Informasi dan Panduan Lengkap Seputar Gili Ketapang

Ada banyak pulau-pulau kecil di daerah jawa timur yang keindahannya masih sangat terjaga. Ada salah satu pulau kecil nan indah yang letaknya sangat dekat dengan Madura namun masih berada dalam wilayah kabupaten Probolinggo. Pulau kecil yang masih sepi dan pasti menarik untuk dikunjungi ini adalah Gili Ketapang. Ciri khas Gili Ketapang adalah ombaknya yang tenang dan airnya yang jernih. Anda tidak harus berenang untuk bisa menikmati keindahan Gili Ketapang karena pasir pantai yang putih bahkan ada beberapa tempat dengan pasir yang hampir pink ini sangat bisa memanjakan mata. Namun tentu saja snorkeling di Gili Ketapang ini menjadi tujuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang kesini.



Santai di Gili

Santai di Gili

Untuk menuju ke Pulau Ketapang dibutuhkan waktu sekitar 25 menit menggunakan kapal kecil dari pelabuhan ujung tembaga probolinggo. Jarak Gili dari bibir pantai Probolinggo ini sebenarnya lumayan jauh, yaitu sekitar 7-8 Km.. Gili Ketapang adalah pulau yang dihuni oleh suku Madura. Penduduk Gili Ketapang mencapai 8000 orang dan luas pulau ini sekitar 70 hektar. Ada beberapa Mitos mengenai Gili Ketapang salah satunya adalah pulau ini dipercaya tempatnya berpindah sedikit demi sedikit semakin menjauhi daratan Probolinggo. Mitos ini juga yang membuat pulau ini dinamakan Gili dan Ketapang karena artinya adalah Desa Ketapang yang Mengalir. Dalam mitos Gili Ketapang, Desa Ketapang terus bergeser menuju ke tengah laut.

Berapa Biaya untuk Wisata di Gili Ketapang ?

Plang Pulau Gili

Plang Pulau Gili

Untuk bisa menikmati Wisata Gili kita tidak dikenakan biaya apapun kecuali biaya penyebrangan menuju Pulau Gili ini. Tidak ada biaya retribusi tiket masuk pulau, cukup membayar 10 ribu saja per-orang per-perjalanan menyebrang menuju Gili maupun sebaliknya. Rata-rata disekitar pelabuhan tanjung tembaga probolinggo menyediakan paket wisata Gili Ketapang. Jadi untuk anda wisatawan luar kota yang tidak ingin mencari persewaan ini dan itu, ikut saja paket wisata gili ketapang yang disediakan. Harganya sekitar 70-100 ribuan per paket, biasanya didalamnya sudah termasuk penyebrangan dari dan menuju Gili, Alat Snorkeling, Kamera bawah air, pemandu perjalanan dan sarapan/makan siang.

Dimana Lokasi Dan Bagaimana Rute Menuju Ke Gili Ketapang ?

Pulau Gili Ketapang

Pulau Gili Ketapang

Wisatawan luar kota yang akan mengunjungi Gili Ketapang Cikasur sarankan untuk menggunakan travel saja. Karena terbatasnya jam operasional angkutan umum yang ada di Probolinggo mungkin bisa menjadikan kerepotan tersendiri buat anda. Bila anda sudah di Probolinggo langsung saja menuju ke Pelabuhan Tanjung Tembaga Mayangan. Satu-satunya cara untuk menuju ke Gili Ketapang adalah melalui pelabuhan tanjung tembaga Probolinggo. Lokasi Gili Ketapang ini ada di Selat Madura, tepatnya ada di kecamatan sumberasih, Probolinggo, Jawa Timur. Perlu anda ketahui bahwa penyebrangan menuju Gili Ketapang tidak buka 24 jam. Kapal kecil yang digunakan untuk menyebrang hanya beroperasi pada jam 8 pagi hingga 4 sore dan sebaliknya kapal dari Gili Ketapang ke Probolinggo ini beroperasi jam 6 pagi – jam 6 malam.

Apa Saja Fasilitas Di Gili Ketapang ?

Underwater Gili Ketapang

Underwater Gili Ketapang

Fasilitas di Gili Ketapang terbilang sangat lengkap untuk sebuah wisata yang hanya dikelola oleh warganya sendiri. Fasilitas umum seperti toilet dan mushollah juga cukup bersih! Selain itu ada ayunan yang bisa digunakan untuk bermain maupun sekedar berfoto. Warung-warung makan berjajar menyediakan menu andalan yang hampir sama yaitu Ikan bakar. Bagi anda warga Gresik seperti saya berbanggalah saat berada disini, ada Gua Kucing bekas petilasan Sunan Giri saat menyebarkan Islam di daerah paling timur pulau Jawa ini. Ada juga pondokan gratis untuk para peziarah yang cukup besar namun sangat ramai juga. Oh iya untuk wahana wisatanya sendiri disini ada banana boat, snorkeling dan keliling pulau dengan kapal.

Tips Sebelum Menuju Pulau Gili Ketapang

  1. Pastikan anda membawa Tabir Surya (Sunblock) karena cuaca disini hampir pasti selalu panas dan bisa membakar kulit.
  2. Berangkat menyebrang ke Gili Ketapang pagi hari agar saat snorkeling tidak panas-panas banget
  3. Lebih hemat anda membawa makanan ringan sendiri dari kota asal, ini daerah Wisata jadi harganya juga tidak akan sama bila kita beli di dekat rumah.
  4. Bawa uang cash yang sedikit berlebih, siapa tahu tiba-tiba ada suvenir yang akan dibeli. Disini tidak ada ATM lho yaa…
  5. Jaga tingkah laku anda sebagai tamu. Disini orangnya sopan-sopan kok, selalu sapa penduduk sekitar agar tidak dikira sombong

Demikian informasi seputar Gili Ketapang yang bisa saya berikan. Wisata di Gili Ketapang ini bisa dijadikan wisata alternatif selain ke Lombok dan Bali. Disini anda bisa berhemat banyaak tentunya karena lebih murah dan masih di Jawa. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya ya, disini sampah-sampah berserakan karena kurang sadarnya pengunjung dan warga sekitar dalam menjaga kebersihan lingkungan. Bila ada pertanyaan langsung saja komentar di bawah ya… Semoga perjalanan anda menyenangkan!

Leave a Reply