Nama Nama Gunung Di Indonesia yang Masih Berstatus Aktif

Di Indonesia memang banyak banget gunung dan pegunungan yang menjulang tinggi. Gunung gunung di Indonesia punya spesifikasi dan kekhasannya sendiri. Salah satunya adalah gunung aktif dan tidak aktif. Gunung aktif di Indonesia ada banyak banget gengs. Dapat dipastiin kalian nggak bakal bisa menghapal nama nama gunung di Indonesia satu persatu. Namun gunung aktif yang ada di negara kita ini tentunya tidak membawa dampak negatif saja, tetapi juga memiliki dampak positif.



Beberapa Nama Gunung Di Indonesia Yang Masih Berstatus Aktif

Sebenarnya banyak sekali gunung aktif yang ada di Indonesia, namun disini akan dijelaskan Cikasur sebagiannya saja.

  1. Gunung merapi

 

gunung merapi

gunung merapi

Nama nama gunung di Indonesia yang masih aktif yang pertama adalah gunung merapi. Pastinya udah nggak asing lagi dong ya denger nama gunun ini? Gunung merapi emang salah satu gunung yang aktif banget dan sering meletus maka dari itu sering muncul di TV atau di medsos.

For your information gengs, gunung merapi punya siklus erupsi juga loh. Siklus erupsi gunung merapi sekitar 4 sampai 5 tahunan. Kalau misalkan gunung merapi nggak erupsi selama kurun waktu 4 sampai 5 tahun, perlu berhati hati karena bakalan terjadi erupsi yang gede seperti tahun 2016 lalu.

  1. Gunung Krakatau

 

Gunung Krakatau Meletus

Gunung Krakatau Meletus

Masih kah kalian ingat sejarah tentang meletusnya Gunung Krakatau purba? Yash betul sekali, pada sekitar tahun 1885 Gunung Krakatau pernah meletus dengan erupsi yang dahsyat banget gengs sampai sampai menimbulkan tsunami. Meskipun udah lama, tapi Gunung Krakatau purba punya anak loh, namanya adalah Gunung anak krakatau.

Gunung anak krakatau ini juga terletak di selat sunda.  Nggak hanya itu gunung ini juga termasuk salah satu gunung tertinggi di Indonesia loh. Gunung krakatau juga termasuk gunung yang aktif karena sering ngularin awan panas dan suara gemuruh.

  1. Gunung Kelud

 

gunung kelud

gunung kelud

Nama nama gunung di Indonesia yang masih aktif yaitu gunung kelud. Gunung kelud terletak di provinsi Jawa Timur temen temen. Gunung Kelud juga termasuk gunung di Indonesia yang masih aktif loh temen temen. Saking aktifnya, nggak jarang gunung kelud ngluari awan panas dan suara gemuruh. Nggak hanya itu, saking seringnya meeletus gunung kelud juga punya kaldera yang besar banget. Kira kira luasnya hampir dua gabungan lapangan bola deh.

  1. Gunung Sinabung

 

Gunung Sinabung Meletus

Gunung Sinabung Meletus

Gunung Sinabung letaknya di Kabupaten Karo provinsi Sumatera Barat. Gunung Sinabung termasuk gunung yang paling aktif di Indonesia karna sering banget ngularin suara gemuruh dan gempa kecil kecilan. Yang paling menakjubkan, gunung sinabung pernah erupsi selama 7 bulan lamanya gengs, Masaallah banget kan ya?

  1. Gunung Slamet

 

Gunung Slamet

Gunung Slamet

Satu lagi gunung aktif yang terletak di pulau Jawa yaitu gunung slamet. Gunung slamet merupakan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa. Gunung Slamet letaknya ada di empat kabupaten, yaitu kabupaten Banyumas, Tegal, Brebes, dan Purbalingga. Walaupun termasuk gunung teraktif di Indonesia, gunung slamet nggak pernah meletus temen temen.

Walaupun kadang mengeluarkan suara gemuruh dan kepulauan awan panas. FYI, mengapa gunung ini dinamakan gunung slamet dikarenakan gunung ini nggak bakal meletus sampe kapanpun. Tapi kalau sewaktu waktu gunung slamet meletus, letusannya akan membelah pulau jawa menjadi dua bagian loh. Serem banget ya?

Beberapa nama nama gunung di Indonesia yang masih aktif udah dijelasin diatas gengs. Semoga penjelasan diatas bisa menjadi reverensi dan pengetahuan tentang beberapa gunung yang berstatus aktif di Indonesia.

Leave a Reply