Jalur Pendakian Gunung Salak yang Paling Sering Digunakan

Gunung Salak adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Bogor dan Sukabumi. Gunung Salak emang nggak punya ketinggian kaya gunung Semeru, gunung ini hanya punya ketinggian 2.180 mdpl. Walaupun tidak terlalu tinggi, tapi untuk bisa sampai ke puncak Gunung Salak lumayan sulit, karena emang jalur pendakiannya sangat terjal dan curam. Karena jalur pendakian gunung salak yang sangat ekstrim, orang orang biasa menyebut Gunung Salak sebagai ‘kecil kecil si cabe rawit’.



Empat Jalur Pendakian Gunung Salak

Untuk sampai di puncak gunung salak, temen temen dirumah bisa melewati empat jalur pendakian gunung salak seperti yang dijelasin Cikasur dibawah ini. Lets check it out!

  1. Jalur Pendakian via Cidanu
Jalur Pendakian Gunung Salak

Jalur Pendakian Gunung Salak

Jalur pendakian gunung salak yang pertama adalah melalu cidanu. Sebenarnya Cidanu adalah sebuah nama kecamatan didaerah kaki gunung Salak. Untuk bisa menuju ke basecamp Cidanu kalian bisa mengendari motor atau menyewa jasa angkutan umum untuk sampe di kota Sukabumi lalu pergi ke kecamatan Cidanu. Jalur pendakian via cidanu tidaklah sulit gengs.

Jalur ini hanya didominasi tanah padat yang bakalan lengket jika kena air hujan. Tapi kamu juga harua bersiap siap, karena nggak jarang kamu akan melewati jalur berupa tebing yang curam dan miring. Kamu juga disaranin membawa tali. Jalur pendakian  ini lumayan ramai dipadati oleh pendaki. Kamu harus membayar biaya tiket masuk sebesar 5000 rupiah saja.

  1. Jalur Pendakian via Cimelati

Untuk bisa sampai ke puncak salah satu gunung tertinggi di Jawa ini kamu bisa melewati jalur pendakian via  cimelati. Jalur pendakian via Cimelati ini juga terletak di kota Sukabumi loh. Jalur pendakian via cimelati ini dinilai jalur pendakian paling sadis karena memiliki trek yang terjal dan curam.

Tapi trek yang berbahay tersebut akan terbayar karena kalian akan melihat keindahan alam berupa 3 air terjun yang menjulang tinggi. Jika kamu mendaki gunung salak melewati cimelati, kamu akan melewati 6 pos untuk mencapai puncak.

  1. Jalur Pendakian via Ajisaka

Jalur pendakian gunung salak yang selanjutnya adalah via ajisaka. Jalur pendakian ajisaka tidak kalah ektrimnya dengan jalur pendakian yang lain. Kalau kalian ingin mendaki lewat jalur pendakian ini, kalian harus datang ke kota Bogor gengs.

Namun kelemahan mendaki melewati jalur ajisaka adalah jalur trek yang panjang karena harus melewati punggung gunung yang tinggi. Nggak hanya itu, jalur ajisaka juga memiliki banyak percabangan jalan yang membuat kamu bisa tersesat di hutan. Nakutin banget ya?

  1. Jalur Pendakian via Pasir Rengit

 

Gunung Salak

Gunung Salak

Sama seperti jalur pendakian via ajisaka, jalur pendakian ini juga memiliki trek yang panjang serta curam. Tapi jika kalian melewati jalur pendakian pasir rengit, kalian akan menemukan sebuah pemandangan yang indah yaitu kawah ratu. Kamu yang suka berfoto foto disaranin banget melewati jalur ini karena banyak banget view yang instagramble.

Jika kamu ingin melewati jalur ini kamu harus pergi ke kota Sukabumi lalu menuju ddesa pasir regit. Kamu juga akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 11.000 rupiah.

Nah itu dia mengenai jalur pendakian gunung salak, semoga bermanfaat bagi teman teman ya. Pastinya, jika kalian ingin mendaki gunung salak sebaiknya kalian mempersiapkan segala kebutuhan pendakian secara matang. Dan usahakan apabila ingin melakukan pendakian persiapkan fisik sebaik mungkin.

Leave a Reply