Penjelasan Tentang Teks Eksplanasi Gunung Meletus




Apa itu teks eksplanasi? Pasti banyak di antara kalian yang belum tahu apa itu teks eksplanasi gunung meletus. Secara singkat teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan mengenai fenomena alam. Itu berarti teks eksplanasi gunung meletus adalah teks yang menjelaskan mengenai meletusnya suatu gunung. Namun agar kalian bisa mengerti lebih jelas tentang hal tersebut. Berikut akan dijelaskan oleh Cikasur secara lengkap tentang teks eksplanasi tersebut. Kalian simak dengan baik.


Penjelasan Tentang Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Mungkin memang banyak orang yang masih asing jika mendengar istilah teks eksplanasi gunung meletus. Tapi jangan khawatir karena akan dijelaskan mengenai teks eksplanasi gunung meletus secara singkat namun cukup lengkap dan mudah dipahami.

  1. Pengertian dari Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Teks Eksplanasi Gunung Meletus

Yang pertama akan dijelaskan adalah pengertian dari teks eksplanasi itu sendiri. Arti dari teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan mengenai suatu fenomena alam mulai dari prosesnya dan apa hubungannya dengan lingkungan social yang ada disekitar kalian. Nah jika teks eksplanasi tentang gunung meletus itu berarti teks tersebut menjelaskan bagaimana gunung meletus tersebut terjadi dan bagaimana dengan keadaan lingkungan sekitar gunung tersebut saat dan pasca gunung meletus. hal-hal tersebut akan dijelaskan secara lengkap pada teks eksplanasi. Dengan adanya teks eksplanasi, kalian jadi lebih tahu akan banyak hal tentang gunung meletus.


  1. Ciri-ciri dari Teks Eksplanasi

Agar bisa disebut sebagai teks eksplanasi, harus memenuhi beberapa ciri sebagai berikut.

  • Informasi yang tertulis baik pada teks eksplanasi bertema gunung meletus maupun secara umum, wajib berdasarkan pada kenyataan yang ada dan fakta yang sebenarnya terjadi. Tanpa ada tambahan opini yang belum tentu jelas.
  • Hal yang dibahas pada teks eksplanasi berupa fenomena yang mempunyai sifat keilmuan dan mengandung unsur ilmu pengetahuan.
  • Bersifat informatif dan tidak bersifat mempengaruhi pembaca.
  • Mempunyai urutan dari pernyataan umum, kemudian urutan sebab akibat, dan yang terakhir adalah interpretasi.

Untuk bisa menyusun teks eksplanasi tersebut, harus mengumpulkan dan mempunyai data-data yang cukup akurat. Teks eksplanasi tidak secara sembarangan untuk dibuat.

  1. Struktur yang Benar

Ternyata teks eksplanasi memiliki struktur beberapa struktur yang harus diperhatikan, berikut penjelasan struktur teks eksplanasi yang benar.

  • Pernyataan Umum

Struktur ini adalah struktur bagian pertama pada teks eksplanasi tersebut. struktur ini berisi tentang penyampaian topik atau berisi permasalahan yang nantinya akan dibahas. Lebih tepatnya berisi gambaran tentang apa fenomena yang sedang terjadi dan mengapa fenomena itu dapat terjadi. Isi dari pernyataan umum ini harus menarik.

  • Urutan Sebab-Akibat

Struktur yang kedua adalah urutan sebab akibat atau lebih sering disebut deretan penjelas dari suatu fenomena. Pada struktur ini, fenomena akan dijelaskan berdasarkan urutan waktu dan dibahas secara mendalam.

  • Interpretasi

Bagian struktur ini adalah bagian penutup dari teks eksplanasi. Isi dari bagian ini adalah kesimpulan dari proses yang dibahas pada teks eksplanasi.

  1. Kaidah Kebahasaan dari Teks Eksplanasi
Teks Eksplanasi Gunung Meletus 2

Teks Eksplanasi Gunung Meletus 2

Adapun kaidah kebahasaan yang ada pada teks eksplanasi, yaitu.

  • Lebih menggunakan istilah yang ilmiah
  • Menggunakan kata kerja yang relasional dan material
  • Memakai konjungsi kausal dan waktu seperti sebelum, kemudian, setelah, bila, jika, sehingga

Good people, begitulah kiranya penjelasan mengenai teks eksplanasi gunung meletus yang cukup mudah untuk dipahami bagi kalian yang belum tahu sama sekali tentang teks eksplanasi tersebut. Semoga bisa menjadi ilmu pengetahun dan tambahan wawasan yang bermanfaat bagi kalian.



Leave a Reply