menjadi alat wajib yang ada di Warung Kopi maupun cafe.

Tamper ini digunakan agar kopi terkena tekanan air panas dari atas, hingga bisa meneteskan air kopinya lebih cepat. Bentuk tamper ada 2 jenis yaitu yang menggunakan sekrup dan yang menutup biasa.

Banyak orang yang gagal saat menggunakan Vietnam drip. Kopinya tidak mau turun. Ini karena kalian menggiling biji kopi terlalu halus. Tidak seperti espresso, dalam metode ini biji kopi cukup digiling kasar. Agar lebih nikmat biasanya saya menambahkan susu kental manis dalam gelas yang akan digunakan untuk menyeduh kopi dengan metode ini.

Saat ini vietnam drip merupakan alat standar untuk para pecinta kopi, selain karena harganya murah Vietnam drip disukai karena saat ngopi akan jadi Instagramable dan bisa digunakan untuk berfoto ala-ala…


BACA JUGA

Sejarah Kopi Vietnam Drip

Kabupaten Takengon, Aceh sebagai salah satu penghasil Kopi terbesar di Indonesia ternyata bukan satu-satunya penguasa pasar Kopi di Dunia. Meskipun masih kalah dengan Indonesia Vietnam ternyata mempunyai daerah penghasil Kopi yang cukup besar di Kota Buon Ma Tuot.

Penyebaran Agama Kristen di Vietnam lah yang mengawali bibit-bibit kopi masuk ke Vietnam. Dalam beberapa buku disebutkan bahwa Pastur asal Prancis membawa tumbuhan kopi masuk ke Vietnam pada tahun 1857. Kopi di Vietnam ini rata-rata berjenis Arabika dan ditanam di dataran tinggi. Kota Buon Ma Tuot sampai sekarang masih menjadi daerah khusus yang memproduksi Kopi terbaik di Vietnam.

Pastur-pastur yang membawa bibit kopi ke Vietnam ini ternyata juga membawa alat seduhnya sendiri. Alat inilah yang kemudian dikenal sebagai Vietnam Drip. Dalam bahasa lokal vietnam, disini kopi disebut sebagai “cà phê sữa nóng” yang mempunyai arti air kopi coklat gelap dengan susu.

Berdasarkan arti dalam bahasa Vietnam itu diketahui bahwa dahulu sebenarnya Kopi disana biasanya ditambah dengan susu segar, bukan susu kental manis seperti sekarang. Kenapa sekarang berubah menggunakan susu kental manis? Ternyata pada suatu saat terjadi kesulitan dalam memperoleh susu segar di Vietnam. Budaya ngopi harus terus berjalan, akhirnya mereka menggunakan susu kental manis yang lebih mudah didapat dan bisa tahan lebih lama.

Sekarang vietnam drip digunakan untuk membuat berbagai jenis minuman. Kopi susu kekinian biasanya juga menggunakan alat ini karena praktis dan tidak memerlukan listrik. Lebih hemat!

Cara Membuat Kopi dengan Vietnam Drip

Membuat Kopi dengan Vietnam Drip

Membuat Kopi dengan Vietnam Drip di Kedai Simple. Kedai ini menyediakan berbagai macam biji kopi yang siap diseduh dengan berbagai metode.

Saya akan membagikan bagaimana cara membuat vietnam drip yang mantab menurut Cikasur. Dalam dunia per-kopian tidak ada rasa kopi buatan sendiri yang tidak enak. Yang ada hanya enak dan enak sekali. Lidah orang memang berbeda-beda dan mempunyai standarnya sendiri-sendiri.

Alat dan Bahan membuat Kopi Vietnam Drip

  • Biji Kopi 12-15gr
  • Grinder
  • Dripper (Alat Drip / Vietnam Drip)
  • Gelas
  • Susu Kental Manis
  • Air Panas (90 derajat Celcius)

Langkah-langkah membuat Vietnam Drip

  1. Siapkan gelas yang digunakan untuk menyajikan kopi, isi dengan susu kental manis sesuai dengan selera
  2. Giling biji kopi sampai agak kasar, jangan terlalu halus agar air bisa turun dengan lancar. Diperlukan beberapa kali latihan agar bisa menggiling dengan pas agar menghasilkan rasa kopi sesuai dengan keinginan kita.
  3. Masukkan bubuk kopi ke dripper. Tutup dengan tampernya. Tidak usah ditekan, biarkan ada sedikit jarak
  4. Tuang air perlahan-lahan kedalam dripper hingga penuh. Air akan berubah warna sedikit krim, itu menandakan kopinya masih fresh hingga muncul kremanya…
  5. Tunggu hingga kopi menetes memenuhi gelas.
  6. Bila kecepatan menetes terlalu cepat berarti tingkat gilingan masih terlalu kasar, bila terlalu lama maka bubuk kopinya terlalu halus. Waktu normal menetes antara 7-10 menit.
  7. Sisihkan dripper. Aduk kopi agar bercampur dengan susu.
  8. Kopi vietnam mahakarya kalian siap disajikan!

Saya sendiri selalu mencatat berapa gram kopi, bagaimana tingkat gilingannya, takaran susu kental manisnya dan berapa suhu air yang saya gunakan saat membuat kopi susu dengan vietnam drip ini. Hasil dari beberapa kali percobaan kemudian saya bandingkan dan saya cari mana yang paling enak menurut saya. Kemudian resep tersebut selalu saya gunakan untuk menjamu tamu-tamu yang ingin ngopi di rumah saya. Biar gak malu-maluin rasa kopinya hahaha….

Jenis Kopi untuk Vietnam Drip

Sebenarnya semua jenis kopi cocok untuk diseduh dengan metode Vietnam drip ini. Namun lidah saya berkata bahwa kopi susu ya Robusta dong! .. Pahitnya robusta akan menyatu dengan manisnya susu kental manis. Kalo arabika kan ada asamnya, tapi yaa balik lagi sesuai selera. Beberapa ini adalah jenis kopi yang biasa digunakan untuk vietnam drip :

  1. Kopi Dampit

Dampit adalah salah satu daerah di Malang, Jawa Timur. Kopi robusta ini tumbuh di dataran tinggi Malang. Kopi dampit mudah dijumpai di berbagai kedai kopi Jawa Timur. Kopi dampit ini merupakan kopi pilihan karena hanya dijual di koperasi kopi dampit dimana koperasi ini merupakan binaan salah satu Cafe di Malang. Rasanya sungguh nikmat dan harus dicoba.

  1. Kopi Lampung

Satu lagi robusta andalan saya dalam menyeduh kopi dengan dripper vietnam ini. Kopi lampung mempunyai aroma yang khas dan tidak terlupakan. Rasanya memang strong dan cocok untuk anda yang suka kopi yang kental.

  1. Kopi Lanang

Kopi lanang adalah kopi yang bijinya berbentuk bulat sempurna, tidak ada belahan di biji kopi lanang ini. Lanang adalah bahasa jawa yang artinya laki-laki. Kopi ini rata-rata berjenis robusta dan biasanya lebih mahal dari kopi lain karena harus disortir dengan sangat teliti. Penghasil kopi lanang yang terkenal berasal dari daerah Jember. Kopi ini dipercaya bisa menambah stamina pria. Mungkin hanya sugesti sih, karena rasanya sangat pahit. Kopi ini cocok dicampur susu dengan metode vietnam drip maupun tubruk.

  1. Kopi Gayo

Kopi arabika ini umumnya disajikan dengan metode vietnam drip. Kopi yang sudah melanglang buana ke seluruh dunia ini adalah salah satu arabika yang cocok dengan lidah saya. Kopi ini berasal dari Aceh. Salah satu tokonya yang terkenal menjual kopi gayo adalah Bergendal Coffee…

  1. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani adalah salah satu arabika yang berasal dari pulau Bali. Rasa asam yang dihasilkan terasa lebih kuat dibandingkan kopi Toraja. Selain disajikan dengan susu, kopi ini cocok dinikmati dengan metode v60.

  1. Kopi Toraja Mix

Kopi Toraja arabika dicampur dengan kopi toraja robusta. Hasilnya sangat mencengangkan. Bila diseduh dengan metode vietnam drip cocok disajikan dingin. Es kopi susu kekinian pun pasti kalah rasanya dengan racikan ini. Ini adalah menu favorit saya, namun biji kopi toraja robusta sangat susah dicari… jarang juga yang menyediakan… Huft!

BACA JUGA

Bila kalian mempunyai kopi andalan yang digunakan untuk menyeduh dengan metode Vietnam Drip ini jangan lupa komentar yaa… demikian sedikit cerita saya tentang bagaimana rahasia cara membuat kopi enak dengan vietnam drip. Semoga kalian segera menemukan komposisi yang pas untuk kopi andalan kalian yaa!!



One Response

  1. Liana May 6, 2018

Leave a Reply