Pesona Menawan Gunung di Jawa Timur




Jawa Timur salah satu provinsi pusat perhatian pendaki dari berbagai daerah mulai domestik hingga mancanegara. Karena disana kalian dapat melihat pesona gunung di Jawa Timur dengan pemandangan yang sangat indah. Tak berbeda dengan gunung-gunung di berbagai provinsi di Indonesia yang memiliki daya tarik karena ciri khas dan keunikan yang dimiliki oleh setiap gunungnya juga dimiliki oleh gunung yang ada di Jawa Timur.


Sebelum mendaki gunung di pulau Jawa Timur, terlebih dahulu kalian harus memperhatikan medan pendakiannya agar tidak membahayakan diri anda sendiri. Kami akan memberikan informasi yang dapat memudahkan anda memilih gunung yang tidak membahayakan diri anda.

Gunung di Jawa Timur dengan Pesona yang menakjubkan

Untuk memudahkan kalian mendapatkan informasi seputar gunung yang ada di Jawa Timur, kami dengan senang hati akan menjelaskannya secara luas dan lengkap. Semua gunung di Jawa Timur memiliki keindahan tersendiri. Berikut informasi mengenai gunung yang ada di Jawa Timur:

  1. Gunung Raung
Gunung Raung

Gunung Raung


Salah satu gunung berapi di Jawa Timur yang menjadi favorit para pendaki adalah gunung Raung dengan ketinggian 3.344 mdpl, gunung ini terletak di tiga kabupaten yaitu Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Jember. Gunung di Jawa Timur ini memiliki panaroma yang memuat mata anda terpukau sehingga tak akan ada penyesalan jika sampai di puncak gunung ini.

2.  Gunung Arjuno Welirang

Gunung Arjuno

Gunung Arjuno

Pegunungan yang membentang di Tretes – Malang ini terlihat sangat megah. Dua puncaknya yaitu Puncak Arjuno 3.339 Mdpl dan Puncak Gunung welirang 3.156 Mdpl. Umumnya jalur pendakian lewat Tretes tepatnya di belakang hotel Surya. Kita akan sesekali berpapasan dengan Jeep penambang belerang. Jalur menuju kedua puncak ini berpisah di Pondokan Belerang penambang. Jalur kanan untuk gunung welirang dan jalur kiri untuk ke Arjuno.

  1. Gunung Kelud
Gunung Kelud

Gunung Kelud

Salah satu gunung berapi di Jawa Timur adalah gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Gunung  Kelud juga  masih tergolong gunung yang aktif dengan ketinggian sekitar 1.731, tidak termasuk gunung yang sangat tinggi tetapi tetap memiliki keindahan alam yang sangat eksotis.

  1. Gunung Penanggungan
Makan Leci di Gunung Penanggungan

Makan Leci di Gunung Penanggungan

Dulunya gunung ini dikenal dengan nama gunung Pawitra memiliki tinggi 1.653   terletak di kabupaten Pauruan dan Mojokerto. Gunung ini  adalah satu gunung merapi yang berbentuk kerucut yang dahulunya disebut sebagai Gunung Pawitra. Walau belum terkenal di telinga pendaki, tetapi ketika mengunjunginya mata kalian akan terpesona melihat pemandangan dari puncak gunung ini.

  1. Gunung Semeru
Gunung Semeru Angker

Gunung Semeru Angker

Salah satu gunung berapi favorit para pendaki yang ada di Jawa Timur adalah Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl terletak di kabupaten Malang dan Lumajang . Puncak gunung ini yang memiliki kemegahan pemandangannya membuat kalian tak akan menyesal untuk menaklukannya.  Puncak gunung ini diberi nama dengan puncak Mahameru yang memiliki bentuk kerucut.

  1. Gunung Ringgit
Gunung Ringgit

Gunung Ringgit

Perlu kalian ketahui gunung Ringgit seringkali disebut dengan gunung puteri tidur karena bentuknya yang seperti putri tidur. Kalian pasti sangat penasaran dengan bentuknya, tetapi anda perlu melewati tebing yang sangat curam dengan kemiringan 90 derajat. Terletak di kawasan pasir putuh daerah Situbondo, Jawa Timur dengan ketinggian 1.250 mdpl.

  1. Gunung Baluran
Gunung Baluran

Gunung Baluran

Salah satu gunung kecil di Jawa Timur, gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Letak di Kabupaten Situbondo dengan ketinggian 1.247 mdpl memiliki puncak yang bernama puncak Kancip, puncak Klosot, dan Puncak Aleng.

  1. Gunung Lemongan
Gunung Lemongan

Gunung Lemongan

Di Jawa Timur memang memiliki jumlah gunung berapi yang cukup banyak salah satunya adalah gunung Lemongan, gunung berapi maar yang terbentuk dari proses pengeluaran magma yang dangkal. Gunung ini dengan ketinggian 1.651 mdpl yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo.

  1. Gunung Argopuro
Gunung Argopuro

Gunung Argopuro

Gunung Argapura juga salah satu gunung berapi di Jawa Timur dengan ketinggian setinggi 3.088 meter, yang terletak di Kabupaten Probolinggo. Gunung ini saat ini bukanlah gunung yang bersifat aktif. Trek pendakian gunung ini adalah trek terpanjang di Jawa dengan panjang 63 kilometer.

  1. Gunung Suket
Gunung Suket Gunung di Jawa Timur

Gunung Suket Gunung di Jawa Timur

Kalian para pendaki gunung sudah tidak asing lagi dengan gunung yang cukup terkenal ini, gunung yang dekat dengan gunung Raung ini terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Dengan ketinggian 3.332 meter gunung ini memiliki vulkanik yang masih aktif.

  1. Gunung Bromo
Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung yang sangat terkenal di Provinsi Jawa Timur, membuat banyak pendaki ingin menikmati keindahannya, Gunung Bromo terletak di empat kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Gunung ini dianggap sebagai gunung yang suci oleh masyarakat setempat.

  1. Gunung Anjasmoro
Gunung Anjasmono

Gunung Anjasmono

Para pendaki yang ingin menjamah gunung yang masih alami bisa mendaki di gunung Anjasmoro yang terletak di tiga kabupaten Jawa Timur, yaitu Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Batu. Dengan ketinggian 2.277 mdpl, gunung yang tak lagi mengalami aktivitas vulkanik sehingga disebut sebagai gunung mati di Jawa Timur.

  1. Gunung Liman
Gunung Liman

Gunung Liman

Gunung berapi yang sedang istirahat ini terletak di Kabupaten Ponorogo dan Nganjuk dengan ketinggian 2.563 mdpl. Gunung ini memang tidak seterkenal gunung yang lainnya yang ada di Jawa Timur, padahal gunung ini juga memiliki pesona yang indah.

  1. Gunung Wilis
Gunung Wilis

Gunung Wilis

Para pendaki juga harus mengetahui adanya gunung yang termasuk gunung non aktif yaitu gunung Wilis dengan ketinggian 2.169 meter memiliki banyak hutan terletak di enam wilayah kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Madiun, Ponorogo, dan Trenggalek.

  1. Gunung Widodaren
Gunung Widodaren

Gunung Widodaren

Para pecinta fotografi lebih mengenal tempat ini karena gunung Widodaren merupakan bagian dari kaldera Tengger yang sangat terkenal. Gunung Widodaren dengan tinggi 2.614 mdpl terletak di Jawa Timur di Kabupaten Probolinggo. Gunung ini memiliki jarak dekat dengan Gunung Bromo dan Semeru.

  1. Gunung Pananjakan
Gunung Penanjakan Bromo

Gunung Penanjakan Bromo

Gunung Pananjakan juga menjadi tempat terkenal bagi para pecinta fotografi karena tempatnya juga bagian dari kaldera Tengger dan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.770 meter di atas permukaan air laut.

  1. Gunung Mayang
Gunung Mayang

Gunung Mayang

Gunung ini terletak di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Gunung yang dikenal dengan keindahan alam, dikelilingi dengan sawah berundak-undak dan air terjun, suasana pedasaan sangat kalian rasakan apabila berada di tempat ini dengan udara yang sangat sejuk dan suasana pedesaan.

  1. Gunung Lawu
Gunung Lawu

Gunung Lawu

Gunung yang letaknya di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Magetan dan Kabupaten Karanganyar, dengan ketinggian 3.265 mdpl. Gunung ini salah satu gunung aktif yang ada di Jawa Timur.

  1. Gunung Merapi
Gunung Merapi

Gunung Merapi

Gunung Merapi di Jawa Timur terletak di Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Gunung ini merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Ijen. Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.799 mdpl.

  1. Gunung Lurus
Gunung Lurus

Gunung Lurus

Kalian yang pernah berkunjung ke pantai utara pasti pernah melihat pesona gunung Lurus dari kejauhannya, gunung di Jawa Timur ini merupakan bagian dari jajaran Pegunungan Iyang dengan ketinggian yang sangat rendah yaitu 539 meter.

Sebaiknya ketika menentukkan pilihan mendaki gunung, tentukan gunung yang tidak memiliki tingkat bahaya yang cukup tunggi karena membayakan keselamatan kalih, gunung di Jawa Timur dengan jumlah gunung berapi yang memiliki keindahan yang sangat mempesona, semoga dapat menjadi referensi kalian untuk menikmati dan menjaga keindahan alamnya.



Leave a Reply