Rute Jalur Pendakian Gunung Andong Paling Lengkap




Gunung Andong adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Magelang. Gunung Andong emang nggak punya ketinggian kayak Gunung Semeru yang dinobatkan jadi gunung tertinggi di Jawa gengs. Gunung Andong cuma punya ketinggian 1.463 mdpl. Buat kalian yang pengen mendaki ke Gunung Andong, kalian tentunya harus tau rute jalur gunung andong. Rute jalur gunung andong ada beberapa macam, kalian bisa memilih rute yang kalian kehendaki.


Jalur Pendakian Gunung Andong

Jalur Pendakian Gunung Andong

Rute Jalur Pendakian Gunung Andong Yang Harus Pendaki Ketahui

Dibawah ini bakal dijelasin beberapa rute jalur pendakian jalur pendakian Gunung Andong yang perlu pendaki ketahui.

  1. Rute pendakian gunung andong via jalur selatan

Rute jalur pendakian gunung Andong yang pertama adalah jalur via selatan. Kamu bisa pergi ke daerah pasar ngablak lalu kalian harus menempuh perjalanan selama beberapa menit dengan jarak 2 km aja buat sampe ke Dusun Kenteng. Nah Dusun Kenteng ini adalah desa yang menjadi basecamp pendakian Gunung Andong via Selatan.

Banyak para pendaki gunung andong yang melewati jalur pendakian selatan gengs. Hal ini dikarenakan akses untuk mencapai basecamp sangatlah mudah. Semua jalan yang menuju ke basecamp udah di aspal, jadi kalian bisa naik kendaraan pribadi atau ojek untuk sampai ke basecamp.


Nggak hanya itu, jika kalian mendaki melewati jalur selatan kalian juga bisa melihat pemandangan yang sangat indah. Jika kalian ingin menyewa tourguide atau penunjuk jalan, kalian juga bisa menyewa jasa warga sekitar loh gengs. Dengan bayar 50 sampai 100 ribu aja kalian bisa sampai ke puncak Gunung Andong.

  1. Rute pendakian gunung andong via jalur utara

Rute jalur pendakian gunung Andong yang selanjunya adalah jalur pendakian via utara. Rute jalur utara ini sangat cocok dilewati kalian yang tinggal di Solo atau Yogyakarta. Kamu bisa melewati daerah Samaran Solo lalu menuju ke Magelang lalu menuju pasar ngablak untuk sampai ke basecamp sawit.

Rute pendakian jalur utara ini dinilai tidak efektif karena terlalu jauh daripada jalur selatan. Tapi jalur utara juga memiliki akses yang mudah jadi kalian nggak perlu khawatir.

Kalian juga bisa melewati pemandangan yang sangat asri yang berupa persawahan yang hijau. Banyak para pendaki yang melewati jalur ini. Kalian akan menempuh perjalanan selama 3 sampai 4 jam untuk sampe ke basecamp rawit.

Jalur Pendakian Gunung Andong 2

Jalur Pendakian Gunung Andong 2

  1. Rute pendakian gunung andong via jalur barat

Jika kalian yang datang dari arah barat kota Magelang disarankan untuk melewati jalur ini. Kalian bisa melewati terminal secang, kemudian kalian bisa naik angkot atau bis untuk sampai di pasar grabag. Di pasar grabag kalian bisa membeli perbekalan logistic gengs. Di pasar grabag ini kalian bisa liat banyak banget aneka makanan khas jawa tengah disini.

Nggak hanya itu kalian juga bakalan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Kalian bisa liat persawahan yang  hijau, kemudian deretan perbukitan . Buat sampe di basecamp sawit, kalian harus menempuh perjalanan selama 4 jam. Akses untuk sampai disana juga sangat mudah loh temen temen. Jalannya sudah di aspal semua dan jarang ada yang rusak.

Nah itu dia tentang rute jalur pendakian Gunung Andong yang bisa disampaikan. Semoga penjelasan tadi bisa menjadi pengetahuan tentang jalur pendakian gunung Andong buat temen temen yang akan mendaki gunung ini.



Leave a Reply