Jurus Jitu Jadi Raja Warung Kopi di Kotamu!




Akhir-akhir ini di Surabaya sedang nge-tren sekali bisnis Warung Kopi. Bukan warung kopi biasa namun warung dengan konsep yang mirip kafe. Beberapa warung kopi ini sekilas mempunyai desain yang sama. Istilahnya sudah ada template Warung Kopi kekinian gitu lah. Sasaran pasar dari warung kopi modern ini tentunya adalah anak muda tanpa mempermasalahkan gender. Meskipun Warung Kopi modern ini memiliki interior mirip-mirip kafe namun rata-rata harga yang ditawarkan masih jauh di bawah harga jual kafe. Menu Warung Kopi modern ini masih murah namun tetap nikmat !


Kopi Nusantara

Kopi Nusantara

Menu Coffee Shop

Menu Coffee Shop

Agar bisa bersaing diantara ratusan warung kopi modern itu maka sebuah warung kopi harus memiliki sesuatu yang bisa diingat pengunjung. Sebetulnya ada banyak sekali hal yang bisa membuat pengunjung tertarik untuk datang kembali ke warung kopi anda, namun saya akan membahas yang paling penting. Menu warung kopi. Ya menu warung kopi adalah kunci dari kesuksesan warung kopi anda. Bayangkan saja bila anda sebagai pengunjung warung, mungkin dari luar warung anda akan sama seperti warung modern lainnya karena dari interior dan eksterior warung anda sudah banyak yang meniru. Namun dengan menu yang khas warung kopi anda maka pengunjung akan kembali lagi dan lagi. Anda mendapatkan pengunjung setia! Tentu pengunjung setia biasanya akan mengajak teman-teman lainnya juga. Singkatnya begini lurdd… Warung Kopi yang mantap ialah warung yang bisa menyediakan apa yang diperlukan pengunjungnya.

Sudah cukup basa basinya langsung saja masuk Menu Warung Kopi rekomendasi saya ya….


Menu Kopi

Tentukan dulu kalian akan menjual berbagai macam kopi single origin atau hanya sebuah olahan robusta ? di tempat saya rata-rata hanya menjual robusta olahan warung itu sendiri namun dengan pembeda. Yang dimaksud pembeda ini bisa dari rasa kopi maupun tampilan kopi. Buatlah kopi signature untuk warung kopi anda, contoh kopi signature yaitu Kopi Kasar Lokomotif dan Kopi Kasar Awi, atau Kopi Bor Kedai Simple dan Kopi Giras CR1. Selain itu ada kopi kopyok, kopi klotok, kopi arang, dll. Warung anda harus mempunyai signature coffee. Bila anda menjual kopi hanya sekedar kopi, maka sebaiknya tidak usah buka warung. Silahkan buka londry aja wqwq.

Gayo Wine

Gayo Wine

Kopi Giras Cak RI

Kopi Giras Cak RI

Kopi Single Origin

Kopi Single Origin

Vietnam Drip

Vietnam Drip

Selain kopi panas, sekarang sedang hits es kopi susu. Cocok untuk warung kopi yang dekat dengan daerah kampus. Es kopi susu ini nikmat sekali untuk dibawa pulang dan diminum di kosan sambil nonton anime… ada ratusan daftar nama menu kopi yang bisa anda pelajari di Internet.

Intinya buatlah Kopi yang khas dari warung anda. WAJIB!

Menu Dingin

Karena sasaran pasar warung kopi modern ini adalah anak muda maka saya rasa menu dingin adalah wajib. Selain es teh, es susu dan es tape. Sekarang menu warung kopi yang sedang hits adalah red velvet, green tea dan taro. 3 jenis minuman ini saya rekomendasikan untuk menjadi salah satu minuman khas di warung kopi anda. Jangan lupa menambahkan susu yang sudah dibuihkan (foam) diatas minuman tersebut agar tampilan makin menarik. Harga per kilogram red velvet, green tea dan taro yang bagus biasanya bisa mencapai 150-200rb. Saran saya beli saja di kafe-kafe terdekat, karena rata-rata yang masuk ke kafe tersebut sudah merupakan produk terbaeqq.. tanpa repot mencari cari sudah dapat kualitas terbaik dan tentu masih menghasilkan keuntungan.

Es Taro

Es Taro

Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya

Saya tidak merekomendasikan ada menu makanan berat di warung kopi anda. Untuk makanan ringan pendamping kopi anda bisa melirik jajanan tradisional seperti nogosari, lepet, panada, dll. Ini juga bisa menjadikan pembeda pada warung kopi anda.

Menu Warung Kopi

Menu Warung Kopi

Jangan lupa buatlah list menu warung kopi anda ya. Jangan cuma di centelkan saja lurd.. lak ya bingung :’) . Listnya bisa di print, di tulis di papan tulis maupun di cat kan di tembok. Biar pengunjung ndak bingung dan ndak sungkan mau pesen….

Semua sudah saya lakukan tetapi warung kopi saya masih gitu-gitu aja nih.. kira-kira apa lagi yang harus diperbaiki ?

Tempat Usaha

Bila anda sudah mempunyai konsep yang cocok untuk menu di coffee shop anda, selanjutnya adalah apakah tempat anda strategis ? Strategis tidak selalu ada di pusat keramaian lho, lokasi usaha ini saya kira hoki-hoki an. Namun menurut pengalaman saya lokasi yang mempunyai tempat parkir yang luas dan enak (tanpa bayar parkir) selalu ramai. Selain itu sering-sering perkenalkan tempat anda melalui berbagai media sosial, cobalah endorse beberapa foodies di kota anda untuk ngopi-ngopi di tempat anda. Mereka ini mempunyai basis masa yang kuat wqwq.. untuk anda yang tidak punya tempat parkir luas, kerjasama dengan Gojek juga tidak boleh disepelekan. Tentu agar banyak yang order via Gojek ini menu kopi anda harus menarik pelanggan dulu ya…

Keramahan Pelayan

Ini adalah hal yang sering dilupakan oleh pengusaha warung kopi. Keramahan pelayan juga adalah pendukung suksesnya warung kopi anda. Sapalah pengunjung yang sedang ngopi. Tentu dilihat dulu orangnya sedang ngapain, jangan sok asik juga ya ko.. basa-basi seperti “kok lama ga kesini?” Itu juga bisa bikin pengunjung seneng karena merasa diperhatikan. Apalagi yang jomblo pasti seneng banget.

Moba kok Analog

Moba kok Analog

Pelayan yang selalu tersenyum , selalu terlihat ceria dan tanggap akan membuat pengunjung betah.

Demikian hal yang bisa saya sampaikan tentang kunci sukses membuat usaha warung kopi. Menurut saya kunci utamanya ada di menu warung kopi. Saya disini hanya sebagai pengunjung rutin beberapa warung. Tentu anda yang sedang melakukan usaha tersebut punya berbagai pandangan berbeda dengan saya. Saya sangat senang bila ada yang mau menambahkan.

Panjang umur petani kopi Indonesia!



One Response

  1. fahmi audhi April 16, 2018

Leave a Reply