Jalur Pendakian Gunung Cikuray Yang Ramah Bagi Pemula




Menikmati liburan dengan melakukan pendakian menjadi salah satu pilihan bagi orang-orang yang mencintai kegiatan cukup ekstrem. Oleh karena itu, kami merekomendasikan salah satu nama gunung di Indonesia yang bisa kalian daki bersama rombongan kalian. Gunung tersebut bernama Gunung Cikuray yang terletak di kabupaten Garut, Jawa Barat. Tentunya kami akan memberi informasi dengan jalur pendakian Gunung Cikuray yang bisa kalian pilih pula.


Beberapa Jalur Pendakian Gunung Cikuray Untuk Dicoba

Mount Cikuray from Cisurupan

Mount Cikuray from Cisurupan

Gunung Cikuray adalah gunung yang memiliki ketinggian 2.821 m dpl dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede, Gunung Pangrango dan Gunung Ciremai. Tidak mudah memang melakukan pendakian gunung tertinggi keempat ini jika tidak mengetahui peta jalur pendakian gunung cikuray, untuk itu Cikasur akan memberikan informasi beberapa jalur pendakian yang bisa kalian lalui bersama rombongan pendaki.

  1. Via Pemancar
via pemancar

via pemancar

pemancar

pemancar


Untuk melakukan pendakian dengan trek paling mudah namun terpanjang yaitu jalur pendakian gunung cikuray via pemancar. Jalur ini dimulai dari Pos Pemancar dengan melakukan biaya simaksi Rp. 10.000,00 lalu menuju pos 1 selama 30 menit. Sekitar kurang lebih 2 jam kalian akan mencapai di Pos 3 yang sebelumnya melalui tanjakan ambing, cihuy, sakti, taraje dan wakwaw. Selanjutnya, menuju Puncak Bayangan dalam waktu 4,5 jam.

Setelah itu, untuk mencapai puncak menggunakan jalur pendakian Gunung Cikuray ini, kalian akan menikmati jalanan terjal dengan pemandangan kanan dan kiri adalah jurang sehingga pastikan pegangan dan pijakan kuat dan teliti serta penuh kehati-hatian. Ketika perjalanan sudah mendekati puncak maka kalian akan disuguhkan dengan indahnya bunga Edelweis dan puncak menanti kalian dengan hamparan tanah datar yang begitu luasnya.

  1. Via Bayongbong
via bayongbong

via bayongbong

bayongbong

bayongbong

Jika anda menggunakan jalur pendakian gunung cikuray via bayongbong, pastikan dahulu kalian memiliki keyakinan yang kuat karena jalanan yang lebih berat tetapi dapat ditempuh dalam waktu yang lebih pendek dari pemancar. Pertama, kalian harus membayar pendaftaran sebesar Rp. 10.000,00 di basecamp Bayongbong atau pos 1. Setelah itu, untuk mencapai pos 2/Paparete dilalui selama 1 jam lalu ke pos 3/Kandang Bagong 2 jam.

Untuk mencapai pos 4/Chatell dibutuhkan waktu 30 menit saja kemudian menuju pos 5/Plesetan selama 1 jam. Perjalanan masih harus dilanjutkan yaitu menuju pos 6/Sanghyang Bengkonang sekitar 45 menit. Setelah pos 6 maka kalian perlu 30 menit lagi untuk mencapai puncak Gunung Cikuray yang sangat indah dengan melalui jalur pendakian Gunung Cikuray yang terberat ini.

  1. Via Cikajang
cikajang

cikajang

Mendaki menggunakan jalur pendakian gunung cikuray via cikajang, kalian tidak akan menemukan basecamp atau biaya untuk mendaki tetapi ada baiknya sebelum melakukan pendakian kalian melapor kepada warga di kampung Olan. Selanjutnya perjalanan akan dimulai setelah menanjak menuju batas hutan. Setelah itu, kalian harus menempuh perjalanan selanjutnya mencapai pos bayangan I sekitar 1,5-2 jam.

Untuk mencapai pos bayangan II dibutuhkan waktu kurang lebih 1-1,5 jam dengan tantangan hutan yang semakin lebat. Selanjutnya, untuk menuju puncak Gunung Cikuray, kalian perlu 1-1,5 jam untuk mencapainya. Kalian akan disuguhkan dengan luasnya dataran dengan bangunan permanen bekas pemancar untuk dinaiki dan menikmati indahnya negeri.

puncak

puncak

Sebelum melakukan pendakian, pastikan bahwa membawa segala keperluan mendaki dan kalian tidak akan mengeluh di perjalanan karena jika ingin melihat pemandangan dengan panorama yang menawan dari puncak Gunung Cikuray maka butuh pengorbanan yang luar biasa untuk menaklukkannya. Untuk itu, cermatilah terlebih dahulu jalur pendakian Gunung Cikuray guna mengetahui rintangan apa saja di setiap jalan yang akan dilalui.



Leave a Reply