Wisata Alam Gunung Kidul Paling Terkenal Dan Hits di Kalangan Backpacker

Liburan menjadi satu momen berharga bagi semua orang dimana mereka dapat berkumpul bersama orang-orang yang disayangi tanpa beban sebuah pekerjaan. Banyak Wisata Alam Gunung Kidul yang bisa dikunjungi untuk hari libur kalian dan salah satunya adalah Pantai Nglambor Gunung Kidul yang sudah terkenal karena keindahanya. Tetapi kami akan merekomendasikan beberapa wisata alam lainnya yang tidak kalah menarik.



Beberapa Wisata Alam Gunung Kidul Yang Wajib Dikunjungi

Gunung Kidul merupakan sebuah Kabupaten yang mempunyai 18 Kecamatan dan 144 Desa dengan luas sekitar 1.485,36 km2. Kabupaten di Yogyakarta ini memiliki ratusan wisata alam yang bisa dengan mudah kalian kunjungi bahkan ada beberapa wisata alam yang tidak banyak diketahui sehingga masih sepi. Terdapat beberapa daftar wisata alam di gunung kidul yang akan kami bagikan kepada kalian untuk dijadikan pilihan liburan yang menyenangkan.

  1. Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Destinasi wisata alam di Gunung Kidul yang berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen bernama aur terjun Sri Gethuk ini wajib kalian kunjungi terutama pagi pecinta keindahan alam yang masih alami. Keindahan alamnya yang begitu asri dengan air yang jernih dimana muncul dari tiga sumber mata air yaitu Ngandong, Ngumbul dan Dong Poh yang terletak di kedalaman tanahnya. Kealamian di sekitarnya menambah kesan eksotis wisata alam ini.

  1. Goa Jomblang
Goa Jomblang

Goa Jomblang

Ingin Wisata Alam Gunung Kidul yang memacu adrenalin kalian, coba Goa Jomblang. Goa ini terdapat di kawasan pegunungan karts. Wisata ini memang unik tetapi diperlukan keberanian dan keahlian untuk memasukinya karena goa ini  memiliki mulut goa vertical dengan kedalaman yang berbeda-beda. Terdapat 4 jalur yang bisa kalian lewati, jalur pertama kedalaman 15m dan jalur lainnya adalah 40m, 60m serta 80m.

  1. Cave Tubing Kalisuci
Cave Tubing Kali Suci Semanu

Cave Tubing Kali Suci Semanu

Warisan alam dunia Cave Tubing Kalisuci yang terletak di kawasan Kars Gunungsewu  ini merupakan tempat wisata alam daerah gunung kidul berupa sungai di bawah tanah. Wisata ini memberikan sensasi petualangan dengan menyusuri goa dan arum jeram atau rafting. Untuk menyusuri goanya, kalian akan dipandu oleh pemandu wisata dan banyak perlengkapan yang harus digunakan seperti helm, jaket pelampung, headlamp dan lainnya.

  1. Pantai Wediombo
Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo

Wisata Alam Gunung Kidul yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Kota Yogyakarta adalah Pantai Wediombo. Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo dengan pemandangan batu karang disebelah barat dan timurnya. Selain itu, jernihnya air dan hamparan pasir putihnya menjadikan pantai ini lebih menarik perhatian pengunjung. Untuk fasilitasnya, kalian tidak perlu khawatir karena sudah terbilang lengkap.

  1. Curug Indah Tegalrejo
Curug

Curug

Terdapat wisata alam tersembunyi di Gunung Kidul bernama Curug Indah Tegalrejo yang masih tampak sepi dari pengunjung. Hal tersebut dikarenakan wisata ini terletak di Ujung timur Gunung Kidul yaitu di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedang Sari yang berbatasan dengan daerah Bayat, Kabupaten Klaten. Wisata ini memberikan pemandangan air terjun bertingkat dengan airnya yang sangat jernih serta pemandangan sekitar yang masih alami.

Banyak wisata alam di Gunung Kidul Yogyakarta yang beraneka ragam sehingga patut kalian coba satu persatu ketika mengunjungi kota Yogyakarta. Selain itu, Wisata Alam Gunung Kidul juga terkenal alami dengan tiket harga masuk yang tidak akan menguras kantong kalian. Keindahan, keasrian dan kealamian alam sepatutnya membuat kita menyadari bahwa harus dilindungi dengan sebaik-baiknya dan tidak boleh merusaknya.

Leave a Reply