Keindahan Gunung Sindoro Yang Memanjakan Mata, Yuk Dicoba!!




Siapa yang ingin liburan murah namun menampilkan keindahan dari pemandangan yang luar biasa? Tentu kalian menginginkannya bukan, dalam artikel ini kami akan memberikan ulasan berlibur dengan biaya terjangkau di Gunung Sindoro yang terletak di Indonesia. Pastinya sangat menarik untuk kalian jadikan sebagai tempat berlibur bersama orang-orang tercinta. Wisata ini banyak diminati wisatawan baik dalam maupun luar kota karena panorama yang eksotisnya.


Gn. sindoro kabupaten wonosobo, jawa tengah ini adalah jenis gunung volcano yang semi aktif dan terletak dekat dengan kota Temanggung. Selain itu, jika anda mengunjungi gunung ini maka bisa juga berlibur dua tempat sekaligus yaitu gunung Sumbing karena letaknya yang berdampingan. Untuk menikmati keindahan gunung ini secara lebih jelas, anda dapat melihatnya dari puncak sikunir dieng dan berbagai spot menarik dapat kalian coba disini.

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro

Sekilas Informasi Mengenai Gunung Sindoro Yang Wajib Diketahui

Munculnya wisata alam ini tentu menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi para pecinta alam. Kekayaan alam yang disuguhkan dengan berbagai indahnya menjadi sebuah anugrah yang patut disyukuri. Lalu tunggu apalagi, jika kalian berminat mengunjunginya maka jalur pendakian gunung sindoro via kledung bisa dengan mudah kalian lalui.


  1. Asal Usul Nama Sindoro

Dahulu terdapat dua saudara kembar yang mempunyai sifat berbanding terbalik yaitu usil dan arif. Dalam kesehariannya, mereka selalu bertengkar hingga sang ayah habis kesabarannya dan memukul yang usil hingga bibirnya robek atau sumbing sehingga muncullah gunung Sumbing dan putera yang arif mendapat julukan “Ndoro” maka tercetuslah nama yang menjadi Si’ndoro’ atau sekarang menjadi nama Gunung Sindoro.

Jika kalian ingin berlibur tanpa menguras kantong dan tidak terlalu jauh dari tempat tinggal anda, maka wisata ini bisa menjadi salah satu pilihan liburan yang sangat tepat dan menyenangkan. Wisata ini terletak di Desa Katekan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung api  ini memiliki ketinggian sekitar 3.155 m dpl atau 10.335 kaki dan sebelum sampai di pusat wisatanya.

  1. Misteri Sindoro

Berdasarkan misteri pendakian gunung sindoro oleh masyarakat sekitar dengan munculnya kabut putih dan hitam yang disebut sebagai “pedhut” sering menyelimuti wisata tersebut. Kemunculan kabut putih memang sering sekali terjadi bahkan setiap hari namun kabut hitam yang muncul secara tiba-tiba tersebut dapat membuat jarak penglihatan terganggu dan membingungkan mencari jalan yang benar sehingga menyesatkan para pendaki.

Selain itu, misteri lainnya adalah bahwa Sindoro dihuni oleh jin-jin yang baik dan taat kepada Allah SWT. Gunung ini juga menjadi pusat energy feminitas yang dijaga oleh para bidadari sedangkan sumbing energy maskulinnya. Jika kalian mengunjungi wisata alam ini, wangi bunga edelweiss yang sudah sangat jarang ditemui akan tercium bahkan semerbak keharumannya bertahan selama bertahun-tahun setelah terlepas dari tangkainya.

Gunung Sindoro Background Gunung Sumbing

Gunung Sindoro Background Gunung Sumbing

  1. Rute Termudah

Untuk sampai di pusat wisata ini, para wisatawan biasanya menggunakan jalur dari Kledung yang rame dan mudah dilalui. Setelah di basecamp terdapat sekitar 5 pos peristirahatan yang tersedia dari awal keberangkatan hingga sampai di puncak wisata. Masing-masing pos tersebut menyuguhkan keindahan alam yang berbeda-beda sehingga kalian dapat menikmati suasana yang lain daripada lainnya.

Rute untuk sampai ke wisata ini bisa dilalui menggunakan bus dari Semarang hingga Wonosobo. Setelah itu, kalian harus menempuh perjalanan dari basecamp sindoro via kledung kabupaten temanggung jawa tengah menuju pos 1 sekitar 1,5 jam. Selanjutnya pos 1 ke pos 2 ditempuh dengan waktu 1 jam, lalu menuju pos 3 sekitar 2 jam. Dari pos 3 ke 4 yaitu 1,5 jam dan terakhir untuk mencapai puncak dilalui dengan waktu 1,5 jam.

  1. Sarana Dan Prasarana

Wisata yang semakin ramai tentu harus memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Untuk itu, penduduk sekitar menyiapkan sarana untuk wisatawan yang berkunjung diantaranya adalah dibangunnya basecamp dan pos yang dilengkapi dengan fasilitas toilet. Selain itu, jika kalian berniat untuk menginap tentu saja bisa meskipun hanya tersedia di kaki gunung wisata tersebut dengan berbagai fasilitas yang disediakan warga sekitar.

Pemerintah Temanggung juga akan meningkatkan sarana dan prasarananya dengan memasang sebuah kereta gantung supaya transportasi yang mencapai wisata lebih mudah. Kereta tersebut melintas antara kaki Gunung Sindoro yaitu wisata posong hingga jembatan sigandul yang mana saat ini menjadi wisata unggulan. Kedua titik wisata tersebut sangat strategis dengan menampilkan pemandangan yang mempesona.

  1. Spot Menarik Dan Keindahannya

Berbagai rute baik melalui jalur pendakian gunung sindoro via jumprit atau melalui sibajak bisa menjadi alternative namun jalur via kledung lebih menarik dengan keindahan yang memukau diantaranya hamparan perkebunan yang luas, hutan yang asri dan susunan bebatuan besar yang dinamakan batu tatah hingga dipuncaknya terdapat lapangan luas atau biasa disebut Segoro Wedi.

Bagi pecinta fotografi, untuk mendapatkan spot-spot menarik di Gunung Sindoro ini tidaklah sulit. Ada beberapa tempat yang menampilkan keindahan yang sangat eksotis diantaranya basecamp yang mengarah ke puncak gunung, hijaunya perkebunan yang luas, indahnya sunset dan sunrise dengan latar gunung Sumbing di pos 3, luasnya hamparan sabana dengan bunga edelweiss dan cantigi di pos 4, serta puncak gunung dan keindahan kawahnya.

  1. Persiapan Dan perlengkapan mendaki

Untuk dapat mendaki gunung Sindoro, tentunya kalian harus memperhatikan hal-hal yang sangatlah penting dan wajib dilakukan sebelum melakukan mendaki yang terbilang ekstrem yaitu melatih keseimbangan dan otot kaki, menjaga Kondisi badan agar tetap fit, tidak boleh membuang sampah sembarangan, serta menaati aturan yang berlaku di wisata tersebut.

Supaya perjalanan kalian melalui berbagai rintangan dan tantangan mendaki gunung ini tidak ada kendala maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan diantaranya jaket, sarung tangan, kaos kaki, sepatu gunung, sleeping bag, senter, tenda, penutup kepala, matras, tongkat, tali, mantol, peralatan memasak yang simple dan makanan serta minuman yang mudah dibawa.

Gunung Sindoro Jawa Tengah

Gunung Sindoro Jawa Tengah

  1. Harga Tiket Masuk

Tertarik mengunjungi wisata alam di desa Temanggung ini dengan keindahan yang tidak tertandingi. Kalian tidak perlu risau dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh keajaiban dunia yang luar biasa ini. Untuk semua biaya yang harus kalian keluarkan ketika akan mendaki wisata alam ini yaitu pendaftaran Simaksi RP 15.000/orang  dan tarif ojeg dari base camp menuju pos 1 Rp 20.000 – Rp 30.000.

Semoga beberapa informasi yang kami sampaikan mengenai Gunung Sindoro tersebut bisa bermanfaat bagi kalian semua. Untuk bisa mengunjungi berbagai tempat wisata manapun ada baiknya kalian mengetahui tentang aturan yang berlaku saat berada di tempat tersebut dan bersikap baik. Hal tersebut dikarenakan tidak semua wisata memiliki peraturan yang sama dan untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain tentunya.



Leave a Reply