Taman Nasional Gunung Halimun Salak Dengan Keindahannya




Keanekaragaman wisata alam yang terdapat di Indonesia menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya. Salah satunya adalah nama Gunung di Indonesia yaitu Gunung Halimun dan Salak yang masuk dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Jawa Barat dengan luas 113.357 hektare. Selain kedua gunung yang terkenal dan bisa di daki tersebut. Taman tersebut juga menyimpan keaneragaman hayati didalamnya.


Wisata Alam Taman Nasional Gunung Halimun Salak Yang Wajib Dikunjungi

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Berkunjung ke wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak selain untuk menikmati liburan juga bisa menambah pengetahuan karena keberadaan flora dan fauna yang beranekaragam bisa kalian nikmati disini. Tidak hanya itu, kalian juga bisa melihat keunikan dari masyarakat adat yang berada di sekitar TNGHS yaitu masyarakat adat Baduy dan masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul. Selain itu ada beberapa keunikan lain yang bisa kalian saksikan.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor

  1. Asal Nama Taman Nasional Gunung Halimun Salak
halimun salak

halimun salak


Pada tahun 1924 wisata Halimun Bogor, Jawa Barat ini ditetapkan sebagai hutan lindung saat luasnya masih 39.941 Ha lalu berubah menjadi Cagar Alam Gunung Halimun pada tahun 1935 hingga 1992. Setelah itu, kawasan ini dititipkan selama 5 tahun kepada Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango dan pada tahun 1997 memiliki unit pengelolaan sendiri sebagai Balai Taman Nasional Gunung Halimun.

kebun teh

kebun teh

Selanjutnya tahun 2003, kawasan diperluas menjadi 113.357 Ha dengan nama Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang kini sudah dikenal banyak orang. Dengan adanya taman tersebut, keselamatan hutan dengan fungsi dan kekayaan ekologinya bisa menjadikan masa depan yang lebih baik dengan mempertahankan keberadaan hutan lindung di sekitar Jawa Barat.

  1. Keanekaragaman Hayati

Berdasarkan Lokasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang strategis berada di tiga Kabupaten yaitu Bogor dan Sukabumi di Jawa Barat dan Lebak di Banten sehingga flora dan fauna yang terdapat di dalamnya sangatlah beragam. Hal itulah yang membuat para peneliti baik dalam maupun luar negeri meneliti kekayaan hayati tersebut. Selain itu, terdapat tiga zona vegetasi yaitu Perbukitan, Hutan Pegunungan Bawah dan Hutan Pegunungan Atas.

fauna Taman Nasional Gunung Halimun Salak

fauna Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Ada dua petak yang luasnya masing-masing 1 Ha yang ditumbuhi flora sekitar 116 dan 105 spesies pohon yang terdapat di Zona Submontana pertama dan 46 spesies pohon lainnya di zona kedua. Dan berdasarkan catatan sementara menunjukkan ada lebih dari 500 spesies tumbuhan yaitu 266 genera dan 93 suku. Untuk fauna, terdapat 244 spesies burung, 8 spesies kadal, 10 spesies ular, 61 spesies mamalia dan 10 spesies kodok.

flora

flora

  1. Harga Tiket Masuk TNGHS

Indahnya berlibur membuat kebanyakan orang menghabiskan waktunya bersama orang-orang yang disayanginya ke berbagai destinasi wisata. Jika menuju puncak sangatlah padat pada weekend, maka wisata alam yang terletak di Bogor ini bisa kalian coba. Selain menampilkan keindahan untuk dijadikan momen istimewa juga tempat bersantai dari kebisingan kota.

LOGO Taman Nasional Gunung Halimun Salak

LOGO Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Untuk bisa menikmati keindahan alam dengan berbagai keanekaragaman hayati tersebut di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, kalian dapat dengan mudah memasukinya baik pada hari biasa maupun weekend. Untuk tiket masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak, kalian hanya harus mengeluarkan biaya Rp. 5.000,00 saja. Bukankah biaya yang murah untuk wisata yang menakjubkan.

Keindahan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang memberikan pengetahuan dan kebahagiaan bersama keluarga bisa menjadi salah satu momen menghabiskan liburan tanpa harus keluar negeri dan biaya yang sangat terjangkau bagi semua kalangan. Lalu, untuk apa menunggu? Segera atur rencana menuju wisata alam Indonesia yang indah ini.



Leave a Reply