Pendakian Gunung Andong Yang Menyenangkan Bagi Pemula




Mendaki gunung merupakan suatu aktivitas yang bisa dilakukan siapapun tanpa mengenal usia tetapi memerlukan stamina yang prima dan sanggup berjalan berkilo-kilo meter. Selain itu, ada beberapa hal yang harus kalian siapkan untuk melakukan pendakian dan yang utama adalah mental kuat untuk mendaki. Bagi para pendaki pemula, Gunung Andong bisa menjadi pilihan tepat sebelum mendaki gunung-gunung yang terbilang lebih tinggi dan ekstrem.


Gunung andong Magelang, Jawa Tengah, Indonesia ini memiliki banyak peminat khususnya pendaki pemula karena terbilang lebih rendah daripada gunung lainnya dimana memiliki ketinggian sekitar 1.726 m dpl. Gunung ini menjadi wisata alam yang dibuka secara umum dan aman karena belum pernah mengalami aktivitas meletus. Disekitar wisata ini juga terdapat wisata lainnya yang bisa disinggahi yaitu hutan wisata Mangli yang terletak di lereng gunung.

Pesona Gunung Andong Yang Menarik Perhatian

Santai di Gunung Andong

Santai di Gunung Andong

Setiap wisata yang dibuka pasti memiliki keunikan tersendiri yang bisa membuat pengunjungnya terpesona atas keindahan yang disuguhkan. Seperti wisata lainnya, Gunung Andong juga memberikan pesona keindahannya hingga membuat para pengunjungnya terkesima menyaksikan wisata alam ini secara langsung.

  1. Asal-usul Gunung Andong

Keberadaan wisata alam yang tengah menjadi trend dan memikat hati para wisatawan ini berlokasi tepat di kampung Sawit, Girirejo, Ngablak, kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Dulunya, gunung ini tertutup untuk umum karena berbagai kebercayaan masyarakat sekitar yang meyakini bahwa siapapun yang menaiki gunung tidak akan pernah kembali kecuali orang-orang tertentu yang sedang melakukan ritual atau lakon.


Dalam ritual Jawa tersebut disyaratkan menggunakan salah satu dedaunan bernama daun andong sebagai symbol perlindungan dan keselamatan dari adanya celaka yang bisa menimpa seseorang atau disebut sebagai “sawan”. Dari daun tersebut yang memiliki arti “andongo” atau berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan digunakan sebagai penamaan Gunung Andong.

  1. Rute Menuju Puncak Andong

Untuk dapat mencapai wisata alam ini ada beberapa jalur dan bila anda berangkat dari Jakarta, transportasi ke gunung andong dari Jakarta menggunakan kereta yaitu turun di stasiun Tugu. Selanjutnya kalian naik ojeg atau transportasi umum lain menuju terminal Jombor kemudian naik bus jurusan Semarang dan turun di terminal Soekarno-Hatta Magelang lalu kalian naik transportasi umum lagi menuju Pasar Ngablak.

Setelah dari pasar, kalian akan melakukan perjalanan sekitar 2 km untuk mencapai basecamp sawit. Untuk menuju pos 1, kalian harus berjalan ke ladang penduduk sekitar menuju gapura pendakian dan ikuti jalan hingga sampai ke pos 2. Jalur berkelok-kelok yang menanjak lalu memutari punggung bukit menuju puncak Makam disebelah kiri dan Puncak Jiwa sebelah kanan lalu ambillah kanan untuk bisa mencapai puncak Andong yang indah.

  1. Keistimewaan Wisata Alam

Wisata Gunung Andong menjadi sangat diminati oleh para pendaki pemula karena memberikan keistimewaan yang tiada duanya dari wisata lain. Ada 4 puncak yang berderet begitu rapi yaitu puncak Makam, puncak Jiwa, puncak Andong dan puncak Alap-alap yang membentang dari barat ke timur. Keempat puncak tersebut, puncak Andonglah yang menjadi primadona karena paling tinggi dari puncak-puncak lainnya.

Dari puncak tersebut, kalian akan disuguhi keindahan cakrawala yang begitu indah dimana menampilkan keindahan kota Solo dan Salatiga. Pada saat-saat tertentu, kabut putih yang membentang memberikan gambaran seperti negeri diatas awan dengan udara yang terasa sejuk. Selain itu juga, kala cuaca sedang cerah pemandangan juga tidak kalah bagusnya dimana Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Gunung Lawu tampak begitu gagahnya.

Puncak Gunung Andong

Puncak Gunung Andong

  1. Spot Menarik di Gunung Andong

Untuk para pendaki atau fotografer yang ingin mencari spot-spot menarik maka wisata alam Andong ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Rutenya yang tidak terlalu terjal menampilkan kecantikan alam disepanjang perjalanannya dari basecamp hingga puncaknya. Spot menarik yang biasa diabadikan yaitu menjulang tingginya pohon-pohon pinus dan saat berada di 4 puncak tersebut dimana kalian bisa mendirikan tenda dan bermalam disana.

Jika kalian bermalam di wisata ini, maka pagi hari menjadi waktu yang tepat dengan kemunculan sunrise gunung andong dan sorenya menikmati sunset yang sungguh memukau. Gunung-gunung di sekitar Andong yang begitu indah tampak kokoh berdiri bisa menjadi bingkai indah dalam potret yang akan kalian abadikan yaitu gunung Telomoyo dan Muria disebelah utara, Tidar dan Menoreh bagian barat dan masih banyak lagi.

  1. Sarana Dan Prasarana

Wisata alam yang memiliki sarana dan prasarana guna mendukung aktivitas ketika berada ditempat tersebut menjadi hal yang harus ada supaya kenyamanan menjadi satu hal yang membuat wisatawan betah. Dari hal tersebut, ada basecamp gunung andong semarang jawa tengah yang menyediakan sarana seperti toilet, mushola, tempat beristirahat dan warung sebelum kalian melewati beberapa pos yang hanya menyediakan tempat berteduh.

Ketika kalian sudah berada di puncak Andong, kalian tidak perlu khawatir kelaparan karena ada beberapa warung yang sengaja didirikan oleh pengelola. Selain itu, di keempat puncak gunung ini, kalian dapat mendirikan tenda untuk bermalam jika ingin menyaksikan sunrise sunset atau jika kalian tidak membawa tenda dapat menumpang beristirahat di warung-warung tersebut. Supaya tidak terlalu penuh, kalian bisa mengunjungi pada hari biasa.

Camp di Puncak Andong

Camp di Puncak Andong

  1. Harga Tiket Masuk Gunung Andong

Menikmati keindahan dunia tidak harus ke luar negeri untuk mendapatkan berbagai spot menarik untuk diabadikan dengan biaya yang terbilang sangatlah mahal dan membutuhkan waktu lama. Indonesia memiliki jutaan pesona yang tidak kalah dari Negara lain dengan biaya yang sangatlah terjangkau terutama untuk wisata alamnya. Kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menikmati indahnya kota Magelang, Jawa Tengah ini.

Tiket Masuk Gunung Andong 2018

Sampai saat ini tidak ada perubahan, kalian hanya mengeluarkan Rp. 4.000,00 untuk membayar tiketnya, Rp. 1.000,00 untuk kas bagi Dusun Sawit dan biaya parkir sepeda motor di basecamp sebesar Rp. 5.000,00. Bukankah dari keseluruhan biaya tersebut sangat terjangkau sekalipun bagi pelajar sehingga tidak heran peminat untuk mendaki gunung ini adalah kalangan anak muda yang suka berpetualang.

Ramai Puncak Gunung Andong

Ramai Puncak Gunung Andong

  1. Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaki

Supaya kegiatan mendaki kalian tidak terjadi kendala apapun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendaki yaitu carilah hari biasa untuk mendaki sampai puncak Andong karena pada saat weekend akan sangat ramai sekali. Selain itu, persiapkan perlengkapan lengkap untuk mendaki seperti tenda, senter, alas kaki yang nyaman dan ringan, jaket dan masih banyak lagi untuk persiapan di puncaknya.

Dari informasi mengenai Gunung Andong tersebut, tentunya menumbuhkan rasa penasaran kalian bukan. Keindahan, kecantikan dan pesona yang ditawarkannya bisa dengan nyata kalian saksikan saat mengunjungi wisata alam ini. Tidak mudah memang mendaki gunung dengan jalanan yang terjal dan tantangan yang ada, namun hal tersebut bisa dengan mudah kalian lakukan dengan melakukan latihan terlebih dahulu selama beberapa saat sebelum mendaki.



Leave a Reply