Daya Tarik Taman Nasional Gunung Rinjani




Gunung Rinjani adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani memiliki ketinggian mencapai sekitar 3.726 mdpl. Gunung Rinjani selain punya keindahan puncak gunung yang sangat indah ternyata juga punya taman nasional loh gengs. Taman Nasional Gunung Rinjani sering disingkat TNGR oleh masyarakat sekitar. TNGR adalah sebuah taman nasional yang dibuat pemerintah dengan tujuan untuk menjaga kekayaan Gunung Rinjani.


Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani

Keunggulan Yang Dimiliki Taman Nasional Gunung Rinjani

Dibawah ini Cikasur akan menjelaskan beberapa keeunggulan yang dimiliki TNGR secara lengkap dan informatif. Stay tune ya!

  1. Letak Geografis TNGR

Keunggulan taman nasional gunung rinjani yang pertama adalah letak geografisnya yang strategis. Letak TNGR sangat strategis yaitu berada di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur provinsi NTB. Jadi saking luasnya, taman nasional gunung rinjani terbentang di tiga kabupaten loh temen temen, hebat banget ya? Kamu juga nggak bakalan tersesat jika ingin ke TNGR karena disetiap jalan ada papan arah yang menunjukan lokasi TNGR.

  1. Keanekaragaman Flora

Keunggulan TNGR yang selajutnya adalah memiliki keanekaragaman hayati. Taman nasional gunung rinjani memiliki beberapa tumbuhan yang dilindungi. Namanya juga taman nasional pastinya tumbuh tumbuhan tersebut berasal dari dalam negeri dong. Aneka tumbuhan yang tumbuh di taman nasional ini seperti jambu jambuan, beringin, garu, pala hutan, deduren, mimba, bayur, manyering, randu hutan, rotan, dan masih banyak lagi. For your informtion ya, setiap ketinggian tertentu di tamanĀ  nasional ini ditumbuhi jenis tumbuhan yang berbeda.


Taman Nasional Gunung Rinjani 2

Taman Nasional Gunung Rinjani 2

  1. Keanekaragaman Fauna

TNGR tidak hanya memiliki keanearagaman hayati saja gengs, tapi juga mempunyai keanekaragaman fauna yang hidup disana. Hewan hewan yang hidup di taman nasional gunung rinjani didlindungi oleh pemerintah setempat. Jika kamu mendaki Gunung Rinjani kamu akan menemukan beberapa spesies hewan seperti rusa, babi hutan, landak, kijang, monyet, lutung, kelelawar buah, dan masih banyak lagi. Tak jarang, kamu juga akan menemukan banyak binatang buas seperti ular dan harimau. Maka dari itu kalian harus tetep waspada ya.

  1. Nilai Sejarah Gunung Rinjani

Keunggulan taman nasional gunung rinjani yang selanjutnya adalah memiliki nilai sejarah. For your information ya, sebelum dinobatkan menjadi taman nasional gunung rinjani, hutan ini dulunya adalah suaka margasatwa. Tapi pada tanggal 17 Maret 1990 pemerintah telah memutuskan suaka margasatwa gunung rinjani diubah menjadi taman nasional gunung rinjani. Nggak nyangka ya, ternyata taman nasional juga punya sejarah.

Taman Nasional Gunung Rinjani 3

Taman Nasional Gunung Rinjani 3

  1. Objek Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani

Selain kalian bisa melihat aneka satwa dan tumbuhan yang hidup di taman nasional gunung rinjani, kalian juga bisa menikmati obyek wisata lainnya loh gengs. Contoh obyek wisatanya adalah puncak gunung rinjani dan danau segara anakan. Untuk teman teman yang ingin mengunjungi puncak gunung rinjani tentunya harus menyiapkan tenaga yang besar karena jaraknya sangat jauh dan tidak hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Jika kalian mendaki gunung rinjani, bisa dipastikan kalian akan menemukan pemandangan yang sangat indah yaitu danau segara anakan. Kalian bisa bermain air disekitar pinggir danau hingga berenang di dalamnya loh!

Penjelasan diatas tentang beberapa keunggulan taman nasional gunung rinjani semoga bisa menjadi pengetahuan untuk kalian ya. Tentunya jika kalian sedang libur, tidak ada salahnya untuk mampir dan berkunjung ke TNGR ini.



Leave a Reply