3 Jalur Pendakian Gunung Rinjani Untuk Pendaki Pemula




Gunung Rinjani adalah salah satu gunung terindah yang dimiliki Indonesia yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani memiliki ketinggian sekitar 3726 mdpl. Untuk kalian yang ingin mendaki gunung ini ada tiga jalur untuk bisa sampai di basecamp. Anda bisa memilih jalur pendakian Gunung Rinjani sesuai keinginan anda. Baecamp di jalur pendakian Gunung Rinjani pastinya punya kelebihan dan kekurangan sendiri yang harus temen temen dirumah tau


Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Yang Harus Kamu Ketahui

Enggak usah berlama lama lagi, langsung saja bro and sist menyimak penjelasan Cikasur dibawah ini. Lets check it!

  1. Jalur Pendakian via Sembalun

Jalur pendakian gunung rinjani yang pertama adalah via sembalun. Jalur pendakian via sembalun cocok banget buat kalian sebagai pemula. Hal ini dikarenakan jalur pendakian via sembalun sangatlah ramai dan tidak berbahaya. Jalur ini juga cocok banget buat kamu yang suka trekking di jalan yang berbatu dan berundak undak.

Nggak hanya itu jalur pendakian Gunung Rinjani via Sembalun juga nggak didominasi oleh hutan loh gengs, jadi kamu ga perlu khawatir jika tersesat atau ada binatang buas. Jalur pendakian ini didominasi oleh padang savana yang sangat luas yang pastinya terik banget.


Tapi nggak usah khawatir, karena rasa panas itu bakalan ilang karena kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah banget. Melalui jalur pendakian ini kamu akan dikenakan biaya 5000 sampai 10.000 aja temen temen. Pada saat di basecamp sembalun kalian bakalan diperiksa oleh petugas yang ada. Jadi usahakan kalian membawa peralatan mendaki dengan lengkap ya.

Jalur Pendakian Gunung Rinjani 2

Jalur Pendakian Gunung Rinjani 2

  1. Jalur Pendakian via Senaru

Selanjutnya jalur pendakian buat nyampe ke salah satu gunung tertinggi di Indonesia yaitu jalur pendakian via senaru. Seperti jalur pendakian via sembalun, jalur via senaru ini juga sangatlah ramai. Sebenarnya senaru adalah nama sebuah desa di daerah kaki gunung Rinjani gengs. Bagi teman teman yang pengen mendaki gunung via senaru, kalian bisa menyewa mobil atau tourguide.

Jalur pendakian via senaru berbeda  banget dengan jalur pendakian via sembalun. Jalur via senaru ini didominasi pohon pohon rindang. Nggak jarang kamu juga bakal liat monyet bergelantungan di pohon. Ada beberapa pos yang kamu harus lewati untuk sampe di puncak rinjani. Kamu juga akan dikenakan biaya sukarela sebesar 5000 sampai 10.000 saja.

Jalur Pendakian Gunung Rinjani 3

Jalur Pendakian Gunung Rinjani 3

  1. Jalur Pendakian via Torean

Jalur pendakian gunung rinjani yang selanjutnya adalah jalur pendakian via torean. For your information ya, sebenarnya torean adalah sebuah nama desa atau perkampungaan kecil yang ada di kaki gunung Rinjani. Berbeda dengan jalur pendakian gunung rinjani via sembalun dan senaru yang ramai oleh pendaki, jalur pendakian via torean ini sangatah sepi malahan kadang nggak ada orang yang lewat jalur ini.

Selain sepi, jalur via torean juga nakutin banget loh gengs. Jalur pendakian ini terjal banget, dan banyak bebatuan besar disekitarnya. Nggak hanya itu, biasanya banyak binatang buas yang lalu lalang, ngeri banget ya? Tapi jika kalian melewati jalur pendakian via torean, kalian bakalan cepat sampai di puncak Gunung Rinjani. Jika kamu ingin melewati jalur ini kamu harus menyewa jasa tourguide dari warga sekitar agar anda tidak tersesat.

Bagi bro and sist mulai sekarang nggak perlu khawatir lagi karena penjelasan diatas sudah menjelaskan tentang jalur pendakian gunung rinjani. Bagi para pemula, disaranin banget kamu memiliki jalur pendakian via sembalun atau senaru.



Leave a Reply