20 Nama Gunung Tertinggi di Dunia Yang Wajib Diketahui




Setidaknya saat ini ada 20 gunung paling tinggi di dunia yang menjadi atap dunia harus kalian ketahui. Perlu kalian ketahui juga bahwa ternyata selama ini banyak orang menganggap ukuran gunung ditentukkan dari ketinggian daratan ke atas, lalu bagaimana dengan gunung-gunung berapi yang ada di lautan? Bisa jadi gunung-gunung berapi di lautan yang terlihat sedikit malah bisa menjadi salah satu gunung tertinggi di dunia yang belum banyak orang ketahui.


Jika gunung di ukur dari permukaan laut maka gunung Himalaya bukanlah menjadi gunung tertinggi yang ada di dunia, ada gunung berapi yang letaknya ada di lautan Hawai yaitu gunung Mauna Kena. Adanya pengukuran gunung dari permukaan dasar laut maka akan semakin banyak kita temukan nama-nama gunung tertinggi yang ada di dunia.

Nama-nama Gunung Tertinggi di Dunia

Banyak orang yang mengetahui gunung tertinggi di dunia adalah gunung Himalaya, sebenarnya ada gunung yang lebih tinggi jika diukur dari permukaan laut. Berikut Cikasur akan membahas nama-nama gunung tertinggi yang ada di dunia:

  1. Gunung K2
Gunung K2

Gunung K2

Gunung K2 letaknya ada di salah satu pegunungan Himalaya dengan tinggi 8.611 meter, biasanya juga dikenal dengan nama gunung Godwin Austen, pemberian nama tersebut sebenarnya merupakan bentuk penghargaan pendaki  pertama gunung ini yang bernama Godwin Austen. Suhunya yang sangat dingin membuat jumlah pendaki pada gunung ini sangat sedikit.


  1. Gunung Everest
Gunung Everest

Gunung Everest

Nama lengkap dari gunung tertinggi ini adalah gunung Sir George Everest, pemberian nama tersebut berasal dari gunung ini yang bernama Sir Andrew Waugh. Gunung yang letakya ini berlokasi di pegunungan Himalaya dengan tinggi 8.850 meter tidak banyak memiliki jumlah banyak pendaki karena suhunya yang dingin. Setiap tahun pasti ada banyak pendaki yang mati dan ditinggalkan begitu saja di perjalanan menuju puncak gunung everest.

  1. Gunung Mauna Kena
Gunung Mauna Kena

Gunung Mauna Kena

Gunung tertinggi di dunia dari ketinggian dasar permukaan laut adalah Gunung Maua Kena dengan tinggi 10.200 mdpl, letaknya di Amerika Serikat di kepulauan Hawai. Nama gunung ini memiliki makna yang berarti Gunung Putih karena puncak gunung ini diselimuti salju. Tempat ini menjadi tempat terbaik untuk bermain Sky Ice.

  1. Gunung Himalaya
Gunung Himalaya

Gunung Himalaya

Gunung Himalaya diyakini menjadi gunung tertinggi di dunia selamanya dengan ketinggian 8888 meter, dengan banyaknya pernyataan umum masyarakat bahwa puncak gunung ini adalah puncak yang menghubungkan dengan surga. Adanya pergeseran tektonik yang membuat lempeng gunung ini terus menumpuk.

  1. Gunung Mauna Loa
Gunung Mauna Loa

Gunung Mauna Loa

Gunung ini menjadi gunung tertinggi kedua jika diukur dari permukaan dasar laut dengan ketinggian 9.170 mdpl. Gunung yang terbentuk sekitar 70 tahun lalu menjadi gunung terluas yang terbentuk dari lempeng tektonik yang terus merucut dari permukaan laut menjadi gunung api.

  1. Gunung Chimborazo
Gunung Chimborazo

Gunung Chimborazo

Jika dilihat dari angkasa sebenarnya gunung ini yang paling tertinggi di dunia karena terlihat sangat dekat dengan angkasa. Sebenarnya perlu kalian ketahui bahwa sebelum ditemukan gunung Himalaya, gunung tertinggi di dunia adalah gunung Chimborazo dengan tinggi 6272 meter.

  1. Gunung Karakoram
Gunung Karakoram

Gunung Karakoram

Gunung dengan ketinggian 8611 meter ini sering kali disebut sebagai gunung terkejam di dunia karena memiliki jalur pendakian yang begitu sulit dan medan yang harus ditempuh sangat terjal. Selain itu cuaca yang sangat ekstrim juga menyebabkan badai yang berbahaya bagi pendaki gunung.

  1. Gunung Kilimanjaro
Gunung Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro

Gunung tertinggi yang terletak di benua Afrika tepatnya di Tanzia dengan tinggi 5.895 meter, dulunya dinamakan Kaizer Wilhelm Spitze. Gunung Kilimanjaro saat ini sudah tidak aktif walaupun tetap mengeluarkan fumarol gas yang berada di puncak pertama Kibo.

  1. Gunung Kanjchenjunga
Gunung Kanjchenjunga

Gunung Kanjchenjunga

Gunung dengan ketinggian 8.586 mdpl ini menurut literatur memiliki arti lima harta karun salju, sebab gunung ini memang memiliki lima puncak salju. Gunung ini merupakan gunung gugusan dari gunung Himalaya yang letaknya di India.

  1. Gunung Manaslu
Gunung Manaslu

Gunung Manaslu

Gunung ini memiliki tinggi 8.163 mdpl menjadi gunung tertinggi yang merupakan salah satu gunung yang ada di pegunungan Himalaya. Gunung Manaslu terletak di wilayah manis Sirih Mall yang berada di negara India.

  1. Gunung Lhotse
Gunung Lhotse

Gunung Lhotse

Gunung yang terletak di bagian utara China dan Nepal memiliki ketinggian 8.516 mdpl. Pendakian pertama pada gunung ini pada tahun 1956 Masehi yang dilakukan oleh Ernst Reiss dan Fritz Luschinger.

  1. Gunung Dhaulagiri
Gunung Dhaulagiri

Gunung Dhaulagiri

Gunung Dhaulagiri termasuk gunung tertinggi di dunia yang memiliki tinggi 8.167 mdpl. Gunung ini juga salah satu pegunungan yang ada di Himalaya dan menjadi salah satu gugusan dari gunung Himalaya.

  1. Gunung Cho Oyu
Gunung Cho Oyu

Gunung Cho Oyu

Gunung dengan tinggi 8. 201 mdpd berlokasi di Khumbu yaitu wilayah timur Nepal di sepanjang perbatasan Tibet. Gunung ini jaraknya berdekatan dengan gunung Everest dan Lhotse sehingga jika kalian melihat ketiga gunung ini membentuk jajaran gunung yang megah.

  1. Gunung Nanga Parbat
Gunung Nanga Parbat

Gunung Nanga Parbat

Gunung Nanga Parbat salah satu gunung tertinggi yang memiliki ketinggian sekitar 8.126 mdpl yang mendapat julukan the man eather. Gunung ini juga termasuk gugusan dari gunung Himalaya yang terletak di sisi utara negara Pakistan. Pendakian gunung ini memiliki tingkat kesulitan setelah gunung K2.

  1. Gunung Makalu
Gunung Makalu

Gunung Makalu

Gunung Makalu gunung yang memiliki ketinggian 8.481 mdpl juga termasuk gugusan dari gunung Himalaya yang terletak di wilayah China dan Nepal. Gunung ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu terdapat piramida empat sisi, dan memiliki puncak gunung yang sulit untuk dicapai.

  1. Gunung Aconcagua
Gunung Aconcagua

Gunung Aconcagua

Gunung yang berada di Argentina dekat dengan Chili memiliki ketinggian 6.962 meter, gunung ini merupakan bagian dari gunung Andes. Gunung Aconcagua juga merupakan gunung terbesar yang berada di benua Amerika.

  1. Gunung Annapurna
Gunung Annapurna

Gunung Annapurna

Gunung ini memiliki nama lain Morshiadi dan Annporna, sama dengan gunung sebelumnya gunung ini menjadi gugusan dari gunung Himalaya dengan memiliki ketinggian 8.091 mdpl. Gunung ini pertama kali ditaklukan oleh pendaki bernama Maurice Herzog dan Louis Lachenal.

  1. Gunung Logan
Gunung Logan

Gunung Logan

Gunung Logan merupakan gunung tertinggi di dunia yang ada di wilayah Kanada dengan ketinggian 5.959 meter. Pemberian nama gunung tersebut sebenarnya merupakan bentuk penghormatan pada ahli geologis yang bernama William Edmond Logan.

  1. Gunung Mckinley
Gunung Mckinley

Gunung Mckinley

Gunung yang disebut juga dengan nama gunung Denali adalah gunung tertinggi yang ada di Amerika utara. Banyak pendaki yang menerah untuk mencapai puncak gunung ini. Hudson Stuck dan teman-temannya mampu mencapai puncak gunung tersebut pada tanggal 7 Juni 1913.

  1. Gunung Jayawijaya
gunung jayawijaya

gunung jayawijaya

Gunung Jayawijaya adalah gunung tertinggi di Indonesia dengan rangkaian pegunungan di wilayah Papua. Uniknya gunung ini memiliki salju di permukaan gunung yang saat ini salju tersebut mulai hilang karena adanya dampak dari pemanasan global. Penakluk pertama gunung ini berasal dari luar negeri yang bernama Anton Colijn.

Ternyata pengukuran gunung tertinggi tidak berdasarkan permukaan daratan saja tetapi juga permukaan laut. Belum banyak orang yang mengetahui hal ini, perlu untuk kalian ketahui bahwa ada banyak gunung berapi yang ada di lautan sehingga semakin banyak gunung tertinggi di dunia. Semoga dengan menjabarkan nama-nama gunung tertinggi yang ada di dunia bermanfaat untuk kalian semua.



Leave a Reply