Serunya Berwisata ke Gunung Api Purba Nglanggeran




Apakah kalian sudah tahu kalau di daerah Wisata Gunung kidul Yogyakarta ada sebuah gunung api purba? Ya, memang disana terdapat sebuah gunung api purba nglanggeran. Tempat ini sudah cukup popular untuk dijadikan tempat wisata dan sudah cukup ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan domestic maupun mancanegara yang datang ke Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya tentang wisata gunung api nglanggeran yang sangat menarik untuk di kunjungi ini, kalian bisa simak penjelasan Cikasur berikut ini…


Informasi Tentang Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Agar kalian mengenal lebih jauh tentang gunung api purba nglanggeran ini, kalian akan mendapatkan infromasi tentang gunung api purba nglanggeran secara lengkap dan cukup jelas.

  1. Tentang Gunung Api Purba Nglanggeran

Jadi begini good people, gunung api purba ini sudah ada sekitar 70 juta tahun yang lampau. Wah, sudah lama sekali ya. Itu lah mengapa gunung ini disebut sebagai gunung purba. Gunung purba ini memang termasuk dalam golongan gunung berapi, tepi itu dulu. Sekarang gunung ini sudah tidak beraktifitas lagi. Jadi, aman bagi kalian yang akan melakukan pendakian pada obyek wisata gunung api purba nglanggeran ini. Tidak terlalu tinggi juga bagi kalian pendaki pemula, karena ketinggiannya hanya sekitar 700 mdpl. Namun pemandangan dari gunung ini tak kalah indah dengan pemandangan di gunung yang lainnya.

  1. Lokasi Gunung Api Purba

Penasaran kan dimana lokasi gunung api purba nglanggeran ini? Lokasinya ada pada Desa Nglanggeran yang masuk pada Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk jaraknya sendiri dari kota Yogyakarta sekitar 25 km, tapi hanya 20 km jika kalian berangkat dari Wonosari. Gunung purba ini masuk dalam kawasan karst Baturagung, yaitu batuan yang terbentuk dari lava dan breksi andesit.


  1. Rute Menuju Gunung Api Purba
Gunung Api Purba Nglanggeran 3

Gunung Api Purba Nglanggeran 3

Adapun rute yang bisa ditempuh dari Yogyakarta dan Wonosari sebagai berikut.

  • Perjalanan Dari Yogyakarta

Jika kalian memulai perjalanan ke gunung api purba ini dari kota Yogyakarta, kalian harus berjalan menuju ke arah Wonosari, lalu setelah itu berjalanlah ke arah Piyungan dan sampai pada Bukit Bintang. Kemudian kalian harus berbelok ke arah kiri dari perempatan Radio GCD FM menuju Desa Ngoro-oro. Lalu jika bertemu pertigaan yang ada di dekat UPT Puskesmas Patuk, beloklah ke arah kanan sampai pada Desa Nglanggaran.

  • Perjalanan Dari Wonosari

Berbeda lagi jika kalian memulai perjalanan dari Wonosari, kalian hanya perlu berbelok ke kanan hingga sampai pada Bunderan Sambi Pitu lalu berjalanlah sampai ke Desa Bobung. Jika sudah sampai pada Desa Bobung, kalian harus melakukan perjalanan 3 km lagi untuk sampai pada Desa Nglanggaran.

  1. Harga Tiket Masuk
Gunung Api Purba Nglanggeran 2

Gunung Api Purba Nglanggeran 2

Karena sudah termasuk kategori tempat wisata, gunung api ini ada harga tiket masuknya loh. Ini dia rincian harga tiket masuk pada gunung api purba tersebut.

  • Untuk wisatawan domestic yaitu Rp. 20.000 pada malam hari dan Rp. 15.000 pada siang hari.
  • Untuk wisatawan mancanegara yaitu Rp. 30.000 baik siang maupun malam hari.

Yap good people, itulah penjelasan informasi yang cukup lengkap mengenai gunung api purba nglanggaran. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan kalian. Dengan pemandangan yang asri dan udara yang sejuk, pasti membuat anda akan terkagum-kagum. Dan tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk bisa menikmati indahnya alam.



Leave a Reply