Semua Tentang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango




Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah wisata alam yang bisa kalian nikmati keindahannya di kawasan wisata Cibodas dengan area wisata yang sangat luas sekitar 21.975 hektar. Hutan tropis menutupi kawasan wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan dilatarbelakangi berbagai sejarah konversasi di Negara Indonesia. Taman ini menjadi sumber-sumber keindahan daerah Cibodas bahkan sebagai salah satu tujuan wisata utama bagi warga sekitaran Ibu kota dan daerah sekitarnya hingga seluruh Indonesia sampai mancanegara.


Perlu kalian tahu, sudah sejak sekitar tahun 2007, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau dapat disingkat dengan TNGGP merupakan taman nasional yang berbentuk resort. Keindahan Gunung Gede Pangrango sebagai taman nasional tujuan wisata dan salah satu gunung tertinggi di jawa barat memang tidak diragukan lagi, banyak orang yang telah mengakui keeksotisan taman nasional berbentuk resort ini. Bagi kalian pecinta alam tentu akan merasa sangat ketinggalan jika belum menyempatkan diri datang ke tempat ini.

Informasi tentang keindahan alam di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tak kalah penting dengan jalur pendakian Gunung Gede Pangrango. Bukannya hanya di puncak gunungnya kalian bisa menikmati keindahan alamnya, tetapi berbagai keindahan taman ini juga tak kalah menarik loh. Nah jalur pendakian gunung gede pangrango ini memiliki tiga jalur pendakian yaitu Selabintana, Cibodas, dan gunung Puteri.

 

GUNUNG GEDE 1

GUNUNG GEDE 1


Keindahan Wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang Menawan

Nah sebelum membahas tentang jalur pendakian ke Gunung Gede Pangrango, sebelumnya Cikasur akan menceritakan keindahan taman ini yang juga tak kalah menarik, bagi kalian yang belum mengetahuinya, bahwa gunung Gede dan gunung Pangrango ini hanya salah satu keindahan yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, maka dari itu terlebih dulu mari simak penjelasan di bawah ini.

  1. Sejarah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman tertua di Indonesia ini diresmikan pada tahun 1980, tujuan dari didirikannya taman ini adalah untuk melindungi flora dan fauna yang ada pada pegunungan di Jawa Barat. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terletak di daerah Jawa Barat, di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Objek wisata ini memiliki objek yang menarik domestik dari wisatawan mancanegara yaitu Telaga biru sebuah danau kecil yang ditutupi oleh ganggang biru yang berada di pintu masuk Cibodas, air Terjun Cibereum dan air panas yang dapat anda temui saat melalui jalur pendakian  gunung Gede dan gunung Pangrango.

  1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Banyak orang yang memahami bahwa gunung Gede dan gunung Pangrongo adalah gunung yang sama, padahal kedua gunung tersebut berbeda hanya saja berada pada lokasi yang sama sehingga kebanyakan orang menyebutkannya gunung Gede Pangrango. Orang yang pertama kali melakukan pendakian ke Gunung Gede Pangrango ini adalah seorang yang bernama Reinwardt pendiri tempat wisata Kebun Raya Bogor pada tahun 1819.

  1. Taman Nasional Gunung Gede

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dijadikan sebagai tempat favorit untuk sebuah penelitian mengenai alam di Indonesia. Jalur pendakian menuju Gunung Gede Pangrango yang paling terkenal dan kerap di pakai oleh para pendaki-pendaki lainnya yaitu jalur Selabintana, jalur pendakian Cibodas, dan yang terakhir jalur pendakian Gunung Putri. Mendaki gunung ini memberikan sensasi yang sangat mengasyikan sekali, kalian akan disuguhkan pemandangan yang sangat menawan disepanjang jalan menuju puncak.

  1. Jalur Pendakian Gunung Gede via Cibodas

Kalian yang melakukan pendakian melalui jalur Cibodas akan melewati hutan tropis dan jalur yang berbatu. Jarak tempuh perjalanan via Cibodas ini sekitar setelah 1,5 Km dari basecamp, kalian akan menemukan rawa yang bernama telaga biru. Selanjutnya kalian akan tiba di pos Panyangkalan kuda, dengan melintasi jembatan kayu dengan jarak sekitar satu kolometer, dalam melewati jembatan ini kalian harus sungguh berhati-hati.

Lokasi pos kedua ini berada di ketinggian sekitar 1.628 mdpl. Di pos ini kalian akan menemukan bangunan yang memiliki atap seperti rumah bangunan tersebut bisa dijadikan tempat istirahat. Di pos Payangkalan kuda kalian akan menemui pertigaan jalur, yang pertama yaitu jalur kanan yang menunjukan kepada Curug Cibereum yang memiliki air terjun Cibereum yang memiliki ketinggian sekitar 1.675 mdpl kalian dapat sampai di curug dalam waktu 30 menit saja, yang kedua ada jalur lurus yang menunjukan perjalanan akan diteruskan ke arah Puncak Gunung Pangrango dan Gunung Gede.

  1. Jalur Pendakian Gunung Gede via Gunung Putri
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango 2

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango 2

Keindahan-keindahan gunung Gede dan gunung Pangrango memang tidak diragukan lagi, karena di dua gunung tersebut memiliki keindahan tersendiri yaitu alun-alun Surya Kencana di Gunung gede, dan Lembah Mandalawangi di Puncak Gunung Pangrango. Pertama kalian menuju basecamp pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri yang lokasinya tidak jauh dari lokasi basecamp pendakian Cibodas, lokasi basecamp ini berada diantara Istana Cipanas dan pasar Cipanas.

Pendakian lewat Gunung Putri ini memang memiliki medan yang terjal dan menanjak, tetapi miliki waktu tempuh lebih cepat dari pendakian via Cibodas. Selain lebih cepat, lewat jalur ini kalian bisa langsung sampai di Alun-Alun Surya Kencana yang dilengkapi dengan taman dengan hamparan bunga edelweis. Selanjutnya trek pendakian dari Alun-Alun Surya Kencana ke puncak Gede ini jalannya terus menanjak, untuk menuju ke puncak Gede memakan waktu kurang lebih sekitar 45 menit. Ketika sudah sampai di puncak Gede kalian dapat melihat keindahan gunung Pangrango.

  1. Jalur Pendakian Gunung Gede via Selabintana

Jalur pendakian Gunung Gede yang jarang di pakai oleh para pendaki adalah jalur via Selabintana, karena jalur pendakian ini medan atau jalur pendakian yang sangat susah. Nah jalur pendakian ini cocok untuk kalian yang mempunyai nyali sangat tinggi dan tertantang dengan medannya yang sulit karena jalur pendakiannya lebat oleh hutan, susah untuk mendapatkan air, dan banyak lintah. Bukan hanya itu lewat jalur pendakian ini kalian tidak akan menemukan tempat peristirahatan, pos jalur pendakian karena memang jalur pendakian puncak gunung Gede via selabintana ini dikelilingi oleh hutan-hutan lebat.

Sama dengan gunung Puteri dengan jalur ini kalian akan lebih tiba dulu di Alun-Alun Surya Kencana bagian Barat sehingga dapat menikmati hamparan bunga edelweis yang sangat indah. Bagi kalian para pemula pendaki gunung tidak cocok menggunakan jalur via Selabintana ini karena sangat berbahaya untuk diri anda tanpa pengalaman mendaki gunung karena benar-benar suasana yang ekstrim yang didapatkan dari via Selabintana.

Banyak keindahan yang dapat kita nikmati, jika kalian menunjungi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango karena bukan hanya keindahan dari puncak gunung Gede dan gunung Pangrango saja, akan tetapi ada banyak objek wisata yang dapat kalian nikmati disini ada telaga biru, curug Cibereum dan air panasnya, kemudian ada alun-alun Surya Kencana dengan hamparan bunga edelweis. Kalian dapat memilih jalur pendakian gunung yang tidak membahayakan diri anda sendiri.



Leave a Reply